6 Oleh-Oleh Khas Blitar Paling Enak dan Unik, Ayo Beli : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

6 Oleh-Oleh Khas Blitar Paling Enak dan Unik, Ayo Beli : Okezone Travel

BLITARY, Jawa Timur memiliki sederet pantai indah dan wisata menarik lainnya yang banyak menyedot perhatian para wisatawan dan peminat untuk berkunjung ke kawasan ini. Selain itu, ada juga oleh-oleh khas.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Blitar tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya yang bisa dijadikan oleh-oleh. Selain enak, makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh juga menarik dan jarang ditemukan di tempat lain.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 rekomendasi oleh-oleh khas Blitar untuk dibeli dan dibawa pulang untuk keluarga Anda.

1. Dodol Belimbing

Tak hanya Garut, Jawa Barat yang dodol miliki, Blitar juga memiliki dodol belimbing yang menjadi bahan makanan sekaligus oleh-oleh khas.

Belimbing Dodol dibungkus dengan kulit jagung kering. Teksturnya agak lengket dan rasanya sedikit asam khas buah belimbing.

Biasanya dodol belimbing ini dimakan sebagai teman minum kopi atau teh, agak mengurangi rasa asam dari buah belimbing.

Dodol belimbing

(Foto: Shopee/faraputria)

2. Berlian Cletic

Berikutnya adalah Kletik Diamond, salah satu oleh-oleh khas Blitar yang juga wajib kamu cicipi dan bawa pulang. Camilan tradisional ini dibuat dengan gula kelapa dan ketan.

Rasanya manis, gurih dan teksturnya agak padat dan kenyal. Menariknya, intan Kletik ini dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan sebelumnya.

Berlian Cletic

(Foto: oodablikanigoro)

3. Sagon

Oleh-oleh khas blitar selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah kue sagon. Ini adalah jajanan tradisional yang ringan.

Sagon adalah kue khas Blitar yang terbuat dari tepung beras ketan dan parutan kelapa yang kemudian dihaluskan. Teksturnya agak remah dan lumer di lidah saat dimakan.

Rasanya yang manis dan gurih, serta aroma kelapa yang sangat harum juga unik membuat sage menjadi oleh-oleh khas blitar yang sangat digemari.

Baca juga: Saatnya anak muda bangkit bersama Astra untuk Indonesia

4. Uceng Goreng

Mungkin namanya terdengar asing bagi Anda. Namun tahukah Anda bahwa uceng adalah ikan air tawar yang biasa hidup di sungai? Bentuknya cukup unik, bulat dan hanya seukuran ibu jari.

Di Blitar, uceng sering dibuat menjadi berbagai macam masakan yang menggoda selera. Uceng Goreng merupakan makanan olahan yang paling populer dan bisa anda cicipi, salah satunya warung Barokah Pak Sabar.

uceng goreng

(Foto: GoTravelly)

Sekarang bisa dibawa pulang karena cara gorengnya. Karena nantinya ikan uceng ini tidak mudah busuk jika dibawa seharian.

5. Gambir Buram

Tidak hanya di Jawa Barat, blitar juga memiliki opak sebagai jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu opak gambir. Makanan ini masih sangat populer hingga saat ini.

Gambir Buram merupakan jajanan pasar tradisional. Terbuat dari tepung beras ketan, gula pasir, telur dan santan. Sehingga aromanya harum, rasanya manis gurih, dan teksturnya renyah seperti kerupuk.

Uniknya, opak gambir ini tidak datar melainkan bulat. Namun bentuknya berbentuk corong dan agak mengerucut ke arah bawah.

Paman Gambir

(Foto oleh kmkitabisa.com)

6. Beras Pintar

Mendengar namanya memang sedikit aneh, seolah-olah varietas beras ini bisa membuat Anda pintar. Disebut beras pintar karena penelitian peneliti dari Universitas Jember menemukan adanya campuran mocaf, jagung, protein susu dan lain-lain di dalam beras ini.

Meski hanya beras buatan, namun nutrisi, vitamin dan zat lainnya baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button