5 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

5 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023

5 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023

Banyuwangi

Banyuwangi terletak di ujung Pulau Jawa dan berbatasan dengan Pulau Bali. Sayang sekali jika Anda melewatinya. Ada banyak tempat wisata yang menarik!

Banyuwangi memiliki daya tarik tersendiri baik bagi orang yang ingin ke Bali atau hanya fokus ke kota ini. Hal tersebut tidak mengherankan, karena kawasan ini memiliki banyak sekali objek wisata yang dapat menyenangkan setiap orang yang datang ke sini. Dari pegunungan, savana, pantai hingga laut, semua yang ada di Banyuwangi terasa indah.

Berikut 5 tempat wisata terbaik di Banyuwangi:

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Situbondo BaluranTaman Nasional Situbondo Baluran. Foto: Taman Nasional Baluran Situbondo (Foto: Chuck Shatu Widarsa/ detikJawa Timur)

Apakah Anda ingin melihat padang rumput yang luas dan menyenangkan mata Anda? Mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah langkah yang tepat untuk Anda. Karena di taman nasional ini Anda akan dimanjakan dengan hamparan rumput savana yang luas seperti di Afrika.

Keindahannya tidak ada duanya di Afrika karena juga dihiasi dengan pemandangan gunung sebagai latar belakang. Selain itu juga terdapat beberapa hewan liar yang hidup di savana ini seperti rusa, kerbau dan lain sebagainya.

Apalagi, tur ini menjadi viral setelah Raisa Andriana menjadikan lokasi tersebut sebagai lokasi video klip lagunya yang berjudul Jatuh Hati.

Meski secara geografis Taman Nasional Baluran sebenarnya termasuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo, namun wisata ini juga dekat dengan Banyuwangi dan menjadi objek wisata yang sulit dilewati wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Lokasi : Gerbang Masuk Taman Nasional Baluran, Randu Agung, Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo

2. Sayangnya Taman Nasional Purwo

Banteng jawa (Bos javanicus) berada di sabana Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021).  Hasil pengamatan petugas selama beberapa bulan terakhir menunjukkan 128 ekor banteng Jawa yang diamati setiap hari di sabana Sadengan, atau populasinya meningkat dari sebelumnya hanya 70 ekor.  ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.Sayangnya Taman Nasional Purwo. Foto: ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA

Selain Baluran yang secara geografis terletak di Situbondo, Banyuwangi juga memiliki taman nasional sendiri yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Berbeda dengan Baluran di utara, wisata ini ada di selatan Banyuwangi.

Meski terkenal dengan kesan mistis dan mitos yang menyelimuti wisata ini, taman nasional ini tetap asik untuk dinikmati. Anda juga akan dihadapkan pada perjalanan melewati hutan yang sangat rimbun dan rindang, hingga akhirnya sampai di padang savana yang juga memperlihatkan kesegarannya.

Di padang savana ini Anda bisa melihat hamparan rumput hijau yang luas dan juga terdapat beberapa hewan seperti rusa dan burung yang cantik.

Lokasi: Kutorejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen-BanyuwangiKawah Ijen-Banyuwangi. Foto: Ardian Fanani/detikJawa Timur

Wisata ini sangat identik bahkan menjadi maskot wisata ke Banyuwangi. Bagaimana tidak, karena kawah Ijen menyuguhkan keindahan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kawah Ijen menawarkan pemandangan kawah hijau yang menakjubkan. Juga merupakan ikon bahwa belerang ditambang dalam tur ini.

Dan yang menjadi tujuan sebagian besar traveler saat datang ke sini adalah untuk melihat blue fire yang hanya bisa ditemukan di Kawah Ijen dan Gunung Dallol di Ethiopia. Bahkan diklaim api biru milik Kawah Ijen merupakan yang terbesar di dunia.

Api biru ini tercipta dari hasil pembakaran gas belerang yang keluar dari celah Gunung Ijen yang bersuhu hingga 600 derajat Celcius.

Untuk menuju Kawah Ijen sendiri dibutuhkan pendakian sejauh 3 km dan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam berkendara. Karena berkunjung ke sini membutuhkan pendakian dan bau belerang yang menyengat di sekitar kawah, kegiatan ini tidak disarankan untuk lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, gangguan fungsi hati, mata sensitif, gangguan fungsi tulang belakang, fungsi pernafasan, dan yang memiliki riwayat penyakit berat lainnya.

Namun, status Gunung Ijen saat ini waspada akibat peningkatan aktivitas vulkanik sejak awal Januari lalu.

4. Teluk Hijau

Keindahan alam Pantai Rajegwesi, Teluk Hijau dan Pantai Pulau Merah di Banyuwangi sangat mempesona jika dilihat dari udara.  Keindahan pantai tersebut diabadikan dari helikopter Bell 412 milik Skadron Udara 400 Wing-1 Puspenerbal bersama Pilot Marine (P) V. Oktomiawan dan Copilot Marine (P) Tri Yudha.  Spesial/Sertu Mar Kuwadi.Green Bay. Foto: Istimewa/Sertu Mar Kuwadi.

Terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Hijau atau Green Bay sesuai dengan namanya merupakan sebuah teluk dengan perairan berwarna biru kehijauan yang sangat indah. Ditambah pasir putihnya yang lembut sangat cocok untuk memanjakan mata dan cantik untuk fotografi.

Teluk ini diapit oleh kawasan hijau yang menambah keindahan panorama wisata ini. Karena berada di taman nasional, Anda juga bisa menjumpai hewan seperti monyet di sekitar pantai. Jadi kamu harus jaga baik-baik barang bawaanmu dan jangan dikasih makan, ya!

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi

5. Pantai Sukamade

Bayi penyu terlantar di pantai SukamadeBayi penyu terlantar di pantai Sukamade. Foto: Deny Prastyo Utomo/detikTravel

Selain Teluk Hijau, kawasan Taman Nasional Meru Betiri juga menawarkan wisata indah lainnya yakni Pantai Sukamade yang terkenal sebagai penangkaran penyu. Pantai ini menjadi tempat persinggahan penyu dewasa hampir setiap malam untuk mengubur telurnya.

Sementara itu, bayi penyu biasanya mulai keluar dari telurnya yang terkubur di pagi hari dan kesulitan mencari jalan ke laut. Melihat proses alami ini tentu akan membuat Anda terpana dan mensyukuri indahnya hidup.

Meski lokasinya cukup jauh dari kota Banyuwangi yaitu sekitar 97 km, namun jangan khawatir, tidak jauh dari Pantai Sukamade terdapat homestay dan penginapan untuk Anda bermalam.

Simak video “Kunjungan ke Pusat Pembuatan Terompet di Banyuwangi”.
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button