5 Destinasi Kuliner di Indonesia yang Wajib Dicoba - WisataHits
Jawa Barat

5 Destinasi Kuliner di Indonesia yang Wajib Dicoba

Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com – Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman kuliner. Makanan Indonesia terkenal di luar negeri dengan rempah-rempahnya.

Seni kuliner menjadi magnet tersendiri di setiap daerah. Bahkan, beberapa telah menjadi ikon wisata yang mampu menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Oleh karena itu, keanekaragaman kuliner Indonesia harus diperkenalkan dan dilestarikan untuk menjaga eksistensinya. Ini juga salah satu yang paling disorot William Wongso dalam program Beginu yang bertajuk “Wisata Kuliner untuk Perluas Budaya Indonesia”.

Penawaran kuliner berupa makanan atau jajanan khas suatu destinasi wisata banyak diminati oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Bagi mereka, mencoba kuliner lokal menjadi pengalaman yang terlupakan.

Untuk itu, berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya.

Dari situs Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, berikut destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi di berbagai kota di Indonesia:

Kawasan yang identik dengan Gudeg ini merupakan kawasan yang terkenal dan bersejarah di Jalan Wijilan. Lebih tepatnya, terletak di sebelah selatan Plengkung Tarunasura atau dikenal dengan Plengkung Wijilan di sebelah timur Alun-alun Utara.

Baca juga: Bagaimana agar tetap relevan di tengah perubahan

Di tempat ini berjejer tempat makan yang memberikan kehangatan. Makanan yang terbuat dari nangka muda dan santa claus, gudeg biasanya disantap dengan berbagai lauk pauk.

Rasanya yang manis dan gurih karena perpaduan bumbu areh membuat gudeg menjadi makanan favorit banyak orang.

2. Kya-Kya, Surabaya

Kawasan Pecinan yang terletak di Jalan Kembang Jepun, Kecamatan Pabean, Kota Surabaya, Jawa Timur ini merupakan tempat wisata dengan ornamen khas China yang dilengkapi dengan becak bagi pengunjungnya.

Di kawasan ini, perpaduan cita rasa Surabaya dengan makanan khas China disajikan. Salah satu jajanan unik dari tempat ini adalah Pia at Victory Pia Shop.

3. Pasar Lama, Tangerang

Bagi pengguna media sosial khususnya Instagram dan Tiktok, Pasar Lama Tangerang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Salah satu kabupaten di Kota Tangerang yang ramai dikunjungi anak muda ini menawarkan beragam pilihan kuliner untuk Anda cicipi.

Jika berkunjung ke Pasar Lama Tangerang, disarankan untuk berjalan kaki agar lebih leluasa membeli berbagai jenis kuliner yang ditawarkan.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya dan Cara Penggunaannya

Salah satu makanan yang bisa ditemui adalah jajanan masa kecil, seperti telur gulung. Tak hanya itu, ada juga hidangan nusantara seperti surabi hijau dengan pilihan rasa durian atau pandan.

Spot di Jalan Suryakencana ini menyajikan beragam spot kuliner yang sudah berdiri puluhan tahun. Salah satu legendanya adalah lumpia basah, yang sudah ada sejak tahun 1972.

Lumpia basah khas Bogor berbeda dengan lumpia Semarang. Pasalnya, isiannya berupa irisan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, dan telur.

Pantai Losari di Makassar, bergeser ke bagian tengah Indonesia, menawarkan cita rasa yang lezat melalui berbagai makanan khas Makassar yang unik seperti Coto Makassar dan Pisang Epe. Tak hanya itu, sebagian besar sembako dijual dengan harga terjangkau.

Pisang epe terbuat dari pisang kepok yang dibakar dan ditaburi gula merah. Sementara itu, Coto Makassar memadukan ketupat, jeroan sapi, dan kuah kaldu yang lembut dengan cita rasa autentik.

Simak perbincangan menarik Wisnu Nugroho dengan William Wongso dalam acara Beginu bertajuk “Wisnu Kuliner untuk Perluas Budaya Indonesia” yang dapat diakses melalui tautan di bawah ini

Simak juga episode terbaru Siniar Beginu yang tayang setiap hari Rabu. Program yang dipimpin oleh Wisnu Nugroho, Jurnalis, Penulis dan Pemimpin Redaksi Kompas.com ini membahas paradoks kehidupan dan mengungkap realitas di balik “fakta”.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button