5 Wisata Religi Di Tanah Jawa yang Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi Muhammad SAW : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

5 Wisata Religi Di Tanah Jawa yang Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi Muhammad SAW : Okezone Travel

Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam diperingati setiap 12 Rabiul Awal tahun Hijriah untuk memperingati sekaligus menegaskan bahwa Nabi adalah suri tauladan bagi umat manusia.

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mereka biasanya beradaptasi dengan budaya daerahnya masing-masing. Maulid Nabi tentunya menjadi ajang mempererat tali persaudaraan dan silaturrahmi.

Selain itu, bulan maulid Nabi juga bisa digunakan untuk pertunjukan wisata religi atau haji.

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Berikut daftar 5 destinasi wisata religi di Pulau Jawa yang mungkin bisa Anda kunjungi saat Maulid Nabi:

1. Makam Sunan Giri

Pada hari-hari biasa, makam Sunan Giri hampir tidak pernah sepi dari peziarah. Salah satu wali songo ini mempelajari dakwah Islam Sunan Ampel.

ilustrasi

Kemudian dia mengabarkan lagu anak-anak dengan media. Sunan Giri meninggal pada tahun 150 dan dimakamkan di Desa Giri, Gresik, Jawa Timur.

2. Makan sunan gresik

Syekh Maulan Malik Ibrahim atau dikenal dengan Sunan Gresik adalah seorang Wali Songo yang memiliki garis keturunan atau keturunan Nabi Muhammad SAW dari Husain bin Ali Ra.

BACA JUGA:5 masjid megah dan estetis hasil rancangan Ridwan Kamil, cocok untuk wisata religi

Ia menggunakan strategi dakwah melalui perdagangan atau commerce. Sunan Gresik meninggal pada tahun 1419 dan dimakamkan di desa Gopurosukolilo, Jalan Malik Ibrahim.

Makam Sunan Gresik terletak tidak jauh dari alun-alun kota Gresik, sehingga mudah dijangkau.

3. Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel adalah pendiri Pondok Pesantren Ampeldeta di Surabaya, pesantren tertua di Jawa.

Sunan Ampel dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel Surabaya yang merupakan salah satu wisata religi di Indonesia saat ini.

Di masjid lampu lalu lintas ini, umat Islam tidak hanya bisa menunaikan ibadah haji, tetapi juga berbelanja kebutuhan keagamaan lainnya.

4. Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan salah satu Wali Songo yang terkenal dengan strategi dakwahnya melalui media seni. Dia mengajarkan Islam melalui wayang, lagu dan sastra sufi.

Makam Sunan Bonang terletak di Dusun Kauman, Kabupaten Tuban. Sebagai salah satu wisata religi Indonesia, Makam Sunan Bonang tidak pernah sepi dari peziarah.

Kompleks makam Sunan Bonang menyajikan banyak keunikan. Mulai dari kubah makam Sunan Bonang yang didesain menarik, melalui gerbang masuk bergaya Hindu-Budha hingga Masjid Astana Bonang yang berbatasan langsung.

ilustrasi

5. Makam Suna Drajat

Sunan Drajat dikenal sebagai salah satu tokoh yang menjunjung tinggi kesejahteraan rakyat. Strategi dakwah yang dilakukan Sunan Drajat adalah pendidikan moral masyarakat.

Makam Sunan Drajat terletak di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan. Saat ini makam Sunan Drajat dijadikan sebagai wisata religi yang selalu ramai dikunjungi.

Di makam Sunan Drajat terdapat sebuah sumur tua yang diyakini sudah ada sejak masa pemerintahan Sunan Drajat.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button