5 Destinasi Wisata Bersejarah yang Bagus Dikunjungi di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

5 Destinasi Wisata Bersejarah yang Bagus Dikunjungi di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Lingkarjateng.id – Sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tempat wisata sejarah ramai dikunjungi dan menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Berkunjung ke destinasi wisata sejarah juga sebagai tanda cinta tanah air karena ingin mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Ada beberapa destinasi wisata sejarah yang Anda kunjungi hanya untuk berlibur atau untuk menambah pengetahuan. Berikut beberapa destinasi wisata sejarah yang direkomendasikan untuk Anda, yaitu:

1. Monumen Proklamasi

Monumen pengumumanSumber: Gmaps/Heripal

Monumen Proklamasi merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi saat Hari Kemerdekaan Indonesia. Tugu Proklamasi adalah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang berdiri di kompleks Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

Taman ini terletak di bekas kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56 atau sekarang dikenal sebagai Jalan Proklamasi. Sementara itu, rumah tempat pembacaan Proklamasi Kemerdekaan telah dibongkar sejak tahun 1960-an.

Pada titik ini, Ir. Soekarno didampingi oleh Moh. Hatta membacakan naskah proklamasi sekaligus sebagai tanda kemerdekaan Indonesia.

2. Gedung Joang 45

Gedung Joang 45Sumber: Loka World Instagram

Destinasi wisata sejarah yang cocok untuk dikunjungi di Hari Kemerdekaan Indonesia adalah Gedung Joang 45. Gedung Joang 45 terletak di Jalan Menteng Raya nomor 31, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Gedung Joang 45 adalah hotel yang dikelola oleh keluarga LC Schomper. Keluarga Schomper harus merelakan hotelnya karena penyerahan tanpa syarat pemerintah Hindia Belanda kepada Jepang pada tahun 1942.

Akhirnya pada detik-detik kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus, gedung ini berhasil direbut oleh para pemuda Indonesia untuk kemudian dijadikan sebagai tempat pendidikan dan pelatihan. Kini di gedung Joang 45 masih terdapat benda-benda bersejarah perjuangan pemuda Indonesia.

3. Lawang Sewu

Lawang SewuSumber: Instagram Mitha Arini

Lawang Sewu juga menjadi destinasi wisata sejarah yang wajib dikunjungi saat Hari Kemerdekaan Indonesia. Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan dari zaman kolonial. Lawang Sewu dulunya merupakan tempat kedudukan perusahaan kereta api ketika Belanda masih berkuasa di Indonesia.

Saat ini Gedung Lawang Sewu dijadikan museum yang menyajikan berbagai lokasi perkeretaapian di Indonesia dari masa ke masa.

Koleksi yang dipamerkan antara lain: Alkmaar Collections, mesin Edmonson, kalkulator, mesin ketik, replika lokomotif uap, surat berharga dan masih banyak lagi. Saat Anda mendekati pintu keluar, ada perpustakaan yang penuh dengan buku-buku tentang kereta api.

Lawang Sewu terletak di jantung Kota Semarang, tepatnya di Kompleks Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Kota Lama Semarang

Kota Lama SemarangSumber: Instagram Baysaraka

Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah. Kota Tua Semarang memiliki unsur budaya dan sejarah yang sangat kental, termasuk banyak bangunan bergaya kolonial antik.

Dulunya, kompleks Kota Lama sudah ada sejak abad ke-17 dan menjadi salah satu pusat pemerintahan Belanda. Awalnya, kota tua itu adalah bagian dari benteng seluas 31 hektar yang disebut Fort Vijhoek. Benteng ini mengelilingi kompleks kediaman Belanda sebagai langkah defensif dan protektif.

Kota Lama Semarang terletak di Kecamatan Semarang Utara, tepat di tepi Sungai Mberok di kawasan Tanjung Mas Kota Semarang. Tertarik untuk datang ke sini nanti saat Hari Kemerdekaan Indonesia?

5. Kembalinya Tugu Jogja

Tugu Jogja kembaliSumber: Instagram Ibenn25

Tugu kepulangan Jogja ini juga cocok dikunjungi saat Hari Kemerdekaan Indonesia. Wisata sejarah yang lebih dikenal dengan sebutan Monjali ini merupakan museum peringatan kembalinya kota Yogyakarta dari penjajahan Belanda.

Monjali berisi 4 ruang museum dengan barang-barang yang berhubungan dengan Proklamasi, Perang Gerilya, Serangan Umum pada tahun 1949.

Tugu Jogja Kembali terletak di Jalan Lingkar Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dari kelima destinasi tersebut, mana yang akan Anda kunjungi? (Jaringan Lingkar | Shinta – Lingkarjateng.id)

Source: lingkarjateng.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button