7 Tempat Wisata Di Madiun Yang Populer Dan Mempesona Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

7 Tempat Wisata Di Madiun Yang Populer Dan Mempesona Yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata Di Madiun Yang Populer Dan Mempesona Yang Wajib Dikunjungi

Merdeka.com – Kalau bicara tempat wisata di Jawa Timur, mungkin banyak orang yang akan merekomendasikannya Surabaya, miskin, atau Batu sebagai tujuan. Ketiganya sudah terkenal dengan destinasi wisatanya yang seru dan mempesona.

Namun jika ingin mencoba petualangan baru, Anda wajib mampir ke tempat wisata di Madiun. Kota terbesar keempat di Jawa Timur ini menawarkan banyak tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Artikel media Taboola

Tempat wisata di Madiun mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah menawarkan pengalaman yang berbeda untuk waktu liburan anda. Jika anda tertarik, berikut beberapa tempat wisata di Madiun yang wajib dikunjungi yang kami kutip dari situs liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Cagar Wisata Anggur

Tempat wisata di Madiun yang pertama adalah Wana Wisata Anggur. Sekitar lima belas kilometer dari Kota Madiun, lebih tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, terdapat tempat wisata alam bernama Wana Wisata Anggur yang bisa Anda kunjungi.

Di tempat wisata ini, Anda diajak menikmati suasana hutan asri yang dipadukan dengan panorama persawahan dan perbukitan. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin beristirahat dan melepas lelah dari kehidupan sehari-hari. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sini antara lain bersepeda, hiking, bermain sungai dan berkemah.

Hutan Pinus Nongko Ijo

Tempat wisata di Madiun yang kedua adalah hutan pinus Nongko Ijo. Situs ini terletak di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menarik berupa pohon pinus yang menjulang tinggi. Hutan pinus Nongko Ijo terletak di kaki Gunung Wilis, sehingga Anda akan merasakan kesejukan udara serta pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Ada juga tempat perkemahan untuk pengunjung di Hutan Pinus Nongko Ijo. Di kawasan ini juga terdapat berbagai fasilitas menarik seperti rumah pohon, ayunan, spot foto, warung makan dan ruang terbuka untuk bersantai.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Severu

tempat wisata di madiun

liputan6.com

Tempat wisata di Madiun yang ketiga adalah Air Terjun Seweru. Berada di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, air terjun ini merupakan wisata alam di Madiun yang tidak boleh Anda lewatkan. Meski butuh usaha dan tenaga untuk bisa sampai ke air terjun, semua lelah Anda akan terbayar dengan keindahan alam Air Terjun Seweru yang menyejukkan mata.

Air terjun ini berasal dari mata air yang terletak di bawah gunung yang muncul di atas pohon rindang. Situs tersebut berada di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian sekitar 400 mdpl dengan luas sekitar 6 hektar. Kesegaran Air Terjun Seweru ini bisa Anda nikmati dengan dikelilingi pemandangan dan suasana hijau yang asri.

Situs Bersejarah Nglambangan

punden ikon kuning di situs madiun nglambangan

©2021 Merdeka.com/Facebook Madiun Tourism

Tempat wisata di Madiun yang keempat adalah Situs Sejarah Nglambangan. Situs tersebut terletak di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, atau sekitar delapan kilometer sebelah timur Kota Madiun. Tempat wisata sejarah ini akan memamerkan sejumlah peninggalan yang diyakini telah ada sejak zaman Majapahit.

Anda juga akan menemukan beberapa bangunan dan artefak yang masih tersisa hingga saat ini, antara lain Candi Lambangsari, Watu Dakon yang digunakan untuk penyimpanan pusaka, Punden, lumbung, sumur kuno dan Sendang Jambangan.

Waduk Kedungbrubus

Tempat wisata di Madiun yang kelima adalah Waduk Kedungbrubus. Waduk ini terletak di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun dan letaknya juga berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro. Waduk ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi warga sekaligus sebagai tempat rekreasi.

Yang menarik adalah banyak ditemukan fosil purba di sekitar Waduk Kedungbrubus, menurut penelitian para ahli, Sungai Kedungbrubus merupakan sungai purba dan memiliki keterkaitan dengan Trinil yang terletak di Ngawi.

4 dari 4 halaman

Monumen Kresek

tempat wisata di madiun

liputan6.com

Saat berada di Madiun, jangan lewatkan Monumen Kresek. Monumen Kresek adalah tempat wisata yang dibangun untuk memperingati tragedi politik berdarah tahun 1948. Tragedi ini sering disebut orang sebagai Peristiwa Madiun, yang kemudian dijadikan diorama dan relief.

Lokasinya tidak jauh dari Kota Madiun, yakni hanya berjarak sekitar 8 kilometer ke arah timur. Tragedi Madiun sendiri tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Dalam kejadian tersebut, banyak korban berjatuhan di Desa Kresek, mulai dari anggota TNI, aparat desa hingga warga biasa.

Waduk Widas Bening

tempat wisata di madiun

liputan6.com

Tempat wisata di Madiun yang terakhir adalah Waduk Bening Widas. Selain dibangun sebagai pembangkit listrik Sungai Brantas, waduk ini juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Madiun.

Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi hutan. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sekitar waduk, seperti: B. Mancing, main banana boat atau naik perahu keliling waduk.

(mdk/tangki)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button