Mendengarkan! Rekomendasi destinasi wisata bertema Chinatown saat liburan Imlek - WisataHits
Jawa Timur

Mendengarkan! Rekomendasi destinasi wisata bertema Chinatown saat liburan Imlek

Mendengarkan!  Rekomendasi destinasi wisata bertema Chinatown saat liburan Imlek

Harianjogja.com, JOGJA– Perayaan Imlek 2574 pada Minggu (22/1/2023) menjadi salah satu momentum yang ditunggu-tunggu. Apalagi setelah pemerintah resmi mencabut kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akhir tahun lalu.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Hari Libur Umum Tahun 2023, libur umum Tahun Baru Imlek jatuh pada Senin (23/1/2023). Long weekend minggu ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati perayaan imlek.

“Setelah kebijakan PPKM dicabut pada akhir tahun 2022, merupakan momen yang tepat untuk merencanakan perjalanan dengan memanfaatkan liburan bersama untuk menikmati suasana Imlek ke berbagai destinasi yang penuh dengan suasana Imlek,” ujar Gaery Undarsa, rekan-rekan. pendiri dan Chief Marketing Officer di tiket.com, Selasa (17/1/2023).

BACA JUGA: Pura Poncowinatan Rayakan 141 Tahun, Itu Harapan

Wisatawan di Jogja akan disuguhi kegiatan Pekan Budaya Tionghoa (PBTY) XVIII Yogyakarta di kawasan Ketandan, Kota Jogja selama satu minggu mulai 30 Januari hingga 5 Februari 2023. Motto PBTY 2023 kali ini adalah ‘Bangkit Jogjaku, Untuk Indonesia’.

Selain Ketandan yang terletak di kawasan Malioboro, sejumlah tempat lain yang bernuansa Imlek juga bisa dikunjungi masyarakat di Klenteng Kwan Tee Kiong yang terletak di kawasan Jalan Poncowinatan, Kranggan, Jetis, Kota Jogja. Candi Poncowinatan didirikan pada tahun 1879 oleh Sultan Hamengku Buwono VII di atas tanah wakaf Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan diberikan kepada masyarakat Tionghoa. Candi yang berusia lebih dari satu abad ini menjadi simbol multikulturalisme di Jogja.

Lalu ada Pura Fuk Ling Miau yang terletak di sebelah selatan Simpang Empat Gondomanan, atau hanya sekitar 100 meter di sebelah timur titik nol Malioboro. Saat perayaan Imlek, biasanya klenteng ini menawarkan sejumlah kegiatan menarik seperti; B. Atraksi barongsai.

Selain Jogja, ada beberapa rekomendasi destinasi wisata pecinan yang ramah kantong untuk menyambut dan merayakan liburan Imlek 2023. Misalnya, masyarakat bisa menikmati aktivitas wisata dengan menjelajahi kawasan pecinan di kawasan Klenteng dan pasar Petak Sembilan di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Ada pula kawasan Pantjoran PIK yang fotogenik di Jakarta Utara yang menawarkan akomodasi di Apartemen Akwook PIK Jakarta atau Fraser Residence Menteng.

Wisatawan dengan tujuan Bogor – Bandung, Jawa Barat bisa menjelajahi kawasan komunitas Tionghoa di kawasan Suryakencana, Bogor. Daerah ini unik sebagai Pecinan Bogor karena menyatu dengan budaya Sunda lokal sehingga menghasilkan keragaman budaya dan kuliner yang khas.

BACA JUGA: Pura Poncowinatan Bersih-Bersih Menyambut Tahun Baru Imlek

Bagi wisatawan yang berlibur ke Semarang, Jawa Tengah, terdapat sebuah kelenteng wisata yang terkenal yaitu Kelenteng Sam Poo Kong di kawasan Simongan, Kota Semarang. Di Surabaya, Jawa Timur, wisatawan bisa menghabiskan liburan Imlek dengan mengunjungi Klenteng Hong Tiek Hian. Klenteng ini terkenal sebagai pusat kemeriahan perayaan dan berstatus sebagai klenteng tertua di Surabaya. Wisatawan juga bisa mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati kuliner khas China dan mancanegara.

Jauh dari pedalaman, beberapa rekomendasi seru untuk short weekend trip ke negara tetangga Indonesia saat liburan Imlek. Seperti tujuan wisata Malaysia. Perayaan Tahun Baru Imlek di Chinatown di Petaling Road. Tak kalah seru saat merayakan Imlek di Thailand. Ibukota Bangkok adalah kompleks Pecinan terbesar kedua di dunia. Saat Imlek, festival kuliner selalu digelar untuk sekadar menggiurkan selera pengunjung.

Orang-orang dari luar DIY dapat mengakses platform digital untuk memesan akomodasi di beberapa lokasi tujuan wisata Imlek jika mereka mau. “Di tengah situasi yang semakin menurun, semakin terbuka peluang bagi masyarakat yang ingin mencari destinasi wisata untuk liburan Imlek,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button