6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan! : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan! : Okezone Travel

ADA Ada beberapa destinasi wisata religi di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi selama liburan.

Dirangkum oleh portal MNC, berikut destinasi wisata religi di Yogyakarta:

Masjid Kotagede

Masjid Kotagede Yogyakarta merupakan masjid tertua di kota Yogyakarta. Masjid ini sudah dibangun sejak masa kejayaan Kerajaan Mataram di bawah pemerintahan Sultan Agung. Terletak di kawasan wisata heritage Kotagede, masjid ini masih memiliki ciri klasik.

Jika Anda berwisata di Kotagede, jangan lupa untuk mengunjungi masjid ini. Khusus untuk umat Islam di antara Anda, luangkan waktu untuk merasakan salat di masjid tertua di Yogyakarta ini.

infografis

Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran terletak di Jalan Ganjuran, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Bangunan Gereja Ganjuran tidak sama dengan gereja pada umumnya karena memiliki desain arsitektur yang sangat unik. Gereja ini memiliki bangunan berbentuk seperti candi.

Hal itu tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Kristiani. Tidak hanya itu, hal menarik lainnya adalah Gereja Ganjuran hanya berjarak sekitar 12 kilometer atau sekitar 20 menit dengan mobil dari tempat wisata Pantai Parangtritis.

Kuil Vaikuntha Vyomantara

Candi ini terletak di dalam kompleks AAU di kawasan Janti, Yogyakarta. Pura ini tidak hanya diperuntukan bagi warga Satuan Udara TNI AU tetapi juga untuk umum dimana masyarakat dari luar juga bisa beribadah di pura ini.

Bagi Anda yang ingin merasakan kota Yogyakarta dengan cita rasa Bali, Anda bisa mengunjungi pura ini. Sendang Sono Salah satu tempat wisata rohani Katolik yang terkenal di Yogyakarta adalah Sendang Sono.

Sendang artinya musim semi. Pada tahun 1904, Romo Van Lith datang dan membaptis 173 warga Kalibawang Kulonprogo dengan mata air. Sejak saat itu, tempat ini menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik.

Peristiwa pembaptisan ini tergambar pada relief di salah satu kapel.

Masjid Agung Kauman

Destinasi wisata spiritual di Yogyakarta selanjutnya adalah Masjid Kauman Gedhe. Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid utama Kerajaan Yogyakarta yaitu Kesultanan Yogyakarta. Tempat ibadah yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono ini sangat padat dengan arsitektur khas Jawa.

Desa Nitikan

Destinasi wisata spiritual di Yogyakarta selanjutnya adalah Kampung Nitikan, Umbulharjo. Tidak hanya cocok untuk wisatawan yang menyukai wisata kuliner, Kampung Nitikan juga sangat cocok untuk wisata spiritual. Selama ini Kampung Nitikan menjadi rekomendasi wisata kuliner saat bulan puasa, namun nyatanya di tempat ini juga terdapat beberapa makam orang terkenal. Seperti KH Ahmad Dahlan, KH Ibrahim dan juga Raden Ronggo, putra pendiri Kerajaan Mataram.

Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis adalah salah satu tempat wisata rohani Katolik yang paling unik di Yogyakarta. Jika biasanya Goa Maria adalah goa buatan, maka Goa Maria Tritis adalah goa alami dengan stalaktit dan stalagmit. Gua Maria Tritis terletak di daerah Paliyan, Gunungkidul. Di destinasi wisata religi ini, Anda bisa mendengar decitan kelelawar dan tetesan air di dalam gua. (iNews/Reza Rizki)

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button