6 Wisata Populer di Yogyakarta yang Cocok Jadi Referensi Liburan Keluarga: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

6 Wisata Populer di Yogyakarta yang Cocok Jadi Referensi Liburan Keluarga: Okezone Travel

6 Wisata Populer di Yogyakarta yang Cocok Jadi Referensi Liburan Keluarga: Okezone Travel

YOGYAKARTA sangat terkenal dengan wisata budayanya yang padat, sehingga menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata yang sangat diminati dan sangat digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara (wisnus dan mancanegara).

Beberapa tempat wisata populer di Yogyakarta ini mirip dengan yang ada di negara lain lho. Jadi sayang sekali jika dilewatkan saat berkunjung ke kota pelajar ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 6 wisata populer di Yogyakarta yang bisa dijadikan referensi liburan Anda.

1. Gereja Sayidan Gotik

Jika ingin suasana liburan ala kastil, datanglah ke Gereja Gothic Sayidan. Meski nama dan bentuk bangunannya menyerupai gereja, ternyata ini adalah rumah yang ditempati oleh seseorang keturunan Tionghoa.

Saking indah, menarik dan uniknya bahkan di luar negeri pun nampaknya cukup banyak orang yang berfoto dengan background bangunan tersebut. Gereja Gotik Sayidan terletak di Sayidan, Desa Pravirodirian, Kecamatan Gondomanan.

2. Taman Tugu Dunia Merapi Jogja

World Landmark Merapi Park Jogja memiliki suasana Yogyakarta yang berbeda dari biasanya, Anda akan merasa seperti sedang berlibur di Eropa karena terdapat miniatur ikon dunia seperti Menara Eiffel, Menara Pisa, kincir angin Belanda dan Big Ben London.

Landmark dunia Merapi Jogja

(Foto: Instagram/@merapipark.jogja)

Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk mengajak keluarga dan mengenalkan anak pada setiap miniatur bangunan yang ada. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang km 25, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo atau sering disebut Gunung Sahara di Jogja. Kawasan wisata ini merupakan gundukan pasir yang menarik. Hotel ini terletak di Jalan Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Anda tidak hanya bisa melihat pemandangan dan foto, tetapi juga melakukan olahraga ekstrim yaitu sandboarding. Ada biaya Rp 150.000 – Rp 200.000 per buah, serta biaya sewa papan selancar.

4. Gua Maria Tritis

Gua ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Paliyan, Desa Giring, Dusun Bulu. Atau di Jalan Sapto Sari, di pinggir ring road selatan Gunungkidul. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 50 kilometer.

Gua Maria Tritis terletak di antara perbukitan karst Gunung Kidul. Sehingga bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang pantainya terkenal indah dan menawan.

Gua Maria Tritis

(Foto: Instagram/@guamaritritis.ind)

Biasanya wisatawan yang datang ke Gua Maria Tritis tertarik dengan pesona alamnya. Suasananya tenang, jauh dari hiruk pikuk kota.

Menariknya, terdapat pemandangan alam berupa stalaktit yang eksotik. Sehingga liburan menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

Selain itu, Gua Maria Tritis sering dijadikan tempat ziarah oleh umat Katolik. Karena di sini ada patung Bunda Maria berukuran besar. Jadi Anda merasa lebih dekat dengan Tuhan di tengah alam.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

5. Pantai Glagah

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan wisata pantainya yang menarik. Selain Parangtritis, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Glagah Indah yang tak kalah menarik dan juga unik.

Pantai Glagah Indah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sekitar 40 kilometer atau 1 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Jika biasanya pasir di pantai ini sebagian besar berwarna putih, berbeda dengan Pantai Glagah Indah yang berpasir hitam dan banyak mengandung pasir besi di sepanjang pantai.

Pantai Glagah, DIY

(Foto: Instagram/@ihsanudn)

Menurut situs Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, pantai ini memiliki kawasan gumuk pasir dengan rerumputan yang menggiling dan Glagah Lagoon yang sangat luas terbentang untuk berperahu, kano, kayak, berenang, dan memancing.

6. Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi juga sering disebut sebagai laguna biru karena air di tempat ini benar-benar jernih, biru dan bersih dan sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar liburan saat berlibur di Yogyakarta.

Pemandian Tirta Budi sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mencari suasana asri dan menenangkan. Selain itu, tempat ini wajib dikunjungi saat berenang atau bermain air.

Pemandian Tirta Budi

(Foto: Instagram/@royndiki)

Terdapat juga bebatuan di dasar sungai yaitu bebatuan di tepian sungai. Serta beberapa pancuran mata air yang masuk bersamaan dengan air sungai ditambah dengan keberadaan pohon bambu rindang yang menyelimuti pengunjung saat mandi.

Lokasi Pemandian Tirta Budi berada di Desa Wisata Tirta Budi Blue Lagoon di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Jaraknya dari pusat Kota Jogja tak lebih dari 20 kilometer.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button