Setelah perayaan pernikahan Kaesang - Erina, Pura Mangkunegaran dibuka kembali untuk wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Setelah perayaan pernikahan Kaesang – Erina, Pura Mangkunegaran dibuka kembali untuk wisatawan

TEMPO.CO, solo – Candi Mangkunegaran dibuka kembali untuk wisatawan atau pengunjung pada Senin, 12 Desember 2022. Sebelumnya, objek wisata itu ditutup sekitar lima hari sebelum Thanksgiving untuk pernikahan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, dengan Erina Gudono, yang berlangsung di sana, Minggu, 11 Desember 2022.

“Mulai hari ini, 12 Desember 2022, Candi Mangkunegaran sudah dibuka kembali untuk wisatawan,” kata Pj Administrator Pariwisata Joko Pramudyo, Senin.

Joko mengatakan, penutupan Pura Mangkunegaran menjelang akad nikah Kaesang dan Erina dengan pertimbangan persiapan yang bisa dilakukan saat itu bisa dimaksimalkan, termasuk dari segi keamanan pariwisata, yang kurang baik jika kawasan itu dibuka untuk umum.

Diakui Joko, keberadaan Candi Mangkunegaran semakin dikenal masyarakat luas setelah digelar acara Kaesang dan Erina di lokasi tersebut. “Semoga semakin banyak orang yang mengunjungi Candi Mangkunegaran Solo,” ujarnya.

Pada Senin, Joko mengatakan turis sudah mengunjungi Candi Mangkunegaran. Mereka adalah rombongan mahasiswa asal Malang yang naik empat bus.

Biasanya wisatawan yang datang ke Candi Mangkunegaran berasal dari berbagai daerah, seperti Kediri, Yogyakarta, Medan dan daerah lainnya, bahkan Malaysia.

Joko memastikan pembongkaran peralatan untuk acara tasyakuran tidak mengganggu pengunjung. “Besok pasti jernih, dan Pendopo Ageng juga bisa dilalui pengunjung. Selanjutnya gamelan bisa dimasukkan kembali,” ujarnya.

Pura Mangkunegaran di Solo menjadi tempat upacara pernikahan mertua Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Sekitar 3.000 tamu undangan datang ke acara tersebut pada hari Minggu.

Baca juga: Ngunduh Mantu di Loji Gandrung, Jokowi mengajak masyarakat untuk belajar budaya

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button