7 Tempat Penyembuhan di Sentul Bogor, Dekat Jakarta - WisataHits
Jawa Barat

7 Tempat Penyembuhan di Sentul Bogor, Dekat Jakarta

bandung

Berjarak sekitar 50 km dari Jakarta Pusat, Sentul kerap menjadi tujuan wisata akhir pekan bagi masyarakat Jabodetabek dan sekitarnya. Sentul juga dinilai cocok untuk “penyembuhan” karena memiliki alam yang indah dan beragam wisata.

Puluhan pesona yang terpancar dari berbagai gunung, air terjun dan persawahan justru dinilai mampu menarik wisatawan menghabiskan waktu di akhir pekan. Dirangkum detikJabar, inilah 7 tempat wisata yang harus “disembuhkan” di Sentul.

1. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar

Hutan pinus di kawasan ini menawarkan suasana sejuk dan menenangkan. Selama ‘golden hour’, TWA Gunung Pancar sering menjadi spot foto yang sangat bagus menghadap matahari yang terlihat di antara pohon-pohon pinus.

Sebagai tempat berobat, terdapat berbagai warung makan pinggir jalan di sepanjang TWA Gunung Pancar. TWA Gunung Pancar tidak hanya menjadi tempat bersantai dan menikmati suasana pegunungan, namun juga sering digunakan untuk bersepeda. Wisatawan juga diperbolehkan menginap di tempat ini dan mendirikan tenda.

Mengetahui sifatnya yang estetis, pengelola TWA Gunung Pancar pun menawarkan berbagai paket pengambilan foto untuk glamping (glamorous camping) sebelum pernikahan. Selain itu pengelolanya juga punya tempat untuk panggilan keluar lho.

Alamat: Desa Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Jam operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp 5.000 di hari kerja, Rp 7.500 di akhir pekan

2. Air Terjun Bidadari

Sebenarnya air terjun ini pertama kali dikenal dengan nama Curug Bojong Koneng. Namun, warga sekitar air terjun ini percaya bahwa air terjun “Bidadari” di Kabupaten Bogor adalah tempat pemandian para bidadari karena sering terdengar suara perempuan meski tidak ada orang di sana.

Wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan air terjun dan berenang di bawahnya, tetapi juga mencoba berbagai fasilitas dan rekreasi yang disediakan oleh pengelola, seperti; B. kolam ombak dan kolam malas.

Alamat: Jalan Sentul Paradise Park, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Jam operasional: hari kerja 08.00-17.00 WIB, akhir pekan 07.30-18.30 WIB.
Tiket Masuk: Rp 30.000 pada hari kerja, Rp 40.000 pada akhir pekan

3. Kampung Koneng

Mengusung konsep desa Jepang, wisata ini berlokasi di Kampung Koneng Sentul. Di tempat ini, Anda bisa memesan berbagai hidangan, berfoto di tempat-tempat menarik, dan disuguhkan pemandangan alam yang indah.

Alamat: Jalan Raya Tapos RT 03/RW 04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor.
Jam operasional: hari kerja 09.00-17.00 WIB, akhir pekan 09.00-19.00 WIB
Kisaran harga menu: Rp 4.000 – Rp 298.000

4. Curug Leuwi Hejo

Seperti namanya, Curug Leuwi Hejo memiliki air jernih berwarna kehijauan. Karena kondisi tersebut, air terjun ini sering disebut sebagai Green Canyon Bogor. Di tempat ini Anda bisa berenang di tempat dengan kedalaman yang berbeda-beda, mulai dari 2 hingga 10 meter.

Alamat: Desa Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket: Rp15.000

5. Taman Budaya Sentul

Saat ini, wilayah taman budaya sedang meningkat. Berbagai tempat berburu terkenal memenuhi lahan di tempat ini. Padahal, Kulturpark merupakan tempat rekreasi yang menawarkan berbagai wahana dan biasanya digunakan untuk kumpul-kumpul.

Ada tiga zona mengemudi di taman budaya, yaitu zona anak-anak dengan flying fox, jembatan gantung, papan ayun dan jaring merangkak. Kedua, ada zona remaja dengan jembatan ular, ayunan ban, flying fox dan 11 wahana lainnya. Terakhir, ada zona dewasa di mana wahana dewasa berlangsung.

Alamat : No.1 Jalan Siliwangi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Waktu operasional: Setiap hari 08.00-17.00 WIB (restoran dan area lain buka sampai malam).
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp15.000

6. Mandapa Kirana

Ingin jalan-jalan ke Bali dengan modal minim? Mandapa Kirana Sentul bisa menjadi alternatif bagi para pelancong. Destinasi wisata sekaligus akomodasi dan restoran ini menawarkan suasana ala Bali di perbukitan Bogor.

Spot yang terletak di dekat Air Terjun Bidadari ini menjadi hits karena menawarkan spot foto replika Pura Lempuyang dan Pura Bentar. Spot foto di pinggir kolam renang ini menjadi destinasi saat berkunjung ke Mandapa Kirana. Selain sebagai objek penghias foto, kolam renang Mandapa Kirana juga bisa digunakan.

Alamat: Jalan Raya Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Waktu operasional: Selasa-Minggu, 08.30-19.00 WIB
Harga tiket: Rp 50.000

7. Taman Cucating

Sering disebut sebagai “permata tersembunyi” di Sentul, tempat ini menawarkan kafe dengan pemandangan yang indah. Selain kafe, wisatawan juga bisa menginap di vila atau penginapan dengan standar hotel di tempat ini. Anda juga bisa memancing di tempat pemancingan yang disediakan.

Alamat: Jalan Gunung Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Jam Operasional: Buka 24 jam
Kisaran harga menu: Rp 20.000 hingga Rp 100.000

(tey/tey)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button