Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022 - Talk - WisataHits
Yogyakarta

Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022 – Talk

(CAKAPLAH) – Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022 berkat kemenangan 1-0 di final melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022).

Pahlawan kemenangan Garuda Muda adalah Muhammad Kafiatur Rizky yang mencetak gol di babak pertama.

Laga berjalan dengan kecepatan tinggi sejak menit pertama. Jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim. Sejumlah ancaman yang diciptakan Indonesia selalu dipatahkan oleh pertahanan Vietnam. Serangan tuan rumah juga berhasil digagalkan Vietnam.

Pada menit ke-14, Vietnam mendapat peluang bagus melalui bola mati dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Kiper Andrika Fathir sukses menepis umpan lambung yang disambut dengan sundulan oleh pemain Vietnam.

Sejak menit ke-15, serangan Vietnam lebih berbahaya. Beberapa pemain dari Negeri Paman Ho berhasil menusuk ke dalam perimeter pertahanan Indonesia. Namun, kedisiplinan tuan rumah mampu berhasil mematahkan serangan lawan.

Pada menit ke-29, Indonesia mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Namun, tembakan Muhammad Riski Afrizal terlalu lemah untuk bisa dicegat dengan mudah oleh kiper Vietnam.

Pada menit ke-35, Vietnam nyaris mencetak gol ketika pemain Vietnam menusuk ke dalam kotak dari kiri. Namun rekannya yang menerima operan tidak menyentuh bola sehingga jatuh ke kaki pemain Indonesia.

Arkhan Kaka dan kawan-kawan terus berusaha menjebol pertahanan Vietnam yang sedang bermain ketat. Pasukan Garuda menempuh berbagai jalur, baik lewat jalur belakang maupun lewat jalur pendek.

Indonesia mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Kafiatur di menit 45+1. Kiper Vietnam tidak bisa mencapai tembakan kaki kirinya.

Kedua tim terus menjaga tempo permainan sejak awal babak kedua. Vietnam bermain lebih agresif untuk mengejar ketinggalan. Namun, ketatnya pertahanan Indonesia membuat tim tamu kesulitan menembus kotak penalti Indonesia.

Pada menit ke-58, Kaka berhasil mendapatkan umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Vietnam. Namun, sundulannya tidak sempurna karena diblok oleh kiper dan bek Vietnam. Strategi lambungan yang kerap dilakukan tim Bima Sakti tampaknya kerap menggagalkan gawang Vietnam.

Pasalnya, strategi ini mengakibatkan kiper Vietnam kerap harus keluar dari sarangnya. Sedangkan untuk Vietnam, sulit menerapkan skema menyerang karena Kaka dan kawan-kawan menekan dengan kuat. Alhasil, para pemain Vietnam tak punya ruang lagi untuk melakukan tembakan sempurna ke gawang.

Vietnam nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-90, namun tembakan dari jarak dekat seorang Vietnam berhasil digagalkan oleh Andrika. Sebelum pertandingan usai suasana menjadi panas.

Wasit mengirim pelatih Vietnam keluar lapangan karena memprotes terlalu keras. Seluruh stadion bergemuruh saat peluit panjang wasit menandakan berakhirnya pertandingan dan Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 dengan kemenangan 1-0.

Untuk saran dan informasi tentang CAKAPLAH.com, silahkan email: [email protected]

Source: www.cakaplah.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button