6 Kuliner Jawa Favorit yang Bikin Nagih! : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

6 Kuliner Jawa Favorit yang Bikin Nagih! : Okezone Travel

KEPADANYA Pecinta kuliner wajib mencoba enam wisata kuliner khas Jawa yang populer.

Kuliner khas Jawa ini dijamin membuat wisatawan ketagihan dan ingin menambah porsinya.

Dirangkum MNC Portal, berikut enam wisata kuliner khas Jawa yang populer:

1. Penyeberang Sambal

Sambel Wader merupakan hijauan khas Jawa Timur dengan olahan berbahan dasar ikan. Anda bisa dengan mudah menemukan menu sambal wader di Mojokerto. Waders adalah spesies ikan yang ditemukan di sungai.

Para penyeberang memang kecil, tapi jangan pernah meremehkan kelezatan yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati ikan lezat lainnya di sambal wader.

infografis

2. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan salah satu makanan khas Jawa, khususnya Jawa Tengah. Nasi Gandul berasal dari pati dan memiliki rasa pedas. Menu ini disiram dengan daging sapi, telur, dan saus pedas.

3. Lumpia Semarang

Sajian khas Jawa Tengah yang terbuat dari semarang ini enak disantap selagi masih hangat dipadukan dengan sambal. Isi lumpia khas Semarang adalah rebung (bambu muda). Resep lumpia berbeda untuk setiap daerah, ada yang diisi dengan telur, ayam, udang atau sayuran.

4. Nasi lengko

Makanan khas Jawa Barat ini banyak ditemukan di daerah Cirebon dan Indramayu. Namun, menu ini kini banyak ditemui di daerah lain di Jawa Barat, bahkan di luar provinsi.

5. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah salah satu masakan Jawa Barat yang wajib dicoba. Sate ini merupakan menu khas yang dulunya berasal dari Ciamis. Namun seiring perkembangannya, sate jenis ini mulai merambah ke daerah lain, bahkan di luar Jawa Barat.

Sate ini menggunakan bahan dasar daging kerbau. Daging kerbau dicampur dengan bumbu seperti ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe, kecap manis dan cuka.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button