8 Destinasi Wisata Religi Bersejarah dan Memesona di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

8 Destinasi Wisata Religi Bersejarah dan Memesona di Jogja

8 Destinasi Wisata Religi Bersejarah dan Memesona di Jogja

Gerbang menuju pemakaman kompleks Masjid Kotagede, foto: alif.id

PARBOABOA, Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi saat musim liburan. Jogja tidak hanya menawarkan wisata alam dan budaya, tetapi juga wisata religi yang patut dikunjungi.

Dengan wisata religi, Anda bisa menemukan kedamaian batin dan menelusuri kekhasan sejarah bangunan religi tersebut.

Di Jogja ada beberapa wisata religi yang bisa Anda kunjungi, mulai dari masjid tertua hingga Gua Maria.

Penasaran dengan wisata religi di Jogja yang harus dikunjungi? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede Yogyakarta merupakan masjid tertua di kota Yogyakarta. Masjid ini dibangun sejak masa kejayaan Kerajaan Mataram di bawah pemerintahan Sultan Agung.

Masjid ini terletak di kawasan wisata warisan Kotagede masih memiliki ciri klasiknya.

Jika Anda berada di Kotagede, jangan lupa mengunjungi masjid ini. Khusus bagi Anda yang beragama Islam, luangkan waktu untuk merasakan salat di masjid tertua di Yogyakarta ini.

2. Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran terletak di Jalan Ganjuran, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta.

Bangunan Gereja Ganjuran berbeda dengan gereja pada umumnya karena memiliki desain arsitektur yang sangat unik. Gereja ini memiliki bangunan yang berbentuk seperti candi.

Hal itu tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Kristiani. Tak hanya itu, hal menarik lainnya adalah Gereja Ganjuran hanya berjarak sekitar 12 kilometer atau sekitar 20 menit berkendara dari objek wisata Pantai Parangtritis.

3. Masjid Agung Kauman

Masjid Gedhe Kauman telah menjadi bagian dari sejarah kerajaan Islam dan kolonialisme Belanda di Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman sudah ada sejak masa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, lebih tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I.

Saat berkunjung ke Jogja sempatkan untuk istirahat dan sholat di Masjid Ghe Kauman.

Luangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar. Menyusuri seluruh bagian masjid ini, Anda pasti akan mengenal salah satu masjid bersejarah di Jogja dan keunikannya.

Sedangkan pada bulan Ramadhan, wisata religi di Jogja selalu mengadakan pengajian dan buka puasa bersama.

4. Kuil Vaikuntha Vyomantara

Candi ini terletak di dalam kompleks AAU di kawasan Janti, Yogyakarta. Vihara ini tidak hanya diperuntukan bagi warga TNI AU tetapi juga untuk umum dimana masyarakat dari luar juga bisa melakukan persembahyangan di vihara ini.

Bagi Anda yang ingin merasakan kota Yogyakarta dengan aroma Bali, Anda bisa mengunjungi pura ini. Sendang Sono Salah satu tempat wisata religi Katolik yang terkenal di Yogyakarta adalah Sendang Sono.

Sendang berarti musim semi. Pada tahun 1904, Pastor Van Lith datang dan membaptis 173 warga Kalibawang Kulonprogo dengan mata air.

Sejak itu, tempat wisata religi di Jogja ini menjadi tempat ziarah umat Katolik. Acara pembaptisan ini digambarkan dalam relief di salah satu kapel.

5. Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan terletak di Jl Jogokariyan No. 36, Kec. Mantirjon, Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari Malioboro, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di masjid.

Pengelola masjid tidak menetapkan waktu khusus khusus untuk pengunjung atau jamaah.

Alangkah baiknya jika ingin mengikuti wisata religi dengan rombongan, terlebih dahulu menghubungi pengurus masjid agar tidak mengganggu aktivitas jamaah lainnya.

Masuk ke masjid ini gratis, kecuali biaya parkir kendaraan.

Kawasan yang selalu ramai saat bulan Ramadan adalah Masjid Jogokariyan yang menawarkan sekitar 1.500 menu buka puasa setiap Ramadan.

Tak heran, wisata religi di Jogja selalu ramai saat sunset. Desa Jogokariyan tidak hanya menawarkan takjil, tetapi juga mengadakan tarawih bersama, pertunjukan nasyid dan beberapa acara menarik lainnya selama bulan Ramadhan.

6. Makam Imogiri

Makam Imogiri merupakan tempat pemakaman para sultan yang pernah memerintah kerajaan Mataram Yogyakarta, jadi tidak salah jika tempat ini memiliki banyak sejarah.

Lokasinya yang asri tentu akan menghadirkan kesejukan dan ketenangan saat Anda berkunjung ke tempat yang dibangun pada tahun 1632 oleh Sultan Mataram III, yaitu Raja Hanyikrokusumo ini.

7. Desa Nikan

Destinasi wisata spiritual Yogyakarta berikutnya adalah Kampung Nitikan, Umbulharjo. Tidak hanya cocok untuk wisatawan yang penggemar wisata kuliner, Kampung Nitikan juga sangat cocok untuk wisata rohani.

Selama ini Kampung Nitikan menjadi rekomendasi wisata kuliner saat bulan puasa, namun ternyata di tempat ini juga terdapat makam beberapa orang terkenal.

Seperti KH Ahmad Dahlan, KH Ibrahim dan juga Raden Ronggo yang merupakan anak pendiri Kerajaan Mataram.

8. Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis merupakan salah satu tempat wisata rohani Katolik di Yogyakarta yang cukup unik.

Jika biasanya Goa Maria merupakan goa buatan, maka Goa Maria Tritis merupakan goa alami dengan stalagtit dan stalagmit.

Gua Maria Tritis terletak di daerah Paliyan, Gunungkidul. Di tempat wisata religi di Jogja ini, Anda bisa mendengar suara pekikan kelelawar dan tetesan air di dalam goa.

Nah itulah tadi beberapa tempat wisata religi di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Mungkin berguna!

Tags: #jogja-wisata #jogja #wisata #tempat wisata #wisata religi

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button