7 contoh teks pameran berita topikal dengan struktur - WisataHits
Yogyakarta

7 contoh teks pameran berita topikal dengan struktur

Teks eksibisi adalah paragraf atau esai yang berisi sekumpulan informasi dan pengetahuan yang disajikan secara ringkas, padat, dan akurat.

Teks pameran bersifat akademis atau nonfiksi. Dengan kata lain, teks eksposisi hanya berisi informasi ilmiah dan telah terbukti kebenarannya.

Pertanyaan seputar pendidikan, bisnis dan lain-lain dapat didiskusikan dalam teks pameran.

Teks eksposisi memiliki struktur tesis di awal dan kemudian dilanjutkan dengan argumen dan diakhiri dengan pengulangan.

1. Kemacetan lalu lintas

– Tesis

Transportasi merupakan kebutuhan untuk berbagai kegiatan sosial dan ekonomi. Berbagai jenis kegiatan sosial dan ekonomi memiliki dampak yang berbeda pada kegiatan transportasi.

– Bertarung

Kegiatan transportasi sehari-hari menimbulkan gerakan yang relatif berulang, seperti yang dialami oleh pekerja dan mereka yang belajar di sekolah atau universitas.

Di Kota Yogyakarta, kemacetan lalu lintas terjadi hampir setiap hari di titik-titik yang menjadi jalur utama pergerakan pekerja kantoran menuju tempat kerjanya dan bagi pelajar dalam perjalanan menuju sekolah atau kampus.

Kemacetan lalu lintas yang berulang dalam jangka waktu yang lebih lama lebih mungkin terjadi di sekitar musim liburan dan sebelum hari libur nasional. Kemudian, kemacetan parah terjadi di jalan-jalan luar kota, seperti Jalan Magelang, Jalan Solo, dan Jalan Wates, dalam perjalanan pulang dan pulang.

Selama periode ini, kemacetan juga terasa di pusat kota yang dijadikan sebagai tujuan wisata dan tempat menginap, seperti Malioboro, Prawirotaman, serta jalan menuju tempat wisata.

– Konfirmasi

Kemacetan yang terjadi umumnya disebabkan oleh aktivitas internal masyarakat. Upaya mendekatkan tempat tinggal dengan tempat kerja merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan. Jika tidak, kemacetan akan terus berulang dan berdampak pada masyarakat itu sendiri.

2. Kebersihan

– Tesis

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa untuk memperhatikan kebersihan.

Tidak jarang banyak lomba kebersihan sekolah diadakan untuk mendorong siswa agar selalu bersih. Ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan lingkungan, mis. B. Membuang sampah pada tempatnya, mengelap papan tulis, menyapu kelas.

– Bertarung

Di kelas, piket biasanya dibagikan per hari untuk memastikan kebersihan. Piket biasanya melakukan tugas menyapu, mengelap papan tulis, dan menyiapkan alat tulis guru.

Pada hari Jumat, semua anggota kelas melakukan pengabdian masyarakat untuk membersihkan sekolah setelah kelas pertama selesai. Salah satu manfaatnya adalah mempererat hubungan antara siswa dengan siswa dan antara guru dengan siswa.

– Konfirmasi

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor penting bagi proses belajar mengajar yang menyenangkan. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan dan kesehatan seseorang. Kebersihan merupakan upaya manusia untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan berkesinambungan.

3. Remaja

[Tesis]

Kenakalan remaja saat ini menjadi salah satu permasalahan nasional di negara kita. Kenakalan remaja sendiri diartikan sebagai perilaku menyimpang dan merupakan bagian dari masalah hukum. Para ahli pendidikan berpendapat bahwa kenakalan remaja dilakukan oleh orang-orang yang menyamar sebagai orang dewasa tetapi sebenarnya masih anak-anak berusia 13-18 tahun.

[Argumentasi]

Ada banyak faktor yang menyebabkan remaja berperilaku tidak baik, seperti: B. Masalah di lingkungan keluarga atau akibat berurusan dengan teman sebaya yang bermasalah. Kenakalan remaja dapat berupa tawuran, merokok, penggunaan narkoba dan seks bebas. Pubertas merupakan usia dimana seseorang dapat menemukan jati dirinya dan masih belum stabil sehingga belum dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Di masa muda seseorang harus tumbuh dengan pendidikan yang baik dan ditemani orang tua yang bijaksana.

