Kemenparekraf dukung desa wisata Tigahirit di Sumut - WisataHits
Jawa Tengah

Kemenparekraf dukung desa wisata Tigahirit di Sumut

Medan (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung Desa Wisata Warna Tigarihit, Simalungun, Sumatera Utara masuk dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik.

“Dukungan dan pembinaan akan diberikan oleh mitra strategis Kemenparekraf/Baparekraf yaitu BCA dan lainnya,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Simalungun, Kamis setelah mengunjungi desa yang masuk dalam Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI).

BCA memberikan dukungan selama satu tahun.

Desa liburan telah memenuhi standar penilaian tim juri ADWI 2022 yang terdiri dari tujuh kategori mulai dari daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni budaya), suvenir (kuliner, fashion dan kerajinan) hingga homestay.

Kemudian toilet umum, digital dan kreatif, kebersihan, kesehatan, keselamatan dan lingkungan, keberlanjutan (CHSE) dan kelembagaan desa.

Menurut Menpar, ada empat hal yang menjadi perhatian Menparekraf dalam rangka peningkatan kualitas Desa Wisata Desa Warna Tigarihit.

Pertama, kesiapan infrastruktur yang belum optimal.

Karena itu, kata dia, Kemenparekraf bersama mitra strategis BCA akan memberikan bantuan pengecatan bekerjasama dengan pihak terkait.

Kedua, pengelolaan air tidak ditopang oleh pengaturan drainase yang baik.

Ketiga fasilitas WiFi tersebut belum maksimal, sehingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama BCA dan Telkomsel akan meningkatkan kualitas fasilitas tersebut.

Keempat, mengenai homestay yang juga perlu ditingkatkan.

“Masyarakat membutuhkan dukungan pemerintah dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Sandi yang didampingi Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi.

Desa Wisata Tigarihit adalah sebuah desa di bibir Danau Toba dan terletak di bawah lereng.

Keunikan kampung ini terletak pada rumah warga yang tertata vertikal dan dicat cerah, yang mengambil ide Kampung Warna Warni Semarang dan permukiman bertingkat ala Brazil.

Untuk menuju Tigarihit, wisatawan harus menempuh jarak 78 km atau kurang lebih 1 jam 57 menit dari Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf dukung desa wisata Tigahirit di Sumut

Source: sumut.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button