6 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Paling Dicari, Pisang Epe hingga Pallubasa - WisataHits
Jawa Barat

6 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Paling Dicari, Pisang Epe hingga Pallubasa

TEMPO.CO, jakarta Aneka kuliner dari provinsi Sulawesi Selatan rasanya menggugah selera. Perpaduan rasa yang unik tercipta berkat kekayaan budaya empat suku utama di Sulawesi Selatan, yaitu Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar. Setiap orang yang datang ke sana wajib mencicipi kuliner khas Sulawesi Selatan.

Inilah lima makanan khas Sulawesi Selatan yang paling diincar, dari Barobbo hingga Coto Makassar, seperti dilansir Tempo.co dari berbagai sumber:

  1. barrombo

Barobbo adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari jagung. Jangan lupa dicampur dengan sayuran dan bahan lainnya. Bisa juga ditambahkan irisan, ayam, ikan, udang dan lain-lain sesuai selera. mulai kikomunal-indonesia.dgip.go.idHidangan ini memiliki rasa yang ringan dibandingkan dengan makanan khas Sulawesi Selatan lainnya, yang sebagian besar kaya akan bumbu dan terbuat dari daging.

  1. kapur

Di tengah teriknya siang, ada kuliner khas Sulawesi Selatan yang pas untuk disantap. Namanya Kapurung, sup dengan rasa sedikit asam tapi sangat menyegarkan. Dikutip dari disbudpar.sulselprov.go.id, Kuliner ini merupakan makanan tradisional dari Kota Palopo, khususnya masyarakat daerah Luwu. Makanan berbahan dasar sagu ini disajikan dengan saus kacang yang dicampur dengan berbagai sayuran dan daging.

  1. Sup Konro

Konro adalah hidangan sop iga sapi khas Kota Makassar. Berbeda dengan kuah lainnya, kuah konro berwarna hitam karena berasal dari kluwek dan rempah-rempah lainnya. di dalam buku Kuliner Nusantara Kuliner Makassar Populer EnakSebelum dimasak, daging dilumuri dengan berbagai bumbu dan rempah seperti merica, pala, kayu manis, kacang merah dan air asam jawa.

  1. pisang epe

Pisang Epe, makanan khas Sulawesi Selatan berikutnya, adalah khas Makassar. Tepatnya di kawasan Pantai Losari. Yang membedakan kuliner khas ini adalah penyajiannya yang unik. Makanan khas Sulawesi Selatan ini menggunakan pisang raja yang dibakar dengan alat press atau penjepit.

  1. Coto Makassar

Coto Makassar adalah rekomendasi terakhir dari lima makanan khas Sulawesi Selatan yang paling populer dan dicari. Makanan lezat ini bisa ditemukan hampir di setiap sudut Kota Makassar dan sekitarnya. Coto biasanya dinikmati dengan campuran daging sapi, daun bawang, atau bawang goreng. Juga, jika Anda tidak memakannya dengan ketupat atau nasi panas, itu juga tidak sepadan.

6. Palubasa

Kata pallubasa terdiri dari dua kata yaitu pallu dan basa yang berarti mendidih/mendidih dan basah/saus. Seperti namanya, Pallubasa adalah hidangan berkuah, kuahnya dibuat dengan banyak bumbu gurih dan meninggalkan rasa yang kuat.

Untuk isiannya, pallubasa bisa dibuat dari jeroan atau sapi dan kerbau. Untuk mendapatkan hasil yang lembut, jeroan atau daging dimasak dalam waktu yang lama.

Setelah matang, pallubasa dicampur dengan kelapa parut goreng yang disebut serunding kemudian ditaruh dalam mangkuk dan disajikan.

Dulunya, Pallubasa disajikan dengan sirloin dan fillet daging sapi, namun hanya disajikan untuk konsumsi keluarga kerajaan, sedangkan jeroan disajikan untuk kalangan bawah atau abdi dalem. Sekarang penjual Pallubasa menawarkan berbagai macam daging atau jeroan untuk disajikan.

HARIS SETYAWAN I SDA

Baca: 7 Rekomendasi Kuliner Khas Kota Makassar Terlengkap, Pallubasa dan Pallumara

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button