5 Wisata Religi Di sekitar lokasi Porseni NU 2023 Solo terdapat makam Santo Ulama - WisataHits
Jawa Barat

5 Wisata Religi Di sekitar lokasi Porseni NU 2023 Solo terdapat makam Santo Ulama

5 Wisata Religi Di sekitar lokasi Porseni NU 2023 Solo terdapat makam Santo Ulama

Makam Habib Anis Al-Habsy Solo (Doc. Republica)

SOLO, Suaranahdliyin.com – Kegiatan Porseni NU tahun 2023 telah menarik perhatian masyarakat Nahdliyin di seluruh Indonesia. Selain semangat untuk saling dukung dan berkompetisi, dinamika ini juga bisa dimanfaatkan untuk wisata religi atau ziarah ke makam tokoh setempat. Berikut 5 tempat wisata religi yang wajib dikunjungi di Solo Raya.

1. Makam Habib Anis bin Alwi bin Ali Al-Habsy

Lokasinya berada di Kompleks Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta. Habib Anis Al-Habsy adalah cucu dari penulis buku ulang tahun Shimtudduror (Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsy).

2. Makam KH. Ahmad Umar Abdul Mannan

Makam KH Ahmad Umar Abdul Mannan (dok.laduni.id)

Lokasinya berada di Kompleks Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan, Jl. Sidoasih Barat 1, Purwosari, Kec. Laweyan, Surakarta. CH. Ahmad Umar Abdul Mannan adalah Kiai pengasuh Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan yang dikenal toleran terhadap suku dan minoritas.

3. Makam KH. Abdullah Saad Ahmadi

Makam Ulama dari Kudus, KH. Abdullah Saad Ahmadi (Dok.Tribune Banyumas)

Lokasinya berada di Kompleks Pesantren Al-Inshof, Plesungan, Kec. Gondangrejo, Cab Karanganyar, Jawa Tengah. CH. Abdullah Saad adalah seorang Kiai dari Kabupaten Kudus yang dekat dengan para Habaib di Solo.

CH. Abdullah Saad juga dikenal sebagai salah satu murid kesayangan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya yang ditugaskan berdakwah untuk wilayah Solo Raya. Semasa hidupnya banyak mendirikan ta’lim dan wirid tarekat di Sragen, Boyolali, Grobogan, Wonogiri, Klaten.

Selain itu, ia juga aktif menulis cerita dan gagasan dari dakwahnya di beberapa buku dan artikel di media massa.

4. Kompleks Makam Alawiyyin di Tipes

Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaff salat di makam ayahnya (Dok. Syekhermania Surakarta)

Lokasinya ada di Jl. Veteran, Topan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Di kompleks makam Tipes banyak terdapat makam Habaib awal yang tinggal di Solo. Diantaranya adalah Habib Abdulqadir bin Abdurrahman Assegaf dan Habib Syech bin Abu Bakar Assegaf.

Habib Abdulqadir bin Abdurrahman Assegaf adalah ayah dari Habib Syech (pendiri Jam’iyyah Sholawat Ahbabul Musthofa). Sedangkan Habib Syekh bin Abu Bakar Assegaf merupakan cucu dari Wali Qutb Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf, Gresik.

Keduanya adalah imam di Masjid Assegaf Solo yang merupakan tanah hibah dari Sinuwun Pakubuwana X.

5. Makam Ki Gede Sala

Ki Gede Sala adalah pendiri kota Solo yang biasa dikenal dengan Sinuwun Pakubuwana II yang memindahkan pusat pemerintahan Mataram Solo dari Kartasura ke Surakarta.

Ia juga dikenal sebagai raja sekaligus pendakwah Islam pertama di wilayah Surakarta. Daerah solo dulunya berupa rawa dan hutan yang dipenuhi pohon sala. Keberadaan Ki Gede Sala itulah yang membuka peluang bagi peradaban maju untuk masuk ke Solo.

Lokasi makamnya ada di Jl. Mloyokusuman, Desa Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Selain itu, masih banyak tempat yang bisa dikunjungi kontingen dan peminat Porseni NU 2023 di Solo. Seperti makam KH. Dian Nafi’ di Komplek Pesantren Al-Muayyad Windan, Makam Ki Ageng Pengging, Boyolali. Makam Ranggawarsita di Klaten dan masih banyak lagi. (rid, tsania, umi, syim/adb)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button