7 gunung tertinggi di Indonesia, salah satunya di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

7 gunung tertinggi di Indonesia, salah satunya di Jawa Tengah

solo

Gunung tertinggi di Indonesia adalah Piramida Cartenz, juga dikenal sebagai Puncak Jaya. Menurut situs resmi Kementerian ESDM, Piramida Cartenz memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (massa). Selain Piramida Cartenz, berikut adalah daftar gunung tertinggi di Indonesia, lima di antaranya berada di pulau Jawa.

7 gunung tertinggi di indonesia

1. Piramida Cartenz (4.884 m)

Gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Pegunungan Jayawijaya di Provinsi Papua. Situs esdm.go.id menjelaskan bahwa Cartenz Pyramid merupakan salah satu gunung karst yang unik di dunia.

Gunung tertinggi di Indonesia ini juga merupakan salah satu dari lima tempat yang tertutup salju di khatulistiwa. Selain Cartenz Pyramid atau Puncak Jaya, empat lokasi lainnya adalah Sierra Nevada di Andes, Gunung Kenya, Gunung Kilimanjaro dan Ruwenzori di Afrika.

2. Gunung Kerinci (3.805 m)

Gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Gunung Kerinci. Gunung yang terletak di perbatasan antara Kerinci (Provinsi Jambi) dan Kabupaten Solok Selatan di Pegunungan Bukit Barisan (Provinsi Sumatera Barat) ini memiliki ketinggian 3.805 m.

Menurut situs Badan Geologi Kementerian ESDM, gunung tertinggi kedua di Indonesia ini juga memiliki beberapa nama lain, yaitu Puncak Indrapura, Gunung Gadang, Gunung Kurinci dan Korinci.

3. Gunung Rinjani (3.762m)

Gunung tertinggi ketiga di Indonesia adalah Gunung Rinjani. Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung ini memiliki ketinggian 3.762 meter di atas permukaan laut. Gunung Rinjani juga memiliki padang rumput yang luas, air terjun, danau dan hutan tropis. Oleh karena itu, Gunung Rinjani menjadi tujuan populer bagi para pendaki dari seluruh dunia.

4. Gunung Semeru (3.676 m)

Gunung tertinggi ketiga di Indonesia terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Puncak Gunung Semeru disebut Puncak Mahameru, ketinggiannya mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut.

Menurut Badan Geologi ESDM, Gunung Semeru merupakan gunung berapi dengan kawah yang disebut Jonggring Seloko. Gunung tertinggi di Jawa yang populer di kalangan pendaki gunung ini dapat dicapai dari Surabaya dalam waktu sekitar 5-6 jam.

5. Gunung Sangar (3.564m)

Gunung tertinggi kelima di Indonesia terletak di Nusa Tenggara Barat. Puncaknya memiliki ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut. Meski juga menawarkan panorama yang indah, Gunung Sanggar tidak sepopuler gunung-gunung terdekat lainnya seperti Gunung Tambora, Rinjani, Kelimutu dan lain-lain.

6. Gunung Latimojong (3.478 m)

Gunung tertinggi keenam di Indonesia ini terletak di tengah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Juga dikenal sebagai Bulu Rantemario, gunung ini memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut. Dibutuhkan sekitar 10 jam untuk sampai ke kaki Gunung Latimojong dari Kota Makassar.

7. Gunung Slamet (3.428 m)

Gunung tertinggi ketujuh di Indonesia terletak di Jawa Tengah. Gunung ini diapit oleh lima kabupaten yaitu Banyumas, Purbalingga, Brebes, Tegal dan Pemalang serta memiliki ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Menurut Badan Geologi ESDM, Gunung Slamet juga merupakan gunung berapi. Terakhir meletus pada tahun 1988, 2009 dan 2014.

Tonton Video Gunung Sakurajima Jepang Meletus, Perlu Evakuasi
[Gambas:Video 20detik]
(dil/saya)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button