5 juta wisatawan diperkirakan akan menyerang DIY selama liburan Nataru - WisataHits
Yogyakarta

5 juta wisatawan diperkirakan akan menyerang DIY selama liburan Nataru

Jakarta, CNNIndonesia

Hingga 5 juta wisatawan diperkirakan akan menyerbu sejumlah tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.DIY) selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal menyebut angka tersebut lebih tinggi dari prediksi Pemda DIY yang menyebutkan 4 juta orang akan masuk selama periode tersebut.

“Sekitar 5 juta orang dan saat ini bertepatan dengan liburan sekolah,” kata Alfian, Kamis (22/12).

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pihaknya mengharapkan kemacetan lalu lintas terjadi di beberapa tempat wisata seperti Tebing Breksi dan Bukit Obelix di Sleman, serta jalur wisata pantai di Bantul dan Gunungkidul.

“Kami jamin tidak akan ada kemacetan, roda akan berputar dan arus lalu lintas tetap lancar,” jelasnya.

Kawasan Gumaton atau Tugu, Malioboro dan Keraton di Kota Yogyakarta juga digadang-gadang akan menjadi magnet wisata yang kuat. Pengalihan lalu lintas di beberapa ruas jalan lokal nantinya akan diberlakukan dengan berbagai syarat.

Secara total, polisi negara bagian DIY mempekerjakan 2.057 orang.

“Kami mengerahkan 2.057 karyawan. Nanti kami libatkan tokoh-tokoh ormas dan kelompok kepentingan terkait,” kata Irjen Pol DIY Suwondo Nainggolan usai panggilan Ops Force Lilin Progo 2022 di Mapolres DIY, Sleman, Kamis (22/12).

Untuk kelancaran pesta Natal nanti, pegawainya dikerahkan di tempat-tempat ibadah untuk melakukan pengamanan dan sterilisasi.

3.082 orang menjaga NTT

Dari wilayah timur Indonesia, Polda NTT menyiagakan 3.902 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Khususnya 1.900 pegawai Polri,” kata Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma kepada media, Kamis (22/12) usai pengerahan pasukan.

Pengamanan Nataru juga melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait dari TNI, Satpol PP dan PT Jasa Raharja. Dia mengungkapkan, selain institusi TNI/Polri, potensi masyarakat lainnya juga dilibatkan agar semua bisa berpartisipasi.

“Untuk keamanan, potensi yang ada di masyarakat juga diperkuat,” ujarnya.

Ia mengingatkan, perayaan Natal di NTT harus bebas petasan dan masyarakat juga diimbau tidak mengonsumsi alkohol karena Natal adalah sukacita.

menentukan tindakan keras oleh perusuh di Sulawesi Selatan

Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Nana Sudjana menegaskan akan menindak tegas para teroris dan mereka yang mengganggu kebaktian malam Natal.

“Dalam hal ini, kami fokus pada pencegahan. Namun, kami akan menindak tegas para pelaku yang dapat mengganggu perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Nana, Kamis (22/12).

Dalam Operasi Lilin 2022 yang berlangsung pada 23 Desember hingga 2 Januari 2023, Kapolda Sulsel mengerahkan 4.670 personel gabungan.

“Jumlah pengamanan Polda Sulsel bersama TNI, Pemda dan dengan pelibatan masyarakat sebanyak 4.670. Terdiri dari 2.429 dari anggota Polri dan 2.151 dari aparat, yakni 500 dari TNI, Pemda, Kemenhub, Jasa Raharja, Basarnas,” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(kum/eli/mir/ain)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button