Tingkatkan ekonomi masyarakat, bagikan 3.000 benih ikan - WisataHits
Jawa Tengah

Tingkatkan ekonomi masyarakat, bagikan 3.000 benih ikan

RADARSMARANG.ID, semarang – Sebanyak 3.000 benih ikan nila disimpan di kolam ikan di Desa Bugangan, Semarang Timur, Selasa (18/10).

Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat perekonomian masyarakat dan mendukung ketahanan pangan.

Kusnandir, Camat Semarang Timur, mengatakan lokasi tersebut merupakan lingkungan pertanian campuran. Digunakan oleh masyarakat terutama untuk pemberdayaan masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki.

“Kami ingin menjadikan tempat ini tidak hanya diisi dengan tanaman sayuran tetapi juga dengan perikanan,” ujarnya usai menyimpan benih ikan.

Ia berharap nantinya orang-orang yang terlatih dapat menggunakannya di mana pun mereka tinggal. Selain itu juga sebagai tempat wisata. Warga khususnya ibu-ibu PKK dapat mempraktekkan karang taruna dan menjadi berdaya secara ekonomi.

“Dulu tanah di sini penuh dengan rumput, kemudian dibabat menjadi tempat pertanian campuran,” katanya.

Bekti Munjazanah, sub-koordinator pembenihan akuakultur, mengatakan pembagian benih dimaksudkan untuk memperkuat komunitas peminat budidaya ikan. Kali ini 3.000 benih ikan nila dibagikan. “Itu program rutin. Saat ini stok benih ikan nila 3000 ekor,” akunya.

Bekti menambahkan, jika pemkot berminat memasok ikan ke dinas perikanan melalui pemangku kepentingan daerah masing-masing, bisa mengajukan.

Nantinya, Dinas Perikanan Kota Semarang melakukan seleksi dengan melakukan survei langsung terhadap media yang digunakan pemohon. Dinas Perikanan Kota Semarang membantu pengadaan stimulan.

“Jadi biasanya tidak bisa memberi terlalu banyak, karena ke depan masyarakat akan berusaha mandiri dan jika budidayanya berhasil akan didukung dengan pelatihan,” tambahnya. (fgr/ft)

Pengakuan:

Sosok Ronggo Wassalim

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button