5 Tips Agar Tidak Tertipu Saat Jalan-jalan ke Malioboro Yogyakarta Wajib Diketahui Traveler! : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

5 Tips Agar Tidak Tertipu Saat Jalan-jalan ke Malioboro Yogyakarta Wajib Diketahui Traveler! : Okezone Travel

MALIOBORO merupakan kawasan wisata yang terkenal di kota Yogyakarta. Liburan ke Jogja belum lengkap rasanya jika belum menginjakkan kaki di Malioboro. Ada banyak penjual makanan, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya di sini. Namun yang unik dari Malioboro adalah suasananya.

Malioboro sering dipadati wisatawan. Kondisi ini sering dimanfaatkan oleh individu-individu tertentu untuk melakukan kejahatan seperti: B. menipu atau melecehkan pengunjung dari luar daerah.

Pada Maret 2022, seorang turis ditipu pengendara sepeda saat hendak membeli oleh-oleh Malioboro. Sopir taksi menawarkan untuk membawa para wisatawan ke pusat suvenir murah.

Tapi kenyataannya di sana jauh lebih mahal. Apesnya lagi, pengendara sepeda justru memungut biaya berkali-kali lipat dari kesepakatan semula.

Dua bulan sebelumnya, seorang tukang parkir di dekat Malioboro juga sempat viral, melecehkan bus wisata dari luar daerah hingga Rp350.000.

Nah berikut adalah tips agar Anda tidak tertipu dalam perjalanan ke Malioboro seperti dikutip dari channel YouTube Arkan Wijaya Channel.

1. Mengkomunikasikan tujuan

Direktur Dinas Kebudayaan Yogyakarta Yetti Martanti mengatakan wisatawan harus secara eksplisit menyampaikan tujuan mereka ke transportasi umum, seperti tukang becak di Malioboro. Ini untuk menghindari penawaran di tempat lain. Dimana rasanya kurang sesuai dengan apa yang diinginkan wisatawan.

Namun, Yetti tidak memungkiri bahwa wisatawan ditawari di tempat lain. Anda juga bisa menolaknya dengan baik jika kemudian terpaksa mencari kendaraan lain.

2. Mintalah tingkat keamanan

Hal penting lainnya di Malioboro adalah menanyakan harga jual atau kepastian tarif yang harus dibayar. Jika Anda memiliki kesepakatan dan masuk akal, Anda dapat segera melanjutkan transaksi.

Karena jika membayar tanpa mengetahui harga sebenarnya, orang biasanya menjadi sasaran empuk untuk menaikkan tarif tinggi sesuai keinginannya.

BACA JUGA: Pengunjung Malioboro Disarankan Tetap Pakai Masker, Ini Alasannya

3. Tanya petugas

Jika Anda bingung dan khawatir ditipu dengan bertanya langsung kepada penjual atau tukang becak, Anda bisa bertanya langsung ke petugas kawasan Malioboro.

Jadi kalau ditanya langsung ke petugasnya tidak akan ditipu. Dan dapatkan rekomendasi tempat dan transportasi yang bisa dipilih saat berlibur di Malioboro.

4. Kunjungi website resmi Malioboro

Selain bertanya langsung kepada petugasnya, Anda juga bisa mengunjungi website atau website resmi Malioboro. Akan ada banyak informasi agar wisatawan tidak bingung.

Juga, setiap lokasi di halaman dijelaskan secara rinci tentang lokasi dengan tarif atau harga.

ilustrasi

5. Rekomendasi media sosial (Sosmed)

Zaman semakin menuntut, apalagi dengan adanya media sosial informasi yang dijangkau semakin luas. Sekarang banyak influencer atau YouTuber yang membuat video dan merekomendasikan tempat untuk dikunjungi selama liburan di Malioboro.

Bahkan bagi Anda yang datang karena backpacker, akan mudah mendapatkan informasi mengenai akomodasi, restoran, dan tempat wisata low budget.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button