Sekdaprov Jatim Tanam Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih Situbondo - WisataHits
Jawa Timur

Sekdaprov Jatim Tanam Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih Situbondo

Situbondo (ANTARA) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono melakukan penanaman terumbu karang di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

“Dipilihnya Situbondo karena kebijakan Bupati Situbondo yang terus mengembangkan potensi pesisir untuk pariwisata, termasuk perikanan dan kelautan,” katanya, Senin di tepi fasilitas terumbu karang.

Selain transplantasi terumbu karang, kegiatan memperingati HUT ke-77 Pemprov Jatim juga akan dilakukan penanaman mangrove dan panen kerapu di kawasan Keramba Jaring Apung (KJA).

Ia menjelaskan memilih Situbondo untuk melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang karena pantai Situbondo sepanjang 153 km terutama dikelola sebagai objek wisata pantai sekaligus untuk melindungi ekosistem laut.

Menurutnya, kegiatan “Ayo Ke Laut” membuktikan bahwa Jawa Timur memiliki potensi kelautan yang luar biasa dan besar, terutama potensi perikanan dengan segala sumber daya yang dikandungnya.

Lebih lanjut, transplantasi terumbu karang ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah provinsi dalam mengelola laut.

Karena dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, 22 diantaranya memiliki pantai dan pulau yang berpotensi untuk dikembangkan, termasuk Situbondo.

“Kami akan jajaki potensi yang perlu dibangun kembali untuk membantu kabupaten/kota yang pendapatan asli daerahnya rendah,” kata AK, panggilan akrabnya.

Sekda mengatakan, kebijakan tersebut merupakan bagian dari Nawa Bhakti Satya Agro dan Jatim Harmoni yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang perikanan dan kelautan.

“Semua ini untuk meningkatkan perekonomian untuk kepentingan rakyat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mengatur agenda Jubilee Pemprov Jatim di Pasir Putih Situbondo, termasuk transplantasi terumbu karang untuk menjaga kelestariannya.

Menurutnya, jika terumbu karang di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo dirawat dan lestari, maka secara alami wisata bawah laut akan semakin diminati banyak orang.

“Potensi terumbu karang di Situbondo sangat bagus, meski sudah rusak karena dibuat kerajinan oleh warga sekitar. Terumbu karang perlahan mulai dilestarikan. Kita berharap terumbu karang di Situbondo, tidak hanya di Pasir Putih, tumbuh dan berkembang dengan baik,” kata Bupati Weil.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button