[Penegasan Ulang]

Oleh karena itu, kenakalan remaja harus diatasi dan dicegah. Perkembangan generasi muda harus diarahkan ke arah yang positif dan didampingi oleh orang tua, termasuk pendidikan yang positif dan tepat. Akibatnya, tidak menutup kemungkinan masalah kenakalan remaja perlahan-lahan akan terpecahkan.

4. Ikan

[Tesis]

Memelihara ikan merupakan bisnis yang sulit, namun banyak orang menjadikannya sebagai hobi karena merupakan kesenangan tersendiri. Gerakan lembut ikan ini memberikan ketenangan pikiran bagi yang melihatnya.

[Argumentasi]

Hobi memelihara ikan memiliki kecermatan khusus. Kita perlu mengetahui terlebih dahulu jenis ikan apa yang akan dipelihara, termasuk jenis air tawar atau air asin. Hal ini menentukan air yang diolah di akuarium agar kualitas dan keindahan ikan tetap terjaga. Juga harus diingat untuk tidak mencampurkan ikan predator dengan ikan lain. Kemudian cari tahu jenis makanan dan jumlah yang tepat. Pilihlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan ikan, dan berikan pencahayaan yang cukup agar ikan merasa nyaman, dan jaga kebersihannya dengan mengosongkan akuarium secara rutin.

[Penegasan Ulang]

Ikan yang dirawat dengan baik berenang dengan indah. Meski tidak mudah dirawat, ikan cantik ini pasti akan membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi yang melihatnya.

5. Banjir

[Tesis]

Banjir sudah menjadi peristiwa tahunan di beberapa daerah, khususnya di Jakarta. Hampir bisa dipastikan sebagian besar wilayah di Jakarta akan kebanjiran setiap musim hujan dan biasanya banjir ini terjadi bukan tanpa alasan.

[Argumentasi]

Menurut peneliti di Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, ada beberapa faktor yang menyebabkan Jakarta banjir, yakni kapasitas sungai dan kanal di Jakarta yang tidak bisa menyerap air dan kondisi geologi alam Jakarta. Kondisi masyarakat Jakarta yang masih banyak yang belum memiliki kesadaran untuk menghadapi banjir seperti: B. tidak membuang sampah sembarangan dan membuat lubang biopori di rumah.

[Penegasan Ulang]

Oleh karena itu, kepedulian dan kesadaran masyarakat Jakarta untuk menanggulangi banjir sangat dibutuhkan. Orang bisa memulai dengan hal-hal sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membuat lubang biopori di kebun mereka.

6. Jaringan

(Tesis)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bertujuan untuk meningkatkan kinerja akses internet di Indonesia. Akses internet yang cepat mendukung banyak sektor, mulai dari pendidikan, teknologi, bisnis dan sosial.

(Argumentasi)

Pada 2014, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring bercanda, “Untuk apa internet cepat?”. Faktanya, pekerjaan banyak industri bergantung pada kelancaran akses Internet. Daerah yang jauh dari kota besar kesulitan mendapatkan akses internet cepat. Bahkan di Papua, pemerintah Indonesia menutup akses internet. Akses ke Internet adalah hak publik yang berada di bawah tanggung jawab Negara, lebih khusus Komunikasi dan TI.

(Konfirmasi)

Menteri Komunikasi dan Informatika harus tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Kelancaran akses internet sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendukung berbagai sektor.

7. Polusi Air

(Tesis)

Pencemaran air adalah masuknya zat, unsur, dan komponen lain ke dalam air, yang pada akhirnya menyebabkan terganggunya kualitas air. Pencemaran air merupakan masalah serius yang dihadapi Indonesia saat ini.

(Argumentasi)

Pencemaran air di Indonesia cukup memprihatinkan, terutama air di daerah aliran sungai. Hal ini sering disebabkan oleh aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab seperti membuang sampah sembarangan.

Menurut laporan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hampir 68% atau sebagian besar kualitas air sungai di 33 provinsi di Indonesia tercemar berat pada tahun 2015.

Sumber air yang tercemar tentunya mengancam kesehatan masyarakat dan makhluk lain yang mengkonsumsi air tersebut.

(Konfirmasi)

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah pencemaran air sungai oleh sampah rumah tangga, perlu dilakukan tindakan pengendalian pencemaran. Langkah-langkah tersebut antara lain mengubah kebiasaan membuang sampah, memantau kualitas air sungai, dan membangun instalasi pengolahan limbah. Ini membantu meminimalkan polusi dan menjaga kualitas air.***

Source: batam.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button