7 rekomendasi monumen dan patung di Surabaya yang bisa jadi destinasi wisata - WisataHits
Jawa Timur

7 rekomendasi monumen dan patung di Surabaya yang bisa jadi destinasi wisata

7 rekomendasi monumen dan patung di Surabaya yang bisa jadi destinasi wisata

Surabaya (beritajatim.com) – Surabaya pantas disebut kota pahlawan karena banyak jejak peninggalan sejarah di kota ini.

Nah jika anda tertarik untuk mengetahui sejarah kota Surabaya. Berikut adalah beberapa jenis monumen yang layak untuk dikunjungi.

1. Monumen Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah satu-satunya monumen tertinggi di Surabaya. Monumen ini terletak di ujung dermaga wilayah armada timur, ujung Surabaya.

Peringatan ini didirikan sebagai moto Angkatan Laut, yang berarti Kami menang di laut, dan peringatan ini memiliki patung besar seorang perwira angkatan laut yang berdiri dengan bangga di atas sebuah bangunan.

Selain sebagai pengingat betapa kuatnya kekuatan TNI AL, tugu ini juga berfungsi sebagai museum dan salah satu tempat wisata unggulan di Surabaya.

2. Monumen Gubernur Suryo

Monumen Gubernur Suryo dibangun untuk memperingati Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau lebih dikenal dengan Gubernur Suryo.

Patung ini didirikan di depan Grhadi State Building, tepatnya di Jl. Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Surabaya.

3. Patung Sura dan Baya

Keberadaan arca Sura dan Baya ini memang sangat strategis karena berada di depan Kebun Binatang Surabaya di Jl. Diponegoro No. 1-B, Darmo, Surabaya.

Patung ini melambangkan sejarah pertarungan antara hiu dan buaya yang memperebutkan wilayah.

4. Patung Karapan Sapi

Saat Anda melewati Jalan Basuki Rahmat, Anda akan menemukan patung yang menjadi tuan rumah adu banteng.

Patung ini didirikan sebagai ikon budaya Jawa Timur, namun ada juga yang mengatakan bahwa patung ini dibangun sebagai bukti bahwa masyarakat Surabaya dan Madura dapat hidup berdampingan.

5. Bambu Berduri

Siapa yang tidak kenal dengan Monumen Bambu Runcing, karena monumen ini didirikan untuk menghormati keberanian rakyat Surabaya melawan pasukan Sekutu pada tanggal 10 November 1945.

Tugu peringatan ini terletak di Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Surabaya dan dihiasi dengan lampu warna-warni.

6. Tugu Pahlawan

Terakhir, untuk mempertegas gelarnya sebagai Kota Pahlawan, didirikan Tugu Pahlawan, sekaligus untuk memperingati pertempuran 10 November 1945, di mana Suroboyo bersatu melawan penjajah.

Di sebelah tugu peringatan yang ada di Jl. Bubutan, Contong Square, Surabaya juga memiliki museum yang bisa Anda kunjungi.

7. Monumen Pahlawan Surya Agung

Selain Tugu Pahlawan dan Bambu Runcing, Monumen Wira Surya Agung juga didirikan sebagai tugu peringatan perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah. Tugu peringatan ini terletak di Jl. Raya Darmo di seberang Polsek Wonokromo, Surabaya. (fr/tidur siang)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button