5 area pilihan terbaik untuk wisata olahraga sepeda gunung - WisataHits
Jawa Tengah

5 area pilihan terbaik untuk wisata olahraga sepeda gunung

LANGIT7.ID, Jakarta – Kegiatan olahraga sambil menjelajahi destinasi wisata saat ini sedang digemari. Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) bahkan terus mempromosikan wisata olahraga ini untuk merevitalisasi sektor pariwisata dan industri kreatif di Indonesia.

Satu dari wisata olahraga yang saat ini banyak dinikmati, yaitu sepeda gunung. Kegiatan ini terkenal menantang tapi menyenangkan.

Padahal, ada banyak spot sepeda gunung di Indonesia yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 pilihan area terbaik: sepeda gunungdi antara yang lain:

Baca juga: Laga Pembukaan Piala Dunia di Qatar Dimulai Sehari Lebih Awal

1. Cisaruni (Garut)

Jalur kawasan Cisaruni merupakan salah satu jalur sepeda gunung terbaik di Indonesia karena menawarkan keindahan pemandangan alam yang unik berupa perkebunan teh yang begitu menyegarkan.

Jalur sepeda gunung ini terletak di Garut, Jawa Barat yang dikenal menantang dan memacu adrenalin, jadi pastikan Sahabat Langit7 memiliki energi yang banyak saat mencoba jalur ini.

Rute sepeda gunung ini juga panjangnya lebih dari 30 kilometer, apalagi rute ini memiliki medan yang unik, yaitu berbagai variasi tanjakan dan turunan yang menantang.

2. Cihuni (Tangerang)

Jalur Cihuni merupakan jalur sepeda di Tangerang dan menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, trek ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, salah satunya adalah trek Taman Bukit Cihubi 1.

Trek ini terletak di atas sebuah bukit di desa Cijantra atau lebih dikenal dengan Gunung Batu. Meski jalurnya tidak terlalu panjang, bersepeda di Cihuni cukup menguras tenaga karena jalurnya berliku dan penuh tanjakan.

Namun kawasan ini memiliki udara yang cukup segar dengan pemandangan alam yang indah, sehingga dapat menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa lelah.

Baca Juga: Benteng Wolio, Tempat Istimewa Desa Wisata Limbo Wolio

3. Cikole (Bandung)

Jalur sepeda gunung di kawasan Cikole ini sering menjadi tujuan para pecinta sepeda gunung karena memiliki rute yang menantang.

Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk aktivitas sepeda gunung karena memiliki dua jalur sepeda yang populer. Jalur ini terletak tepat di kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Kedua rute tersebut merupakan rute Downhill Mountain (DM) yang dilengkapi dengan berbagai rintangan. Kedua, jalur All Mountain (AM) yang didominasi oleh tanah dan bebatuan kecil sepanjang 16,5 kilometer.

Rute membentang di sekitar kawasan pegunungan Tangkuban Perahu dan melewati kawasan hutan pinus Cikole. Trek di area ibi digunakan pada event PON 2015 dan menjadi trek CAF 1st Series 2021 Terrace pada tanggal 2 dan 3 Oktober.

4. Wonogondang (Yogyakarta)

Yogyakarta juga memiliki pilihan spot sepeda gunung terbaik di Indonesia, tepat di lereng Gunung Merapi Wonogondang dengan keunikannya yang dibentuk oleh proses alam.

Baca Juga: Bali Resmi Tuan Rumah Klimaks Hari Pariwisata Sedunia ke-42

Trek ini dikenal menantang dan memiliki pemandangan yang indah. Lintasan Wonogondang sering dijadikan sebagai ajang kejuaraan nasional dan internasional. Salah satunya adalah tempat penyelenggaraan Kejuaraan Seri II ASEAN MTB Cup 2015.

5. Sidomukti (Semarang)

Tempat lain bermain sepeda gunung di Indonesia yang tak kalah menantang adalah Sidomukti, Semarang, Jawa Tengah. Meski hanya memiliki panjang lintasan sekitar 1,5 kilometer, lintasan sepeda gunung Sidomukti termasuk lintasan dengan rintangan yang sangat menantang.

Beberapa treknya menantang dan bisa memacu adrenalin dalam bentuk jembatan, lompat cepat, taman batu, lompat ganda dan banyak lagi. Lintasan Sidomukti begitu menantang sehingga menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Downhill Indonesia 76 2016.

(Lembut)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button