6 ide liburan bersama anak di akhir tahun - WisataHits
Jawa Barat

6 ide liburan bersama anak di akhir tahun

TEMPO.CO, jakarta – Akhir tahun ini mungkin momen yang tepat untuk pergi berlibur bersama anak. Ada banyak pilihan destinasi liburan bersama anak di Indonesia yang tidak hanya berwisata tapi juga belajar.

Berikut beberapa rekomendasi destinasi liburan bersama anak yang tepat untuk dikunjungi liburan akhir tahun ini wisata indonesia:

1. Belajar tentang alam di Danau Toba, Sumatera Utara

Ini adalah salah satu tujuan wisata utama yang menawarkan pesona luar biasa. Sekaligus sambil menikmati keindahan danau purba ini, anak-anak bisa belajar tentang sejarah dan proses terbentuknya danau akibat letusan Gunung Toba Purba.

Danau Toba menjadi primadona destinasi wisata kebanggaan Indonesia, khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Uniknya, danau yang ditengahnya merupakan pulau Samosir ini merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau ini juga merupakan danau terbesar di Asia Tenggara seluas 1.145 kilometer persegi dengan Pulau Samosir di tengahnya. Selain itu, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sana bersama anak-anak Anda, seperti B. belajar di desa wisata dan bermain kayak.

2. Bermain air di Pantai Tanjung Kelayang Bangka Belitung

Anak-anak pasti senang bermain air. Destinasi yang satu itu bisa anak-anak bermain dan berenang di air dengan bonus pemandangan yang indah.

Perpaduan antara pasir putih, air laut yang jernih, dan bebatuan granit besar yang mempesona siap memanjakan mata semua pengunjung. Dasar laut yang dangkal di pesisir pantai menjadikan pantai ini tempat pemandian yang ideal bagi anak-anak.

3. Ekowisata di Kepulauan Seribu

Bagi warga ibu kota, Kepulauan Seribu merupakan destinasi yang mudah diakses namun menyenangkan. Ada beberapa spot ekowisata yang menarik untuk anak-anak, antara lain Penangkaran Penyu di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Pengunjung dapat melihat tempat pemijahan di Pulau Peteloran Timur, Penjaliran Barat, Penjaliran Timur, dan Pulau Belanda. Pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung proses penetasan, pembesaran dan pelepasan penyu sisik di Pulau Pramuka, Kelapa Dua, Harapan dan Sepa. Jangan lupa ada peternakan murai di Pulau Pari.

4. Belajar sejarah di Candi Borobudur di Jawa Tengah

Tujuan yang satu ini sudah sering menjadi tujuan study trip sekolah. Tentunya ini menjadi destinasi liburan yang tepat bersama anak di liburan akhir tahun ini karena anak-anak sekaligus bisa belajar sejarah.

Zona II Candi Borobudur. Dermaga. PT.TWC

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Kuil megah ini terdiri dari jutaan balok batu yang dianyam menjadi tiga struktur yang, menurut filosofi Buddhis, melambangkan alam semesta. Candi ini mengalami beberapa kali renovasi hingga akhirnya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

5. Mempelajari fauna di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Di sekolah, anak-anak sering belajar tentang komodo, spesies langka endemik Indonesia. Inilah saatnya mengajak mereka untuk melihat satwa tersebut dari dekat di Taman Nasional Komoo.

Selain komodo, ada hewan lain seperti kuda, kerbau, komodo, rusa timor, ular, lumba-lumba, biawak dan berbagai hewan lainnya. Anak-anak juga bisa belajar bagaimana melestarikan alam sambil diajak menikmati pemandangan indah Labuan Bajo.

6. Belajar budaya di Pulau Morotai, Maluku Utara

Budaya Indonesia begitu kaya dari Sabang sampai Merauke. Salah satu yang patut disinggahi adalah Pulau Morotai di Maluku Utara yang menawarkan paket wisata budaya lengkap.

Anak-anak dan keluarga bisa belajar tentang budaya lokal dengan kebaikan penduduk setempat. Pemandangan alam di sana membuat wisatawan betah. Wisatawan bisa mengunjungi Festival Tokuwela Morotai dan Desa Wisata Pulau Kolorai dengan atraksi laut yang eksotis untuk liburan bersama anak tahun ini.

Baca juga: Simak langkah-langkah persiapan liburan akhir tahun agar nyaman dan hemat

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button