6 Kuliner Khas Bangkalan Madura Apa Itu Kuah Kokot? - WisataHits
Jawa Timur

6 Kuliner Khas Bangkalan Madura Apa Itu Kuah Kokot?

TEMPO.CO, jakarta – Bangkalan merupakan salah satu kabupaten di ujung barat Pulau Madura. Bangkalan memiliki letak geografis yang strategis karena berada di wilayah Tingkat II Kabupaten Pasuruan, sehingga menjadi jalur regional dan jalur ekonomi utama antara Surabaya dan Malang serta Surabaya dan Banyuwangi.

Bangkalan seluas 1.260,14 kilometer persegi memiliki Pelabuhan Kamal sebagai pintu gerbang menuju Madura dari Pulau Jawa. Ada juga layanan feri di pelabuhan ini yang menghubungkan Madura ke Surabaya, berakhir di Pelabuhan Tanjung Perak.

Saat ini jembatan terpanjang di Indonesia sudah beroperasi yaitu Jembatan Suramadu. Kabupaten Bangkalan juga merupakan salah satu wilayah di wilayah metropolitan Surabaya yaitu Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan) seperti dilansir dari bangkalankab.go.id.

Baca: 4 Pilihan Menu Sarapan Murah Biasanya Bangkalan

Beberapa kuliner khas Bangkalan Madura

Karena potensi besar yang dimiliki Bangkalan, banyak wisatawan yang menginap atau menginap di Bangkalan untuk sementara waktu. Namun, ketika berkunjung ke Bangkalan, rasanya tidak lengkap tanpa mencoba beberapa kuliner khas daerah ini. Berikut adalah masakan khas Bangkalan.

1. Nasi Serpang

Kuliner khas Bangkalan pertama yang sangat istimewa adalah Nasi Serpang. Hidangan ini disiapkan dengan bumbu khusus dan kaya akan rempah-rempah. Nasi serpang juga disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ikan, bihun, daging, telur, dll. Selain itu, ada ciri utama dari makanan ini, yaitu penambahan kerupuk rambak yang dibumbui dengan sejenis bumbu rujak.

2. Pengisian topak h

Selain nasi serpang, ada juga masakan khas Bangkalan yang bernama Topak Ladeh. Sajian ini menggunakan kuah merah kental yang terbuat dari santan kelapa berkualitas tinggi. Biasanya makanan ini disajikan dengan lontong atau ketupat dengan tambahan lain seperti sayuran, daging dan kerupuk. Alhasil rasa pedas dan gurih yang mendominasi makanan ini akan terasa berbeda dan membuat seseorang ingin memakannya di Bangkalan.

3. Kaldu coklat

Namanya mungkin terdengar asing dan asing, tapi jika dicoba pasti akan berbeda, karena yang satu ini sangat enak dan luar biasa dari segi kulinernya. Biasanya kuah soto dibuat dari kuah kaldu, namun masakan ini dibuat dengan olahan kacang hijau, bumbu-bumbu, dan potongan kikil, yang menambah kelezatan masakan ini. Saat menyantap hidangan ini, jangan lupa tambahkan sambal terasi dan kacang tanah.

4. Bebek Sinjay

kutipan Jatim.bpk.go.idCukup disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal matah, bebek sinjay menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dicari wisatawan. Dalam sajian kuliner ini, sambal pencit menjadi ciri khasnya karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas sehingga memancarkan rasa yang nikmat.

5. Soto mata lembu

Masakan ini menggunakan bahan dasar mata sapi yang masih utuh dan dibungkus dengan tulang. Sup ini dilengkapi dengan bumbu khusus dan dilengkapi dengan beberapa bahan lain, seperti daging dan tentu saja sambal. Meski terlihat mengerikan, banyak wisatawan yang berkunjung ke Bangkalan hanya untuk makan sop ini.

6. Tajin Sobih

Jenis masakan ini mungkin terlihat seperti bubur, tetapi berbeda. Makanan ini disajikan di atas daun pisang berbentuk kerucut. Pada bagian atasnya, makanan ini diberi gula merah cair agar terasa manis. Jenis masakan ini khas daerah Bangkalan dan layak menjadi makanan penutup bagi para wisatawan.

RACHEL FARAHDIBA R

Baca Juga: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Jadi Pasien KPK, Cek Potensi Daerah di Madura

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button