Pantai Teluk Awur Jepara – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Teluk Awur Jepara – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Teluk Awur merupakan wisata pantai favorit di Jepang untuk menikmati matahari terbenam. Pantainya dihiasi dengan pemandangan hutan bakau, tempat nongkrong dan berbagai atraksi air.

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Teluk Awur, Telukawur, Kec. Setiap tahun, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Berlibur bersama teman atau keluarga memang sangat menyenangkan dan dinanti-nantikan. Namun banyak orang yang belum mengetahui cara memilih destinasi liburan yang cocok. Anda bisa mencoba liburan pantai Teluk Awur. Tempat wisata ini sangat dikenal oleh penduduk Jepara karena keindahan pemandangan alam yang ditawarkannya.

Tempat wisata ini tidak akan membuat Anda menghabiskan banyak uang. Apalagi banyak wisatawan yang membawa keluarganya untuk berlibur ke tempat ini, sehingga membuktikan bahwa pantai ini sangat cocok sebagai tujuan liburan bersama teman atau keluarga. Apalagi ada banyak wahana seru yang bisa kamu coba di objek wisata ini.

Tempat wisata ini juga merupakan satu-satunya pantai yang belum dikelola oleh pemerintah. Meski begitu, pantai ini sangat layak dikunjungi saat akhir pekan atau liburan panjang telah tiba. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang informasi pantai Teluk Awur. Berikut adalah beberapa informasi tentang tempat tersebut.

Atraksi Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk AwurKredit gambar: Google Maps Bahrul Ulum

Tempat ini memiliki beberapa keunggulan karena dapat menarik perhatian banyak wisatawan yang berlibur ke sini. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki tempat ini.

1. Pemandangan yang sangat bagus

Tempat wisata ini sering dikatakan menyerupai Pantai Bandengan karena memiliki kontur yang lembut berpadu dengan hamparan pasir putih yang lembut dan indah. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan dari objek wisata ini.

Anda juga dapat menemukan pohon bakau yang menghiasi lokasi wisata. Fungsi pohon ini adalah untuk menahan abrasi dan memberikan keteduhan di pantai ini.

2. Mitos air pantai bisa dijadikan obat

Tidak diragukan lagi bahwa air di pantai ini sangat jernih dan bersih. Sebagian besar penduduk setempat percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan segala penyakit. Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong ke pantai ini untuk berenang.

Mitos ini berasal dari kisah pembunuhan Joko Wongso. Joko Wongso adalah seorang raja yang menyamar sebagai nelayan atau nelayan. Raja dibunuh oleh pengawal kerajaannya, Den Ayu Roro Kuning.

Den Ayu Roro Kuning adalah wanita cantik yang berencana membunuh Raja Joko Wongso bersama suaminya sendiri, Syekh Abdul Aziz. Itu karena raja ingin melamar Roro Kuning. Oleh karena itu, suami istri ini mencari cara yang berbeda untuk membunuh raja.

Rencana pasangan itu adalah menuduh Joko Wongso sebagai mata-mata untuk kerajaan musuh. Dia dijatuhi hukuman mati tanpa penyelidikan lebih lanjut. Oleh karena itu, pantai ini disebut Pantai Teluk Awur. Kata “teluk” berasal dari kata meninggalkan dan kata “Awur” berasal dari kata ngawur yang berarti sembrono.

3. Festival atau acara tradisional

Pesta adat sering diadakan di berbagai pantai di kota Jepara. Acara ini akan berlangsung seminggu setelah Idul Fitri dan pada puncak minggu Syawalan. Pada tanggal-tanggal tersebut akan diadakan lomba sedekah di laut atau yang disebut dengan festival Lomban. Pesta ini merupakan acara tahunan bagi masyarakat setempat.

Berbagai acara yang diselenggarakan di pantai ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat setempat karena telah berhasil menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Acara ini juga ternyata membuat banyak wisatawan penasaran sehingga banyak pengunjung yang datang untuk melihat pertunjukan tradisi ini.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Teluk Awur

Alamat Pantai Teluk AwurKredit gambar: Google Maps Rina Mufa

Akses untuk menuju tempat wisata ini cukup mudah. Selain itu, pemerintah setempat juga telah menyediakan beberapa pemandu untuk memudahkan wisatawan menemukan lokasi pantai.

Jika Anda berangkat dari kota Semarang, akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Jika Anda berangkat dari Kota Kudus, akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Kedua rute tersebut melewati jalan Kudus-Jepara. Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga melewati pasar Pecangaan. Kemudian Anda akan menemukan perempatan, belok kiri ke Jalan Sunan Mantingan, Jawa Tengah. Setelah itu Anda hanya perlu berjalan kaki langsung menuju lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur Jepara

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur JeparaKredit gambar: Google Maps Afita Habibana

Tidak perlu khawatir dengan harga yang harus dibayar untuk bisa masuk dan menikmati keindahan pantai ini. Tarif ditentukan oleh pengelola tergantung hari atau tanggal Anda datang berlibur.

Jika Anda berlibur dari Senin hingga Kamis, Anda tidak perlu membeli tiket atau gratis. Jika Anda pergi berlibur pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 2.000.000 per orang. Jika Anda berlibur di minggu Idul Fitri atau Syawal, akan dikenakan tarif sekitar Rp10.000 per orang.

