6 Pantai Jogja Yang Mempesona Yang Wajib Dikunjungi Mata Anda - WisataHits
Yogyakarta

6 Pantai Jogja Yang Mempesona Yang Wajib Dikunjungi Mata Anda

perjalanan VIVA – Pantai Yogyakarta memiliki keindahan yang luar biasa. Jika Anda berlibur ke Yogyakarta, Anda wajib mengunjungi sejumlah pantai di sana. Di sini kami telah mengumpulkan sejumlah pantai Yogyakarta yang menakjubkan. Sehingga dijamin Anda betah dan menikmati suasana di pantai dalam waktu yang lama.

1. Pantai Glaga

Gelombang tinggi di kawasan wisata Pantai Glagah, Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gelombang tinggi di kawasan wisata Pantai Glagah, Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Foto:

  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Rekomendasi pertama untuk pantai di Yogyakarta adalah pantai Glagah. Pantai Glagah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo atau di sebelah selatan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Salah satu pantai di Kulon Progo ini memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Aktivitas yang bisa Anda nikmati di pantai antara lain menikmati deburan ombak di dermaga, berjalan-jalan di sepanjang pantai dengan ATV atau sepeda trail, atau Anda bisa langsung menyerap suasana pantai dengan mencicipi kuliner khas Kulon Progo.

Fasilitas di Pantai Glagah cukup lengkap seperti toilet, mushola, area relaksasi dan lain-lain. Ada juga warung makan yang menjual makanan laut dengan harga terjangkau. Di KuloN Progo Anda juga bisa membeli oleh-oleh dan oleh-oleh yang menarik.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, Yogyakarta.

Pantai Indrayanti, Yogyakarta.

Rekomendasi pantai selanjutnya dari Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini cukup terkenal dan menjadi favorit para wisatawan. Lokasi pantai ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Di pantai Indrayanti ini, Anda bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise dalam suasana yang menyejukkan dan sejuk.

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah perut, ada juga restoran atau kafe yang menyajikan menu spesial. Di sepanjang pantai juga terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menghadap ke pantai.

Anda akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang untuk harga tiket. Hormati lingkungan dan jangan membuang sampah apa pun karena Anda akan diperlakukan dengan buruk jika Anda meninggalkan sampah. Anda akan didenda Rp 10.000 oleh petugas jika melanggar aturan.

3. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor, Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Nglambor, Gunung Kidul, Yogyakarta

Foto:

  • Pencarian Facebook Indonesia

Pantai Nglambor juga merupakan salah satu pantai favorit Yogyakarta. Pantainya yang indah dan airnya yang biru menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung. Pantai ini terletak di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Secara geografis, Pantai Nglambor berada di sebelah barat Pantai Siung dan sebelah timur Pantai Jogan.

Pantai Nglambor memiliki pasir putih dan air yang jernih. Jika Anda datang ke sini Anda benar-benar perlu untuk snorkeling. Ada juga persewaan alat snorkel jika tidak membawa perlengkapan. Snorkeling akan memberikan Anda pemandangan yang menakjubkan dari keindahan dunia bawah laut.

Biaya masuk di Pantai Nglambor cukup terjangkau. Harga tiketnya Rp 6000/orang. Selain itu, ada juga harga yang harus dibayar, mis. Misalnya, biaya parkir motor Rp2.000 dan biaya parkir mobil Rp5.000.

Saat pengunjung menggunakan ojek untuk menuju tempat parkir. Anda juga perlu membayar sekitar Rp 5.000 – Rp 15.000. Harga sewa alat snorkeling juga terjangkau, sekitar Rp 50.000-100.000 per orang, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor.

4. Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Yogyakarta lainnya yang menarik adalah Pantai Baron yang terletak di Desa Rejosari, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta. Meski rutenya cukup sulit, namun akan terbayar dengan pesona yang disuguhkan pantai Baron ini.

Pantai Baron memiliki pemandangan laut yang indah dan menenangkan. Pantai ini berbentuk seperti tanjong dan diapit oleh dua bukit karang. Suasana di pantai ini sangat ramai karena banyak pengunjung dan nelayan lokal yang bekerja di laut.

Pantai ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Selain berfoto, Anda juga bisa berenang di sana. Pasalnya, ombak di Pantai Baron cukup bersahabat. Pantai Baron memiliki sungai yang menghubungkan langsung dengan laut. Lokasinya berada di sisi barat pantai. Meski terhubung ke laut, airnya segar dan tidak asin.

Untuk harga tiket masuk, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000. Harga tiket ini sudah termasuk akses ke dua pantai lainnya, yaitu Pantai Krakal dan Pantai Kukup.

5. Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung Yogyakarta memiliki daya tarik terbaik untuk pendakian. Pantai ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan bersantai sejenak dari hiruk pikuk kota. Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Prefektur Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak dari kota pantai ke pusat kota sekitar 77 km.

Anda juga bisa berkemah di sekitar pantai di sana. Perkemahan berada di sebelah timur pantai. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas pendakian. Bahkan, tempat ini sering digunakan untuk lomba panjat tebing. Diketahui pantai ini memiliki sekitar 250 jalur pendakian.

Pantai Siung memiliki banyak spot foto yang keren dan keren. Seperti berfoto di pantai berpasir putih dengan background tebing, dari atas tebing atau spot foto menarik lainnya. Harga tiket masuk (HTM) pantai ini masih terjangkau. Pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk harga retribusi Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

Selain itu, ada juga biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Biaya parkir kendaraan roda dua atau motor sebesar Rp 2.000 dan biaya parkir kendaraan roda empat atau mobil sebesar Rp 5.000.

Sebagai informasi tambahan, pengunjung yang berkemah dan memarkir kendaraannya dalam jangka waktu tertentu harus membayar biaya tambahan. Selama jam operasional, pantai ini buka 24 jam sehari.

6. Pantai Jogan

Pantai Jogan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Jogan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Rekomendasi pantai terakhir Yogyakarta adalah Pantai Jogan. Pantai ini disebut kembaran McWay Waterfall California karena memiliki air terjun. Pantai Jogan adalah salah satu pantai yang unik di Yogyakarta. Air terjun Pantai Jogan ini dijuluki Air Terjun Pengantin. Konon orang yang mandi di bawah air terjun bisa cepat menemukan pendamping.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Jogan, wisatawan harus terlebih dahulu menemukan Pos Retribusi Pantai Siung, sebuah pantai yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Jogan. Setibanya di kantor pos, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Dari pos ini, lanjutkan sekitar 400 m, mengikuti petunjuk.

Jika Anda ingin menikmati air terjun di Pantai Jogan, Anda bisa mengunjunginya saat musim hujan. Karena pada musim kemarau debit air sangat rendah atau tidak ada sama sekali. Namun, Anda juga harus memprediksi cuaca agar tidak hujan saat berkunjung.

Di Pantai Jogan Anda akan dimanjakan oleh dua keindahan alam, yaitu hamparan pantai yang dikelilingi tebing-tebing indah dengan deburan ombak yang memecah Samudera Hindia dan suara gemericik air terjun sungai.
Waktu yang tepat untuk menikmati Pantai Jogan adalah sebelum matahari terbit atau terbenam. Tidak hanya disuguhkan oleh dua fenomena alam, Anda bahkan bisa merenungkan langit yang memancarkan warna ungu.

Demikian ulasan tentang pantai Yogyakarta yang menakjubkan dan wajib dikunjungi. Patuhi aturan dan jaga kebersihan lingkungan. Ikuti juga aturan protokol kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat Hari Raya.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button