Berbagai kerajinan tangan khas di Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Berbagai kerajinan tangan khas di Indonesia

Berbagai kerajinan tangan khas di Indonesia

Ilustrasi Apa Saja Kerajinan Khas Indonesia (Foto: Lighten Up | Unsplash.com) Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan sangat tersebar, masyarakat di setiap daerah mengembangkan budayanya masing-masing.

Alhasil, budaya Indonesia menjadi kaya dan banyak kerajinan unik yang bisa ditemukan. Apa saja kerajinan khas yang ada di Indonesia?

Sebagai warga negara Indonesia, Anda pasti tahu kerajinan tangan khas apa saja yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu kamu akan semakin mencintai budaya Indonesia yang sangat beragam ini.

Apa saja kerajinan khas yang ada di Indonesia?

Ilustrasi kerajinan tangan khas Indonesia (Foto: Aditya Wardhana | Unsplash.com)

Apa itu kerajinan? Dilaporkan oleh kbbi.kemdikbud.go.idArti dari kerajinan adalah:

  • Barang yang dibuat melalui keterampilan kerajinan (seperti tikar, tikar, dll.)

  • sebuah perusahaan (kecil) yang membuat barang-barang sederhana yang biasanya mengandung unsur seni

Apa saja kerajinan khas yang ada di Indonesia? Ada banyak kerajinan khas yang ada di Indonesia, diantaranya sebagai berikut :

Dikutip dari Fakta Menakjubkan Tentang Indonesia; Wisata sejarah, budaya, dan alam di 33 provinsi oleh Kristi et al. (2012), masyarakat daerah Nusa Tenggara Timur memiliki kerajinan khas berupa tenun tradisional.

Selain sebagai pakaian, kain tenun juga digunakan oleh masyarakat NTT sebagai penghormatan kepada seseorang, mahar, dan juga dapat digunakan dalam upacara adat tertentu. Kain tenun memiliki banyak motif, tergantung dari suku mana yang membuatnya.

Kain Songket Palembang memberikan kesan elegan dan mewah bagi yang memakainya. Kain ini terbuat dari benang emas dan benang perak. Pola songket Palembang juga rumit dan indah.

Tradisi pembuatan kain ini masih bertahan sampai sekarang. Songket dijual dalam bentuk lembaran, pakaian jadi, selendang dan kerudung.

3. Boneka Kulit Yogyakarta

Salah satu kerajinan khas masyarakat Yogyakarta adalah boneka kulit yang sangat terkenal. Wayang kulit ini terbuat dari kulit kerbau karena sangat kuat dan tidak mudah bengkok.

Proses pembuatan wayang kulit terbilang rumit, sehingga dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu hingga 4 bulan bagi para pengrajin untuk membuat sebuah boneka kulit dengan kualitas yang sempurna.

Bali sangat terkenal dengan seninya. Salah satu kerajinan khas Bali yang paling unik dan berharga adalah kipas kayu yang terbuat dari kayu cendana. Pada awalnya kipas ini hanya digunakan dalam tarian, sekarang penggunaan kipas cendana lebih banyak.

Ciri khasnya adalah kayu cendana yang harum. Sehingga saat kipas angin menyala, akan mengeluarkan bau yang menyenangkan.

Itulah beberapa kerajinan khas yang ada di Indonesia. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak kerajinan tangan unik lainnya yang tak kalah menarik. (KRISTUS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button