Jendela alam Lembang, wisata edukasi dengan pesona alam yang indah dan asri di Bandung - WisataHits
wisatahits

Jendela alam Lembang, wisata edukasi dengan pesona alam yang indah dan asri di Bandung

Jendela alam Lembang, wisata edukasi dengan pesona alam yang indah dan asri di Bandung
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: Jl. Serka Bajuri, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jendela Alam Lembang merupakan tempat wisata dengan konsep edukasi yang berlokasi di Lembang, Bandung. Tempat ini menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjungnya yang sebagian besar adalah anak-anak. Namun, nyatanya, batas usia prioritas hingga SMA.

Tempat wisata ini menawarkan taman bunga, hewan peliharaan dan berbagai wahana edukasi lainnya. Anak-anak bisa langsung berinteraksi dengan hewan jinak tersebut. Mereka bahkan mungkin memberinya makan atau melakukan aktivitas lain. Selain hewan, interaksi dengan alam menjadi tema utama di sini.

Pengunjung dapat langsung berinteraksi dengan alam, termasuk bercocok tanam. Anak-anak pasti akan menyukai berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Bagi orang tua tentu saja demikian, karena perkembangan dan kreativitas anak lebih tajam. Daripada harus main gadget yang berdampak negatif, lebih disarankan untuk mengunjungi wisata jendela alam.

Sebutan milik jendela alam Lembang

Atraksi di jendela alam LembangKredit gambar: Google Maps Tyasti Utami

Destinasi wisata yang dikenal dengan Lembang Natural Window ini dibangun di atas lahan yang sangat luas. Masing-masing dibagi menjadi zona, sehingga pengunjung dapat menikmati apa yang mereka lakukan. Setiap daerah memiliki pesonanya masing-masing, silahkan simak penjelasan berikut ini!

✦ Pemandangan bagus dan indah

Keindahan pemandangan menjadi daya tarik wisata alam di Bandung. Berbagai macam pohon tumbuh subur di setiap sudut tempat itu, suasananya pun semakin asri. Warna hijau pepohonan seakan menghipnotis seluruh pengunjung yang datang. Selain itu, ada juga tanaman hias yang mekar dengan warna-warni dan indah.

Selama Anda berada di Jendela Alam Lembang, Anda akan menikmati kualitas udara yang sangat baik. Hal ini karena letaknya yang berada di dataran tinggi, juga cukup jauh dari perkotaan. Tempat ini ditata dengan sangat baik sehingga pengunjung merasa lebih betah untuk waktu yang lama. Ketertarikan ini sangat penting bagi orang tua sehingga mereka tidak ikut bermain.

✦ Wisata edukasi

Walaupun banyak objek wisata dengan konsep edukatif, namun ada perbedaan ketika Anda berkunjung ke sini. Bermain dan berpikir itulah yang akan diajarkan oleh pemandu wisata kepada anak-anak yang berkunjung. Misalnya pertanian, cara menggali tanah yang benar, menanam tanaman dan juga menyiraminya.

Selain itu, Jendela Alam Lembang juga menawarkan pendidikan terkait hewan. Ada banyak jenis hewan yang tersedia di sini, hampir semuanya adalah hewan ternak dan jinak. Misalnya seekor kuda, anak-anak dapat memberinya makan bahkan menungganginya. Tur hit ini juga mengajarkan anak-anak cara memproduksi susu dan yogurt.

✦ Jendela permainan

Hampir semua atraksi di sini berhubungan dengan permainan. Ada permainan outdoor, dimana anak-anak beraktivitas di bawah terik matahari. Ada juga permainan yang berhubungan dengan hewan ternak, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selain itu, masih ada jenis permainan yang membutuhkan keberanian.

Jendela Alam Lembang menawarkan area Window Game yang paling digemari anak-anak. Di sini mereka dapat mencoba kesenangan flying fox, di mana mereka harus melayang di atas ketinggian. Jenis permainan lainnya adalah memancing ikan, dibutuhkan kesabaran dan ketangkasan untuk bisa melakukannya.

✦ Jendela bengkel

Anda tidak harus melakukan semua kegiatan, ada beberapa yang hanya bisa dilihat dan dipelajari di sana. Area ini namanya Bengkel Jendela, anak-anak akan belajar banyak hal disana. Misalnya pada anatomi hewan, dimana mereka bisa melihat langsung proses pembedahan hewan yang dilakukan oleh tenaga ahli di bidangnya.

Anak-anak juga dijelaskan secara rinci setiap bagian dan fungsinya. Selain itu, Jendela Alam Lembang juga memberikan penjelasan tentang telur mulai dari tahap awal hingga menjadi telur dan menetas. Dari sekian banyak workshop yang diadakan disini, yang paling menarik adalah workshop tanaman hidroponik yang tenang tentang cara menanam dan merawatnya.

