6 tempat wisata di dekat stasiun kereta, masuklah! - WisataHits
Jawa Barat

6 tempat wisata di dekat stasiun kereta, masuklah!

jakarta

Kereta api merupakan sarana transportasi yang tepat untuk liburan di luar kota. Banyak kota memiliki atraksi di dekat stasiun kereta.

Di beberapa kota Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang jaraknya sangat dekat dengan stasiun kereta. Ini adalah pilihan perjalanan yang menyenangkan karena tidak mahal dan tidak melelahkan.

“Stasiun kereta berada di tempat yang strategis, sehingga masyarakat bisa berjalan kaki tanpa harus menempuh perjalanan jauh. KAI juga menawarkan berbagai jenis kereta api yang bisa digunakan. Mulai dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, dan mewah,” kata Wakil Presiden Humas KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Daftar 6 tempat wisata yang direkomendasikan di dekat stasiun kereta api

1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Tempat ini sangat cocok untuk pecinta seni. Untuk menuju ke sana, Anda hanya perlu naik kereta menuju Stasiun Gambir di Jakarta. Museum Galeri Nasional Indonesia terletak tepat di seberang Stasiun Gambir.

Rute menuju Galeri Nasional dapat diakses dengan transportasi umum seperti KRL Commuter Line dan MRT.  Simak informasi lengkapnya di sini.Galeri Nasional adalah salah satu tempat wisata di dekat stasiun kereta api/ Foto: GNI/Istimewa

Tempat wisata yang satu ini menjadi ajang pameran seni dan budaya mulai dari yang kuno, kontemporer hingga modern. Tak hanya pameran, Anda juga bisa menikmati seminar, fasilitas perpustakaan dan laboratorium di dalamnya.

2. Kampoeng Plered, Purwakarta

Jika Anda sedang berkunjung dan jalan-jalan di sekitar Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sempatkanlah untuk mampir sejenak ke tempat yang satu ini. Ada Kampung Maranggi, rumah makan khusus yang menyajikan Sate Maranggi, makanan khas Purwakarta.

Surga wisata kuliner di Alun-alun Kabupaten Plered, lebih tepatnya di sebelah Stasiun Kereta Api Plered, bisa menjadi tempat yang menggiurkan lidah selama berwisata ke Purwakarta. Untuk menuju Stasiun Plered, Anda bisa menggunakan kereta Serayu, Garut Cibatuan, dan Bandung Raya Ekonomi.

3. Benteng Pendem, Cilacap

Terletak di Dusun Kebon Jati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Benteng Pendem merupakan situs peninggalan Belanda di pesisir Pantai Teluk Penyu. Benteng ini dibangun pada tahun 1861 dan dulunya merupakan markas pertahanan Tentara Hindia Timur Belanda. Di dalamnya ada gudang senjata, benteng pengintaian, benteng pertahanan, depot amunisi, penjara, tempat tinggal perwira, dan dapur.

Benteng Pendem Cilacap berjarak sekitar 3 kilometer dari stasiun kereta Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Anda bisa menggunakan kereta api Kamandaka, Wijayakusuma, dan Joglosemarkerto untuk menuju Stasiun Cilacap.

4. Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi

Jika Anda turun di Stasiun Ketapang Banyuwangi, Anda bisa menuju Pantai Grand Watu Dodol (GWD). Jarak yang perlu ditempuh dari stasiun menuju Pantai Grand Watu Dodol (GWD) kurang lebih 6,8 kilometer dari stasiun. Pantai GWD menawarkan wisata snorkeling, menyelam, dan perahu ke Pulau Tabuhan.

Berangkat dari Semarang, Anda bisa menggunakan KA yang baru saja beroperasi saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, yakni Semarang Tawang-Ketapang (Banyuwangi) PP Blambangan Ekspres. Selain itu, masih banyak KA dari berbagai daerah yang menggunakan Anda bisa pergi ke Stasiun Kereta Api Ketapang.

5. Wisata Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Kampung Jodipan yang warna warni juga menjadi salah satu tempat wisata di dekat stasiun kereta api di Malang yang terletak di dekat stasiun kereta api Malang. Desa yang bangunannya dicat dengan warna cerah ini cocok untuk kamu yang suka foto selfie karena banyak tempat instagramable untuk background foto di desa ini.

Kampung warna-warni MalangWarna-warni kampung Jodipan di Malang dekat stasiun kereta api/Foto: (brigits_emilianav/d’Traveler)

Lokasinya ada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh dari stasiun kereta api Malang sekitar 1,5 kilometer. Anda dapat berkendara sekitar 5 menit atau berjalan kaki sekitar 17 menit.

6. Kampung Kuliner, Binjai

Tempat wisata populer ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Kereta Api Binjai. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi berbagai kuliner khas Binjai hingga kuliner khas Sumatera Utara lainnya. Tempat ini menawarkan konsep unik seperti food court dengan pilihan indoor dan outdoor.

Ada banyak tenda dengan kursi dengan konsep yang keren. Bagi Anda yang menginginkan privasi lebih, Anda bisa makan di dalam (indoor) agar tidak terganggu oleh keramaian.

Ini enam rekomendasi tempat wisata di dekat stasiun kereta api yang bisa kamu jangkau. Tidak perlu jauh-jauh, Anda cukup berjalan kaki sekitar 5-17 menit untuk sampai ke tempat wisata seru di dekat stasiun kereta.

Selain enam tempat wisata tersebut, masih banyak tempat wisata lainnya, baik wisata sejarah, seni, alam, maupun wisata kuliner di sekitar stasiun kereta api di berbagai daerah.

“Untuk mengetahui rute dan jadwal serta membeli tiket kereta api, masyarakat dapat mengakses website kai.id dan aplikasi KAI Accesss, sehingga tidak perlu pusing merencanakan perjalanan liburannya. Pelanggan juga tidak perlu ragu untuk bepergian dengan kereta api karena protokol kesehatan secara maksimal telah diterapkan,” ujar Joni.

Simak video “Rute KAI Malang Menuju Jakarta Tertimbun Longsor”.
[Gambas:Video 20detik]
(pf/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button