5 Destinasi Wisata Populer di Gunungkidul Yogyakarta - WisataHits
Jawa Tengah

5 Destinasi Wisata Populer di Gunungkidul Yogyakarta

Suara.com – Yogyakarta yang tak pernah kehilangan pesonanya kembali menghadirkan surga baru bagi para wisatawan. Salah satu tujuan wisata yang paling populer adalah Gunungkidul. Identik dengan daerah yang dulu dikenal tandus, gersang dan rawan kekeringan, Gunungkidul saat ini memiliki beragam tempat wisata mulai dari gua hingga pantai.

Tak heran jika Gunungkidul dikenal sebagai kawasan seribu wisata. Di kawasan ini, wisatawan juga dapat menikmati danau buatan di atas bukit, yang menjadi pilihan Yogyakarta pada klimaks acara ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan diselenggarakan pada Januari 2023 diharapkan dapat menjadi pendorong perekonomian. pemulihan Para pelaku pariwisata dan industri kreatif.

Seperti yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resmi pada 18 Januari, “Semoga kepemimpinan Indonesia di ASEAN Tourism Forum dapat membawa kebangkitan ekonomi, dan peluang ekonomi ini juga akan diikuti oleh penciptaan lapangan kerja yang sudah ada. dibutuhkan di sektor pariwisata,” katanya.

Sudah siap menjelajahi tempat wisata alam Yogyakarta? Nah saat merencanakan liburan jangan lupa nonton NGATRI atau Ngobrol bareng Mas Menteri dengan bintang tamu setiap akhir pekan dan seru LIVE chat di akun Instagram @pesona.indonesia.

Baca Juga: Cek Fasilitas dan Harga Sleeper Bus Rute Jakarta-Yogyakarta

Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar dan mention 3 orang teman kamu untuk ikutan dan menangkan berbagai hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Berikut 5 destinasi wisata populer di Gunungkidul yang layak untuk dikunjungi

1. Embung Batara Sriten

Salah satu objek yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat melepas penat dan istirahat dari kesibukan aktivitas adalah objek wisata alam Embung Batara Sriten. Waduk ini terletak di Perbukitan Baturagung Utara, Sriten Padukuhan, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dari kota Jogja. Embung Batara Sriten merupakan salah satu waduk buatan tertinggi di Gunungkidul dengan ketinggian sekitar 859 meter di atas permukaan laut, juga konon merupakan waduk tertinggi di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tidak hanya keindahan alam, di sekitar kolam ini juga terdapat kebun buah-buahan seperti kelengkeng, manggis dan lain-lain. Saat Anda berada di puncak Gunungkidul, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit. Embung Batara Sriten tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga tempat wisata spiritual yaitu sebagai tempat pemujaan Syekh Walijati. Untuk masuk ke kawasan Embung Batara Srinten Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang.

Baca Juga: Kota Yogyakarta Pastikan Semua SD dan SMP Terapkan Kurikulum Mandiri

2. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang terletak di Kawasan Wisata Gunung Api Purba, tepatnya di Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini memiliki keindahan yang berbeda dari air terjun pada umumnya karena terletak di area persawahan bertingkat dan memiliki tujuh tingkatan air terjun. Untuk menuju lokasi bisa melalui Jalan Wonosari atau melalui jalan menuju kawasan Sindangsari Sleman.

Akses menuju tempat yang cukup baik dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4 selama 1-1,5 jam dari kota Jogja. Trekking menuju air terjun yang cukup menantang saat menyusuri tebing dan hamparan sawah terasering memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit. Untuk menikmati pemandangan ini, Anda akan dikenakan harga tiket Rp 7.000.00 per orang, namun biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Saat berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang, disarankan untuk membawa bekal atau minuman dari rumah.

3. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Kayen, Sampang, Kecamatan Gedang Sari, Kegubernuran Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini terletak di antara bebatuan yang indah dan suasana yang menyenangkan membuat sayang untuk melewatkan tempat ini. Akses menuju air terjun ini cukup mudah karena berada dipinggir jalan. Jika Anda ingin menghabiskan akhir pekan bersama teman, sahabat atau keluarga, waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari saat cuaca cerah untuk mendapatkan keindahan yang maksimal.

4. Gudang batu

Watu Lumbung adalah wisata alam perbukitan batu purba di Dusun Kedungranti, Desa Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Tempat ini memiliki simbol utama berupa sebuah batu besar dan dikelilingi oleh bebatuan yang menjadi daya tarik tersendiri. Ada berbagai spot foto menarik dengan background di kawasan Watu Lumbung. Selain itu, Anda bisa bersantai dan menikmati indahnya alam di gazebo atau sekedar duduk-duduk di atas tikar. Daerah ini cukup sejuk di pagi hari dan tenang di malam hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari. Jangan khawatir, ada warung yang menawarkan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Anda bisa menikmati sunset ditemani wedang dan jajanan sambil menikmati suasana alam yang tenang dan asri.

5. Renda Segoro

renda segoro.renda segoro.

Puncak Segoro adalah tempat wisata terbaru di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Prefektur Gunungkidul, Yogyakarta. Dinamakan Puncak Segoro karena terdapat puncak dan Segoro yang berarti laut. Puncak Segoro terletak di tepi selatan Kota Jogja, lebih tepatnya di tebing yang memiliki pemandangan langsung Samudera Hindia. Tak heran jika tempat wisata populer ini menjadi salah satu spot terbaik bagi Anda yang ingin melihat sunset di kawasan Gunungkidul.

Tersedia juga berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap, seperti tempat parkir yang luas, toilet dan mushola. Sebelum bepergian, pastikan Anda memiliki vaksin booster juga, dan usahakan untuk mengikuti protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker yang benar, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak sosial agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang destinasi wisata dan inspirasi industri kreatif #DiIndonesiaAja dengan mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok: @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia dan website www.visit indonesia .travel .

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button