Informasi lokasi, rute dan fasilitas - WisataHits
Jawa Timur

Informasi lokasi, rute dan fasilitas

Menurut polisi, lebih dari 120 orang tewas dalam tragedi itu Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu malam (10/1/2022). Kehebohan terjadi usai pertandingan sepak bola Liga 1 antara Persebaya dan Arema. Peristiwa menyedihkan ini disesalkan banyak pihak.

Selain itu, stadion dan fasilitasnya kini mengalami kerusakan di beberapa tempat. Selain itu, stadion ini pernah menjadi “rumah” Arema. Nah, berikut ini informasi menarik tentang Stadion Kanjuruhan.

Lokasi Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan: informasi lokasi, rute dan fasilitasStadion Kanjuruhan (google.com/maps/tarik sis)

Stadion Kanjuruhan terletak di Jalan Trunojoyo, Krajan, Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 21 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Suasana duka masih menyelimuti Kota Malang, panorama Stadion Kanjuruhan pada malam hari akan sedikit berbeda. Jika Anda hanya ingin datang dan melihat, sebaiknya berkunjung pada siang hari agar Anda dapat melihat situasi dengan lebih baik.

Rute Menuju Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan: informasi lokasi, rute dan fasilitasStadion Kanjuruhan (google.com/maps/muhammad abil nurjani)

Rute menuju Stadion Kanjuruhan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dan umum. Jika Anda datang dengan sepeda motor atau mobil, Anda dapat memilih rute dari Jalan Kolonel S. Supriyadi, Jalan Kolonel Sugiono dan Jalan Raya Lowokdoro.

Selain itu, Anda juga bisa naik mikrolet dari Terminal Arjosari menuju Stadion Kanjuruhan. Pilih mikrolet biru dengan kode AG, AJG, ABG atau AMG menuju Terminal Gadang. Lanjut, Lewati minibus tujuan Gadang-Karangkates dan turun di pertigaan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kepanjen. FYI, tarif untuk mikrolet ditetapkan Rp 3.000 hingga Rp 4.000.

Lanjutkan perjalanan ke timur dengan berjalan kaki melalui Jalan Sultan Agung. Kemudian belok kanan ke Jalan Panji dan berkendara 1,5 km melewati Kantor DPRD Kabupaten Malang. Sesampainya di Persimpangan Sipur, belok kiri dan jalan kaki 500 meter menuju gerbang barat Stadion Kanjuruhan.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Baca Juga: Unik, Inilah 10 Julukan Kota Malang yang Belum Banyak Orang Tahu!

Kapasitas Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan: informasi lokasi, rute dan fasilitasStadion Kanjuruhan (m.facebook.com/noval lutfianto)

Kapasitas Stadion Kanjuruhan mencapai lebih dari 40.000 penonton. Namun pada tahun 2014, Stadion Kanjuruhan mengalami pemugaran dan penambahan tribun berdiri di pinggir lapangan.

Saat ini diketahui bahwa kapasitas Stadion Kanjuruhan akan mencapai 45.000 penonton, baik yang duduk di bangku cadangan atau berdiri di belakang pagar pembatas lapangan dengan tribun. Penambahan kuota ini dilakukan untuk mengantisipasi jumlah penonton dalam game pertandingan besar.

Fasilitas Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan: informasi lokasi, rute dan fasilitasRibuan Aremania memenuhi Stadion Kanjuruhan saat pertandingan melawan PSIS Semarang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebagai stadion kebanggaan Kabupaten Malang, Stadion Kanjuruhan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bertaraf nasional. Stadion ini dilengkapi dengan 28 toilet di service stand dan 18 toilet di gedung stadion. Selain itu, lampu sorot pena dengan output 320 kilowatt dengan penerangan rata-rata 1.200 lux atau sesuai standar FIFA.

Selain itu, ada juga videotron yang digunakan sebagai papan skor dan sebagai penanda waktu permainan. Ada kolam renang di area stadion ini dalam dan di luar standar internasional, juga diperkenalkan pada tahun 2018.

Layanan lainnya adalah taman lalu lintas, ruang sholat dan ruang konferensi pers. Fasilitas tersebut sengaja dibangun dengan mempertimbangkan Stadion Kanjuruhan untuk memaksimalkan kebutuhan FIFA.

Nah itulah informasi menarik tentang Stadion Kanjuruhan yang perlu kamu ketahui. Semoga suasana damai pertandingan di Stadion Kanjuruhan kembali terdengar di kemudian hari. Selain itu, Anda juga akan menemukan ulasan tempat wisata menarik di kali IDN, Ya memang.

Baca Juga: 8 Potret Stadion Kanjuruhan Pasca Tragedi Arema-Persebaya

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button