8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, berdoa dengan khusyuk - WisataHits
Jawa Tengah

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, berdoa dengan khusyuk

Dikenal sebagai kota wisata, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya memiliki beragam tempat piknik dan kuliner yang ditawarkan. Ada juga atraksi spiritual di beberapa daerah.

Setidaknya ada 8 Gua Maria di Yogyakarta yang bisa dikunjungi umat Katolik. Selain wisata spiritual, Anda juga bisa beribadah dengan khusyuk di tempat ini. Jangan lewatkan!

1. Gua Maria Jatiningsih

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua Maria Jatiningsih (instagram.com/_myfrans_)

Gua Maria Jatiningsih di Moyudan, Sleman juga dikenal sebagai Mata Air Jatiningsih. Tempat ini sangat indah dan menyejukkan karena berada tepat di tepi sungai Progo. Jika Anda datang berkunjung di pagi hari, Anda akan dihibur dengan kicauan burung yang menenangkan.

Gua Maria Jatiningsih diresmikan pada tahun 1986 dan direnovasi pada tahun 1999. Pada tanggal 17 Desember 2000, Uskup Agung Semarang mendapat berkat. Kini tidak hanya ramai oleh warga sekitar untuk berdoa, tetapi juga menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik.

2. Gua Maria Tritis

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua Maria Tritis Gunungkidul (instagram.com/wibisono)

Saat berwisata ke Gunungkidul, jangan hanya menikmati wisata pantainya saja. Di kawasan Paliyan terdapat Gua Maria Tritis yang bisa menjadi destinasi wisata spiritual.

Patung Bunda Maria direnovasi sekitar tahun 1977, goa tersebut resmi menjadi tempat pemujaan dan ziarah.

Baca Juga: 4 Monumen Bersejarah di Jogja yang Kaya Makna Sudah Pernah Anda Kunjungi?

3. Gua Maria Sendangsono

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua Maria Sendangsono (instagram.com/Angelgea4)

Gua Maria Sendangsono terletak di Kalibawang, Kulon Progo. Biasanya pada bulan Mei dan Maret gua ini ramai dikunjungi peziarah yang datang dari seluruh Indonesia.

Umat ​​Katolik yang datang tidak hanya melakukan doa dan ziarah, tetapi juga menyempatkan diri untuk meminum air suci yang dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit. Patung Bunda Maria di dalam gua itu merupakan hadiah dari Ratu Spanyol.

4. Gua Maria Lawangsih

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua Maria Lawang (instagram.com/d.papang)

Gua Maria Lawangsih mungkin tidak seterkenal Gua Maria lainnya. Meski begitu, tempat sembahyang tidak kalah tenang, tempat ini merupakan gua yang terbentuk secara alami, tempatnya luas dengan sungai kecil di tengahnya.

Gua Maria Lawangsih di Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, termasuk dalam wilayah Kota Administratif Pelem Dukuh dan Wilayah Keuskupan Agung Semarang. Untuk mencapai goa Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat dan bus kecil.

5. Gua Maria Sendang Sriningsih

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua Maria Sriningsih (instagram.com/srengenge.nyunar)

Kawasan Prambanan dikenal dengan beberapa candi Hindu. Ada juga objek wisata spiritual umat Katolik di Kapanewon, namanya Gua Maria Sendang Sriningsih. Tempat ini adalah tempat doa, ziarah dan tempat air mata abadi, di mana banyak umat Katolik datang dari seluruh Indonesia.

Alun-alunnya luas dan memiliki kanopi pohon besar untuk menjaga jamaah agar tidak kepanasan. Gua Sendang Sriningsih Maria biasanya ramai pada bulan Desember, tepat sebelum Natal, Paskah dan bulan Bunda Maria.

Baca Juga: 5 Candi Kerajaan Mataram Kuno Di Jogja, Ada Kisah Cinta Sejati Sang Raja

6. Gua Maria Bunda Duka di Gunung Sempu

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua Gunung Sempu Maria (instagram.com/saintmaryriders)

Gua Bunda Maria Berduka Gunung Sempu sebagai tempat ziarah umat Katolik yang terdapat di area pastoral Paroki Hati Kudus Yesus Pugeran, Yogyakarta. Dikutip dari situs thekatolik.com, situs yang juga merupakan gereja ini merupakan satu-satunya di Indonesia sebagai situs wisata spiritual yang didedikasikan untuk Salib Suci Kristus.

Gereja Salib Suci juga sering menyelenggarakan berbagai acara keagamaan yang dapat dihadiri oleh umat Katolik dari mana saja. Misalnya, perayaan Ekaristi, novena Salib Suci dan adorasi Sabda.

7. Gua Maria Watu Blencong

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua maria watu blenco (instagram.com/saintmaryriders)

Gua Watu Blencong Maria terletak di Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, tepat di sebelah Gereja Santa Theresia Lisieux Boro. Nama Watu Blencong berarti batu yang dapat memancarkan cahaya atau api di malam hari.

Tempat ziarah umat Katolik di Jogja ini diresmikan pada tahun 2009. Gua Watu Blencong Maria sering menjadi tempat perenungan dan meditasi, terutama pada bulan Bunda Maria yang jatuh pada bulan Mei dan Oktober.

8. Gua Maria Sendang Rosario

8 Gua Maria di Jogja untuk wisata spiritual, khusyuk untuk berdoaGua Maria dengan Rosario (instagram.com/saintmaryriders)

Gua Maria Sendang Rosario merupakan tempat wisata spiritual yang wajib dikunjungi di Jogja, tepat di Desa Ngijorejo, Gading, Wonosari, Gunungkidul, berbatasan dengan Hutan Wanagama atau sebelah timur Bandara Gading.

Biasanya umat Katolik yang tidak hanya datang untuk berdoa dan berziarah, tetapi juga menyempatkan diri untuk minum air suci di Gua Rosario Maria Sendang.

Mengunjungi satu persatu daftar Gua Maria di Jogja di atas bukan hanya untuk berziarah tapi juga untuk menenangkan pikiran dan hati. Doa khusyuk dan meditasi adalah dua kegiatan yang biasa dilakukan oleh pengunjung, apalagi 8 Gua Maria dikelilingi oleh tanaman hijau dan hijau, dijamin untuk waktu yang lama!

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button