7 Wisata Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Kunjungan 17 Agustus - WisataHits
Jawa Barat

7 Wisata Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Kunjungan 17 Agustus

KOMPAS.com – Pada awal Agustus, bangsa Indonesia bersiap untuk merayakan HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Sejumlah tradisi digelar untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, seperti upacara bendera dan berbagai lomba khusus pada 17 Agustus.

Selain kegiatan di atas, mengunjungi wisata sejarah kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus bisa menjadi kegiatan alternatif. Dengan mengunjungi destinasi wisata sejarah kemerdekaan, kita bisa mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Baca Juga: 5 Gunung Ramah Pemula di Jawa Tengah Sempurna untuk Liburan 17 Agustus

Wisata Sejarah Kemerdekaan RI

Berikut tujuh wisata sejarah kemerdekaan yang dirangkum oleh Kompas.com.

1. Monumen Proklamasi

Monumen Proklamasi merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang menjadi saksi kemerdekaan Republik Indonesia. mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di tempat ini Soekarno didampingi oleh Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Monumen Proklamasi, salah satu tempat bersejarah di Jakarta Pusat yang bisa dikunjungi.WIKIMEDIA COMMONS/GUNAWAN KARTAPRANATA Monumen Proklamasi, salah satu tempat bersejarah di Jakarta Pusat yang bisa dikunjungi.

Pada masa kemerdekaan, rumah Soekarno merupakan tempat berdirinya Monumen Proklamasi. Begitulah, Presiden pertama Indonesia membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di teras rumahnya, tepatnya Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat.

Saat ini, jalan tersebut telah berubah nama menjadi Jalan Proklamasi. Meski rumah bersejarah itu sudah lama dibongkar, namun Monumen Proklamasi yang terdiri dari tiga monumen bersejarah, yakni Monumen Petir, Patung Soekarno Hatta, dan Monumen Wanita, dibangun di situs ini.

Baca Juga: Melacak Hari Kemerdekaan Indonesia di Jakarta, Mulai dari Mana?

2. Rumah Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok tidak dapat dipisahkan dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Pada malam 16 Agustus 1945, para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke sebuah rumah di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Tujuannya agar kedua tokoh proklamasi tersebut tidak terpengaruh oleh Jepang untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Rayakan Momen 17 Agustus dengan Virtual Tour Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Suasana rumah Rengasdengklok.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Suasana rumah Rengasdengklok.

kutipan Kompas.com (17.8.2019) rumah tersebut milik seorang warga negara China bernama Djiaw Kie Siong. Hingga kini, rumah Rengasdengklok masih berdiri kokoh meski sudah dipindahkan dari tempat asalnya.

Lokasinya terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33, Rengasdengklok Utara, Karawang, Jawa Barat.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button