Puncak Dieng Culture Festival 2022 Banjarnegara, Potong 15 Anak Gimbal - WisataHits
Jawa Tengah

Puncak Dieng Culture Festival 2022 Banjarnegara, Potong 15 Anak Gimbal

TIME INDONESIA, BANJARNEGARA – Mencukur rambut gimbal menjadi puncak acara Dieng Culture Festival (DCF) 2022 pada Sabtu (3/9/2022). Kali ini, 15 anak berambut gimbal mengikuti ritual cukur di pelataran Candi Arjuna Dieng Banjarnegara.

Sejumlah pejabat sempat memangkas rambut gimbal bocah Bajang itu, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pj Bupati Banjarnegara Triharaso Widirahmanto, Ketua DPRD Banjarnegara Ismawan Setya Handoko, Dandim 0704 Lt. Inf Dhanang Agus Setiawan, Kapolres AKBP Hendri Yulianto dan Sekretaris Banjarnegara Indarto. .

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan singkat di hadapan Meruwat. Gubernur mendoakan agar seluruh masyarakat dan wisatawan selalu sehat.

Gimbal-Cukur-2.jpg

Sementara itu, sebelum mengikuti ritual potong rambut, anak berambut gimbal itu diarak dengan kereta emas dalam karnaval budaya bersama kelompok kesenian rakyat di Dieng, Banjarnegara.

Selanjutnya, prosesi Jamasan dilakukan di kompleks Dharmasala. Di kompleks ini, 15 anak diperciki air suci dari 7 mata air dieng.

Jamasan dipimpin oleh Ibu Atiqoh Ganjar Pranowo di ‘dampar palenggahan’ Dharmasala didampingi oleh tetua adat Mbah Sulhani, Mbah Khotijah, Mbah Sumarsono dan Mbah Sumanto.

Setelah itu, rambut gimbal tersebut dirawat dengan memotong rambutnya yang acak-acakan, yang terletak di pelataran candi Arjuna.

Banyak kejadian aneh dan lucu dalam ritual ini. Ada beberapa permintaan anak Bajang yang perlu dipenuhi seperti yang diminta oleh Cantika Wahyu Maira, anak pertama yang dirawat. Gadis cilik kelahiran 9 Agustus 2019 ini ingin membeli handphone berwarna pink.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, memotong rambut gimbal Dewanti Arisandra dengan permintaan unik, yakni membeli sepasang Meri alias bebek kuning. Ganjar kemudian menghadapkan Meri dengan permintaan tersebut.

Pj Bupati Banjarnegara Triharaso Widirahmanto memotong rambut Dwi Novitasari atas permintaan HP Oppo.

Sesepuh adat terus menyanyikan kidung rumekso ing wengi diiringi irama gamelan sambil berdoa agar anak-anak bajang menjadi anak yang arif, taat dan sejahtera.

Gimbal-Bercukur-3.jpg

Agung Yusianto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, mengatakan tahun ini sebanyak 15 anak Bajang ikut serta dalam potong rambut gimbal, sehingga menjadi rekor MURI karena penyelenggaraan DCF tahun ini jumlah anak yang dirawat terbanyak.

“Peserta ruwat rambut gimbal ini tidak hanya berasal dari Dieng dan sekitarnya. Tapi dari berbagai daerah seperti Wonosobo, Batang, Kendal, Pekalongan hingga Jakarta,” ujarnya.

Sedangkan untuk agenda Dieng Culture Festival 2022 malam ini, Jazz Atas Awan menghadirkan penyanyi jazz dari ibu kota Andia, Marcel dan grup Souljah. Ada Andy Noya yang akan menjadi pembawa acara Ngapak Coffee Event bersama Menparekraf Sandiaga Uno. Selama besok, Minggu (4/9/2022), Budaya Kongkow dan Salawat Bersama. Cak Nun, Dieng Banjarnegara akan melakukan pemanasan.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button