6 kerajinan khas Bondowoso - WisataHits
Jawa Timur

6 kerajinan khas Bondowoso

Bondowoso merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan sektor pariwisatanya. Tak heran, kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan tiba. Selain itu, Bondowoso ternyata menyimpan produk kerajinan yang sangat unik dan menarik. Beberapa produk kerajinan unik tersebut bahkan telah diekspor ke berbagai daerah dan menjadi pembawa industri kreatif daerah.

Berikut 6 kerajinan khas Bondowoso yang paling unik dan diidamkan. Cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, nih!

1. Kerajinan kuningan

6 Kerajinan tangan paling unik dan paling dicari di BondowosoKuningan Bondowoso. (instagram.com/disperindagprovjatim)

Kerajinan Bondowoso pertama yang menjadi terkenal di seluruh Indonesia adalah kerajinan kuningan. Anda dapat menemukan pengrajin ini di desa Cindogo dan Jurangsapi. Kerajinan kuningan di Bondowoso terkenal dengan banyak fungsinya. Ini termasuk kilau yang lebih tahan lama, warna kuning yang lebih tahan lama, dan berbagai item yang sangat beragam dan berguna.

Pengrajin di Bondowoso juga siap mensupply produk kuningan apapun yang kamu butuhkan, lho! Mulai dari vas bunga, gelas hingga badge bisa dipesan di sini.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Alam Terindah Di Bondowoso

2. Kerajinan Klompen

6 Kerajinan tangan paling unik dan paling dicari di BondowosoKlompen Bondowoso. (ankchabuanget.wordpress.com)

Klompen merupakan produk tradisional berupa sandal kayu. Sandal ini biasanya memiliki bentuk yang unik dengan berbagai ukiran yang menarik.

Klompen, dulunya umum di kalangan wanita. Kini pengrajin Bondowoso hadir dan menawarkan bakiak dengan lebih banyak warna dan model bergaya dan beragam. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

3. Batik tradisional Bondowoso

6 Kerajinan tangan paling unik dan paling dicari di BondowosoBatik tulis tangan Bondowoso. (instagram.com/ijenbatikbondowoso)

Kerajinan batik di Bondowoso terkenal dengan motif khasnya yang sudah ada secara turun temurun. Motif ini sering disebut batik maniak. Motif berupa daun singkong dan daun bambu ini awalnya dibuat dengan menggunakan teknik unik, yaitu mencetak langsung media daun ke atas kain dengan kualitas terbaik.

Batik khas ini dikenal dengan Batik Sumbersari. Anda bisa membeli dan melihat proses pembuatan batik langsung dari Jalan Sukowono I/07-09, Maesan, Bondowoso.

4. Kapal Limbah

6 Kerajinan tangan paling unik dan paling dicari di BondowosoKerajinan dari sisa pelepah pisang. (instagram.com/kerajinanpelepah)

Tak kalah unik dari produk sebelumnya, kerajinan limbah Bondowoso juga memiliki beragam produk super otentik. Scrap yang digunakan sebagai bahan dasar antara lain scrap dari daun pisang, gulungan kain hingga kulit kayu manis.

Potongan-potongan ini kemudian diolah menjadi banyak produk kerajinan kreatif seperti ornamen berbentuk manusia dan hewan, tas, tempat pensil, vas bunga dan gelas. Makanan khas Bondowoso ini kini telah berhasil diekspor ke daerah lain seperti Jogja, Bandung, Batam, lho!

5. Kerajinan Sangkar Burung

6 Kerajinan tangan paling unik dan paling dicari di BondowosoKerajinan sangkar burung. (facebook.com/mizicomefred)

Kabupaten Bondowoso ternyata juga memiliki pabrik yang memproduksi kerajinan sangkar burung yang sangat populer. Dengan menggunakan jenis kayu yang berbeda, pabrik memproduksi massal sarang burung walet di Desa Bondowoso dengan berbagai model dan ukuran.

Harga yang ditawarkan juga cukup berbeda, lho! Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. Pilih sesuai kebutuhan Anda, yuk!

6. Kerajinan Kulit

6 Kerajinan tangan paling unik dan paling dicari di BondowosoKerajinan Kulit Bondowoso. (facebook.com/Vina Herdiana)

Kerajinan khas Bondowoso selanjutnya adalah kerajinan berbahan dasar kulit. Wahana unik ini terletak di Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso. Beberapa produk yang diproduksi antara lain tas, ikat pinggang, dompet dan jaket dengan berbagai macam model, warna dan ukuran.

Mode berbahan kulit selalu tersedia dan tidak lekang oleh waktu. Tak heran, produk Bondowoso ini terus menjadi favorit pembeli bahkan diekspor ke Bali.

Inilah 6 produk kerajinan khas Bondowoso yang sangat unik dan banyak dicari. Cocok untuk oleh-oleh, nih!

Baca juga: 7 oleh-oleh khas Bondowoso, ada kuliner hingga kerajinan tangan yang unik

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button