✦ Jendela artistik

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda, Anda akan mengerti itu. Sama seperti penanggung jawab wisata hits di Lembang, mereka tahu bahwa potensi anak tidak sama. Untuk alasan ini, Anda akan menemukan banyak tema yang tersedia. Selain yang sudah disebutkan di atas, ada juga area Window Seni yang tak kalah menarik.

Area di Jendela Alam Lembang ini menawarkan pelajaran yang lebih intensif untuk anak-anak berupa penjelasan dan praktik praktis. Jendela seni menawarkan pelajaran tentang berbagai jenis seni. Salah satu yang paling populer adalah melukis dan menari. Barang-barang khusus disediakan untuk mereka, sehingga tidak perlu lagi mencari ide melukis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Window Nature Lembang BandungKredit gambar: Google Maps Big Hill Automotive

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat rekreasi keluarga ini letaknya cukup jauh dari kota. Alamatnya di Kompleks Graha Puspa, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Kota Bandung, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota sekitar 25 kilometer dengan akses jalan yang cukup baik. Anda bisa berjalan selama 45 menit jika tidak ada kemacetan lalu lintas.

Untuk menuju Jendela Alam Lembang dari pusat kota, silahkan ambil jalan Jalan Nanggeleng – Cirahayu. Anda bisa melewati Jalan Pasteur lalu ke Jalan Cipedes Atas yang mengarah ke Universitas Pendidikan Indonesia. Dari sini lanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Sersan Bajuri.

Tempat wisata sudah dekat, tinggal ikuti jalan utama saja. Jika Anda masih ragu atau tidak yakin, Anda harus bertanya kepada penduduk setempat. Jika ingin lebih mudah, gunakan aplikasi Google Maps. Dengan aplikasi ini, cukup ketik nama objek wisata atau alamatnya, maka Anda akan mendapatkan pilihan rute terbaik.

Harga tiket masuk dan jam buka

Jendela Alam Lembang memiliki banyak daya tarik, beberapa di antaranya telah disebutkan di atas. Untuk memiliki semuanya, tentunya Anda harus membayar tiket masuk. Pada hari biasa pengunjung dikenakan biaya Rp 20.000, sedangkan pada hari libur naik menjadi Rp 25.000.

Tiket musiman juga tersedia termasuk Fun Farming Pass seharga Rs 130.000 dan Fun Adventure Pass seharga Rs 155.000. Selain harga tiket masuk, Anda juga harus membayar biaya parkir. Siapkan dana tambahan 3000 rupiah jika membawa motor, sedangkan untuk mobil 5000 rupiah.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Lembang Natural WindowKredit gambar: Google Maps Tyasti Utami

Dari konsep wisata yang diwujudkan, tentunya banyak aktivitas menarik di Jendela Alam Lembang. Sebagian besar kegiatan hanya terdiri dari bermain dengan alam, berinteraksi dengan hewan atau tumbuhan.

1. Belajar menanam pohon

Anak-anak pasti suka diajak menanam pohon, meski harus di bawah terik matahari. Kegiatan ini memang sangat menarik dan memberikan kesan mendalam bagi mereka. Menggali tanah, menanam bibit pohon dan mengembalikan tanah seperti semula adalah kegiatan yang dilakukan selama penanaman pohon.

2. Naik kuda mengelilingi jendela alami

Tidak hanya dengan tumbuhan, Jendela Alam Lembang juga memiliki wahana permainan yang tidak kalah serunya yang berhubungan dengan binatang. Misalnya berkeliling kawasan wisata alam sesuai dengan rute yang ditentukan. Dalam melakukan kegiatan ini, anak-anak didampingi oleh petugas yang juga seorang penata kuda.

3. Coba keseruan Flying Fox

Kegiatan seru dan menantang juga bisa dinikmati di sini, termasuk flying fox. Tingginya lumayan, jadi dijamin akan memberi tekanan pada anak-anak. Tidak semua pengunjung dari kalangan anak-anak berani mencoba wahana ini. Ada baiknya jika Anda mendukung dan mendorong mereka untuk mengatasi rasa takut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Jendela Alam LembangKredit gambar: Google Maps Ai Sulastri

Selain menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas yang mendebarkan, Jendela Alam Lembang juga menawarkan fasilitas yang sangat lengkap. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir, karena tempat parkirnya cukup luas dan aman. Selain itu, juga terdapat musholla, toilet, taman, gazebo, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Mengunjungi objek wisata sangat penting untuk bersenang-senang selama liburan. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga penting mendapatkan hiburan yang berkesan. Dengan semua penjelasan jendela alami Lembang di atas, Anda pasti setuju bahwa tempat ini layak menjadi tujuan wisata utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button