7 Aktivitas Seru di Bejiharjo, Masuk Gua dan Naik Jeep - WisataHits
Yogyakarta

7 Aktivitas Seru di Bejiharjo, Masuk Gua dan Naik Jeep

Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak potensi desa wisata yang mendunia. Salah satunya adalah Desa Wisata Bejiharjo atau disingkat DEWA BEJO. Terletak di Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, kawasan ini sudah dikenal sejak tahun 2012.

Pada tahun 2012, DEWA BEJO memenangkan Lomba Wisata Desa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai perwakilan Kabupaten Gunungkidul di tingkat nasional.

Tentu Anda sudah tahu tentang wisata tubing di Gua Pindul? Simak aktivitas seru lainnya di DEWA BEJO.

1. Cave Tubing Gua Pindul

7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua dan Mengemudi Jeep  Gua Pindul (wisatagoapinduljogja.com)

Tidak bisa dipungkiri popularitas desa wisata Bejiharjo berawal dari Gua Pindul. Gua bawah tanah ini berhasil menarik perhatian wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Gua Pindul yang memiliki panjang 350 meter ini menjadi river cruise selama kurang lebih 45 menit dengan pelampung.
Wisatawan disuguhi panorama di dalam goa yang terbagi menjadi tiga zona, yakni zona terang, gelap, dan gelap abadi. Pemandu akan memberi tahu wisatawan tentang setiap zona di dalam gua.

Biaya penyeberangan Gua Pindul untuk wisatawan lokal mulai dari Rp 50.000 per orang dan untuk wisatawan asing mulai Rp 100.000 per orang.

2. Arung Jeram di Kali Oyo

7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua dan Mengemudi Jeep  Kali Oyo (instagram.com/goapinduljogja)

Desa Bejiharjo juga diberkahi dengan Sungai Oya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai sepanjang 1.500 meter dengan pelampung yang berlangsung selama 1,5 hingga 2 jam.

Di sebelah jalur sungai, wisatawan akan menemukan air terjun pengantin di tengah perjalanan, yang biasanya digunakan sebagai spot foto.

Tentu saja, selama arung jeram, para wisatawan ditemani oleh pemandu profesional dengan biaya mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 100.000.

Baca Juga: Siap Piknik, Taman Bunga Amaryllis di Gunungkidul Sudah Mekar

3. Perahu Gua Goa Tanding

7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua dan Mengemudi Jeep  Offroad (instagram.com/pindul_jogja)

Tidak hanya Gua Pindul, Bejiharjo juga memiliki gua yang tidak kalah indahnya, yaitu Gua Tanding. Berbeda dengan tubing di Pindul, wisatawan menggunakan perahu 4 sampai 5 orang saat melintasi Gua Tanding. Menjelajahi gua ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dan biaya mulai dari Rp 150.000 untuk wisatawan domestik.

4. Pergi melalui Gua Gelatik

7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua dan Mengemudi Jeep  Gua Gelatik (Widyalokawisata.com)

Berbeda dengan Pindul dan Tanding, promenade Gua Gelatik Lorong Sewu mengandalkan kekuatan kaki dan tangan. Tempat ini memiliki banyak jalan sempit dan hanya dapat diakses oleh orang dewasa dalam kondisi fisik yang baik.

Rute sepanjang gua adalah 350 meter dengan total waktu berkendara 1,5 jam untuk melewati gua. Susur Gua Gelatik termasuk dalam daftar wisata minat khusus, artinya Anda harus didampingi oleh pemandu profesional dan peralatan khusus.

Bagi Anda yang tertarik untuk memacu adrenalin, Anda bisa mencoba wisata yang satu ini. Siapkan saja harga tiket masuknya sekitar 60.000-100.000 rupiah.

Baca Juga: 8 Tempat Belanja Souvenir di Gunungkidul, Ada Thiwul Yu Tum

5. Desa wisata off-road dengan jeep

7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua dan Mengemudi Jeep  Offroad (instagram.com/pindul_jogja)

Desa wisata ini juga menawarkan paket jeep off-road. Wisatawan diajak berkeliling desa dengan rute ekstrim mulai dari perkebunan kayu putih hingga jalan pedesaan hingga memasuki Sungai Oyo.

Pemandu juga mengajak pengunjung untuk mampir ke sederet spot foto seru yang bisa diunggah ke media sosial Anda. Anda perlu merogoh kocek Rp 500.000 untuk menggunakan jeep maksimal empat orang.

6. Belajar sejarah di situs Sokoliman

7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua dan Mengemudi Jeep  Sokoliman (instagram.com/kagung13)

Tidak hanya wisata air dan gua, Desa Wisata Beniharjo juga menawarkan wisata khas situs Sokoliman. Cukup membayar tiket masuk Rp 10.000, pengunjung sudah bisa belajar tentang situs purbakala, yaitu jejak kehidupan manusia purba dari zaman Megalitikum.

Sebanyak 86 menhir, 7 lempengan batu dan 5 makam batu ditemukan. Meski tidak seterkenal Gua Pindul, tak ada salahnya mengunjungi situs purbakala ini.

7. Keluar

7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua dan Mengemudi Jeep  Keluar (www.pindul.net)

Anda yang sedang merencanakan perjalanan ke luar negeri tidak salahnya datang ke desa wisata Bejiharjo ini. Di tempat ini banyak operator atau provider yang menjual paket outbound.

Anda hanya dapat melakukan banyak aktivitas di DEWA BEJO di satu tempat. Menarik untuk segera dikunjungi?

Baca Juga: Kisah Rus dan M, Hidup Hamil dan Membesarkan Bayi di Lapas Yogyakarta

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button