Anda juga harus membayar bila menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan pengelola. Harga parkir kendaraan roda dua gratis, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Biaya penggunaan WC untuk menyiram badan sekitar Rp 3.000,00. Sewa pelampung atau ban renang sekitar Rp 10.000.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Teluk Awur

Aktivitas Menarik Pantai Teluk AwurKredit gambar: Google Maps Dwi WL

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berlibur di tempat ini. Berikut beberapa aktivitas yang harus Anda coba.

1. Memancing

Bagi anda yang hobi memancing, akan sangat cocok untuk memilih pantai ini sebagai tujuan liburan anda. Ada banyak ikan yang sangat menarik untuk ditangkap. Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak orang atau beberapa komunitas yang datang untuk memancing di pantai ini.

Tempat pemancingan biasanya ramai pada hari libur atau akhir pekan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa alat pancing dan peralatan pancing Anda. Jika Anda tidak membawanya, cobalah mencari toko joran yang tidak jauh dari pantai.

2. Lokasi strategis untuk menikmati sunset

Jika Anda ingin melihat matahari terbenam di kota Jepara, pergilah ke pantai Teluk Awur. Pemandangan matahari terbenam di tempat wisata ini sangat indah. Anda juga bisa melihat efek fatamorgana yang memungkinkan wisatawan melihat langit jingga.

Suasana objek wisata ini juga sangat nyaman, sehingga sangat menguntungkan saat melihat sunset. Kombinasi angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak akan berhasil memenangkan pikiran Anda. Sangat romantis ketika Anda membawa pasangan Anda ke tempat ini.

3. Berenang

Hal utama yang harus Anda lakukan saat pergi berlibur ke pantai pasti berenang. Anda tidak perlu khawatir untuk berenang karena ombaknya cukup tenang sehingga tidak terlalu berbahaya bagi wisatawan. Airnya juga sangat jernih dan bersih, sehingga tidak gatal di badan.

Jika Anda tidak pandai berenang, Anda bisa menyewa pelampung bebek atau ban. Harganya cukup murah dan masuk akal. Anda juga dapat memainkan beberapa wahana yang telah disediakan oleh pengelola seperti flying fishing boat, jet sky, banana boat dan lain-lain. Anda juga harus membayar untuk memainkan game ini.

4. Ambil gambar

Pemandangan indah dari pantai hit ini tidak bisa diabaikan. Anda juga bisa mengabadikan keindahan tempat ini dalam sebuah foto. Oleh karena itu, bawalah kamera yang mampu memotret pantai dengan pesona yang luar biasa ini.

5. Warung makan dengan hidangan lezat

Anda akan sangat lapar jika menghabiskan sepanjang hari bermain di tempat wisata ini. Anda tidak perlu khawatir karena ada solusinya. Ada banyak warung yang bisa Anda temukan di sekitar pantai untuk menghilangkan rasa lapar Anda. Ada berbagai jenis menu makanan seperti masakan rumahan, seafood dan lain-lain.

Anda juga dapat menemukan banyak kafe yang sering dipenuhi oleh pria dan wanita muda yang bertemu untuk mengobrol atau hanya melihat pemandangan pantai Teluk Awur dari kejauhan. Menu yang disajikan juga sangat enak dan murah.

Penginapan murah dekat pantai Teluk Awur

Penginapan murah dekat pantai Teluk AwurKredit gambar: Google Maps Muthmainnah Theone

Ada beberapa hostel yang bisa Anda pilih untuk bermalam bersama teman atau keluarga selama liburan di pantai ini. Berikut adalah beberapa informasi tentang informasi ini.

1. Hotel Pantai Jepara

Hostel ini terletak di tepi Laut Jepara. Harga per malam untuk menginap di hotel ini mulai dari Rp 365.000,00.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas seperti wifi, parkir yang luas, restoran dan lain-lain. Desain kamarnya juga sangat nyaman untuk tempat menginap keluarga.

2. Marina Jepara

Hostel ini terletak di kawasan Teluk Awur, Jepara. Harga per malam di lokasi ini mulai Rp 495.000,00.

Jika Anda menginap di tempat ini, Anda akan menikmati beberapa fasilitas seperti AC, restoran, layanan kamar dan lain-lain. Hostel ini juga sangat direkomendasikan oleh wisatawan yang pernah berlibur di pantai Teluk Awur.

3. Villa menghadap teluk

Anda bisa menemukan villa ini di kawasan Teluk Awur, Jepara. Harga per malam di lokasi ini mulai Rp 550.000,00.

Ada beberapa fasilitas seperti wifi, area bebas rokok, kolam renang, restoran dan lain-lain. Suasana hostel ini sangat nyaman dan Anda akan merasa seperti di rumah sendiri.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Teluk Awur Jepara

Fasilitas Pantai Teluk Awur JeparaKredit gambar: Google Maps Nday Pyong

Fasilitas yang disediakan pengelola tempat wisata ini cukup lengkap dan berkualitas. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, persewaan pelampung dan ban, tempat pemancingan, warung makan, WC umum dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, Anda akan merasa sangat puas saat berlibur di tempat wisata ini.

Anda juga perlu menyiapkan dana untuk menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan. Selain itu, ada wahana berbayar seperti flying fishing boat, jet sky, banana boat. Anda juga harus mematuhi peraturan yang berlaku. Jaga semua fasilitas ini. Jika ada barang atau fasilitas yang Anda gunakan rusak, denda akan dikenakan.

Beberapa informasi di atas dapat membantu Anda mengetahui tentang Pantai Teluk Awur Jepara. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk datang berlibur ke pantai ini. Ingatlah untuk membawa perlengkapan dan peralatan yang cukup. Siapkan juga dana lebih jika ada kejadian tak terduga selama perjalanan dan liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button