8 Tempat Wisata Dekat Pantai Kukup, Kamu Bisa Melihat Sunset - WisataHits
Yogyakarta

8 Tempat Wisata Dekat Pantai Kukup, Kamu Bisa Melihat Sunset

KOMPAS.com – Pulau Jumino di Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta ditutup sementara. Penutupan itu terkait dengan perlunya penyelidikan polisi atas peristiwa pembunuhan di objek wisata tersebut.

Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kukup tidak bisa menikmati panorama dari view point di atas Pulau Jumino. Kapan situs itu akan dibuka kembali untuk umum belum bisa dipastikan, seperti dikutip Kompas.com (18/11/2022).

Baca juga: Pulau di Pantai Kukup Gunungkidul Ditutup Sementara

Jalur pendakian di Pantai Kukup di Gunungkidul, YogyakartaShutterstock/Ibenk_88 Jalur pendakian di Pantai Kukup di Gunungkidul, Yogyakarta

Meskipun demikian, wisatawan tidak boleh berkecil hati. Karena di sekitar Pantai Kukup masih terdapat tempat wisata yang tak kalah menarik. Bahkan, wisatawan bisa melihat panorama matahari terbenam (sunset) dari tempat wisata ini.

Wisata dekat Pantai Kukup

Kompas.com telah merangkum tempat wisata di sekitar Pantai Kukup yang bisa dikunjungi wisatawan sebagai berikut

1. Pantai Baron

Pantai Baron, Gunungkidul saat airnya berwarna coklat.  Jumat (18/11/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Pantai Baron Gunungkidul saat airnya berwarna coklat. Jumat (18/11/2022)

Pantai Baron berjarak sekitar 1,6 kilometer (km), dengan 5 menit berkendara dari Pantai Kukup.

Mengutip Kompas.com (22/4/2022) pantai ini dikenal sebagai habitat ikan sehingga banyak kapal nelayan yang berlabuh. Wisatawan bisa menemukan banyak olahan seafood di sekitar Pantai Baron.

Pantai ini berbentuk U dan dikelilingi tebing sehingga ombaknya tidak terlalu besar. Pasir Pantai Baron berwarna coklat dengan air laut berwarna biru kehijauan.

Tidak jauh dari pantai terdapat kompleks mercusuar Tanjung Baron yang terletak di atas bukit berbatu. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Prefektur Gunungkidul.

Baca Juga: Berwisata Ke Pantai Baron Gunungkidul, Jangan Kaget Kalau Airnya Berubah Menjadi Coklat

2. Sepanjang pantai

Pantai Sepanjang, Gunungkidul, YogyakartaDermaga. Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Yogyakarta

Pantai Sepanjang memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai yang ada di kawasan Gunungkidul, berdasarkan informasi dari website Kunjungan ke Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Jogja.

Untuk menuju Pantai Sepanjang, wisatawan hanya perlu berkendara sekitar 11 menit ke arah timur dari Pantai Kukup. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Tanjung Sari, Prefektur Gunungkidul.

Keunikan Pantai Sepanjang adalah menawarkan keindahan Pantai Kuta tempo dulu. Pantai berpasir putih yang membentang dari barat ke timur ini dibatasi oleh perbukitan berbatu.

Saat air surut, pengunjung bisa melihat habitat berbagai biota laut yang tersembunyi di antara bebatuan. Air surut juga dimanfaatkan warga sekitar untuk mengumpulkan rumput laut untuk dikonsumsi sendiri atau dijual sebagai hasil olahan.

Baca Juga: Musim Ubur-Ubur Tiba, Ini 5 Tips Aman Bermain di Pantai Gunungkidul

3. Pantai Lolang

Pantai ini tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Sepanjang, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul,

Meski asing, keindahan Pantai Lolang tak kalah menarik dengan pantai lainnya. Mengutip Tribun Berita WikiPantai ini memiliki pasir putih dan dikelilingi perbukitan karang.

Saat air pantai surut, bebatuan di sekitar pantai menjadi terlihat. Selain bebatuan, pantai ini juga memiliki kolam di puncak bukit yang berfungsi sebagai tempat berteduh.

Baca Juga: Wisata Pantai di Yogyakarta, Mengunjungi Pantai Gunungkidul

4. Pantai Watu Katak

Pantai Watu Kodok Shutterstock Pantai Watu Kodok

Mengutip situs tersebut Kunjungi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Jogja Yogyakarta, Nama Watu Kodok berarti katak batu. Asal usul nama ini adalah adanya dua tebing berbatu di sisi barat dan timur pantai yang berbentuk seperti katak.

Jarak tempuh dari pantai Kukup sekitar 3,1 km dengan waktu tempuh sekitar 9 menit. Akses menuju Pantai Watu Kodok terbilang mudah karena jalannya sudah bagus.

Pantai Watu Kodok memiliki panjang garis pantai yang mencapai 600 meter. Pantainya masih alami dengan pasir putih dan air laut yang biru.

Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Prefektur Gunungkidul.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button