7 gunung Indonesia yang namanya diabadikan di kereta: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

7 gunung Indonesia yang namanya diabadikan di kereta: Okezone Travel

7 GUNUNG Indonesia yang namanya terabadikan dalam kereta api memang menarik untuk dibahas. Indonesia adalah negara yang berdiri di atas Ring of Fire.

Maka tidak heran jika banyak terdapat gunung berapi dari Sabang sampai Merauke. Keindahan gunung berapi di Indonesia menarik setiap pengunjung.

Bahkan saking indahnya, sejumlah nama gunung dijadikan nama kereta api yang berjalan di Indonesia. Berikut 7 gunung Indonesia yang namanya diabadikan dalam kereta api.

Gunung Ceremai

Masyarakat Jawa Barat tentu tidak asing lagi dengan Gunung Ciremai. Gunung ini memiliki ketinggian 3.078 mdpl dan dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat.

Keindahan Gunung Ciremai kemudian digunakan oleh KAI sebagai salah satu nama KA Ciremai untuk jalur Bandung – Semarang Tawang dan resmi beroperasi pada tanggal 28 September 2013.

Gunung Lawu

Nama gunung ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Gunung Lawu adalah gunung agung yang berdiri di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

wisatawan kereta api

(Foto: PT KAI)

Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini dianggap sebagai salah satu gunung keramat di Pulau Jawa. Meski dikeramatkan, Gunung Lawu memiliki panorama alam yang indah. Tak heran, KAI menjadikan nama Gunung Lawu sebagai salah satu KA yang beroperasi sejak 21 September 1996 untuk KA Argo Lawu, Solo Balapan – Gambir.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat populer di kalangan penduduk lokal maupun mancanegara. Nama gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini dipakai oleh KAI sebagai nama KA Surabaya Pasarturi – Gambir bernama KA Argo Bromo Anggrek.

Gunung Pangrango

Gunung dengan nama puncak Mandalawangi ini merupakan batas dari tiga kabupaten yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung Pangrango sendiri sangat populer di kalangan pemanjat tebing.

KAI kemudian menjadikan nama Gunung Pangrango sebagai salah satu nama KA Pangrango dengan jalur Bogor – Sukabumi.

Baca juga: Saatnya anak muda bangkit bersama Astra untuk Indonesia

Gunung Rajabasa

Tak hanya kereta api di Pulau Jawa yang menyandang nama gunung. Salah satu kereta api yang beroperasi di Lampung juga sama. Kereta Api Rajabasa terinspirasi dari nama Gunung Rajabasa yang berdiri kokoh di Provinsi Lampung.

kereta

(Foto: PT KAI)

Gunung Muria

Nama KA Argo Muria dengan relasi Semarang Tawang – Gambir diambil dari nama Gunung Muria yang terletak di utara-Jawa Tengah. KA Argo Muria resmi beroperasi sejak 22 Desember 1997.

Willis Berg

Jawa Timur kaya akan gunung api, salah satunya Gunung Wilis yang memiliki ketinggian 2.563 mdpl. Gunung ini dijadikan nama KA Argo Wilis dengan rute Surabaya Gubeng – Bandung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button