2023 Kembali normal seperti tidak ada pandemi - WisataHits
Jawa Timur

2023 Kembali normal seperti tidak ada pandemi

2023 Kembali normal seperti tidak ada pandemi

Reporter:
Salman Muhiddin|

Editor:
Salman Muhiddin|

Selasa 03/01/2023, 10:44 WIB

2023 Kembali normal seperti tidak ada pandemi

Perayaan malam pergantian tahun di Surabaya 1 Jan 2023 dini hari menjelang Grhadi.-Boy Slamet/Disway Daily-

SEPERTI tidak ada pandemi. Perayaan tahun baru di Surabaya pada 31 Desember 2022 begitu meriah. Jalan-jalan kota penuh sesak dengan orang-orang yang menunggu kembang api. Keesokan paginya, berbagai destinasi wisata dibanjiri pengunjung.

Cuaca memang sangat mendukung untuk liburan tahun baru 1 Januari 2022 di Surabaya. Mendung tapi tidak hujan. Destinasi wisata Surabaya sempat sepi menjelang Natal hingga akhir tahun 2022 akibat kondisi cuaca ekstrem.

Hujan dan angin kencang turun hampir setiap hari menjelang Tahun Baru. Semua sesuai dengan ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Sidoarjo. Cuaca akan lebih bersahabat di awal tahun 2023.

Saat cuaca sangat mendukung, keramaian terlihat di Perusahaan Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS-KBS). Antrean di loket utama sudah mengular sejak pukul 08.00.

Lahan parkir di Terminal Intermoda (TIJ) Joyoboyo penuh. Belum pernah ada pemandangan seperti ini selama dua setengah tahun pandemi.

Petugas dari Dinas Perhubungan Surabaya dan Polrestabes harus mengatur lalu lintas karena banyak pengunjung dan kendaraan yang tertahan di patung Surabaya. Turis berduyun-duyun mengambil foto ikon Surabaya tersebut. Maklum, kebanyakan pengunjung datang dari luar.

Katanya belum ke Surabaya kalau belum foto patung Suro dan Boyo.

KBS masih menjadi tujuan wisata yang populer. Harga tiketnya masih Rp 15.000 per orang. Jika pengunjung datang berkelompok, ada diskon. Setidaknya 30 orang. Harga tiketnya Rp 13.000.

Mumpung masih murah. Pasalnya KBS berencana menaikkan tarif dalam waktu dekat. Masih menunggu lampu hijau dari Walikota Eri Cahyadi.

Kepadatan juga terlihat di dalam KBS. Berbagai turis dari dalam dan luar negeri berkicau di sana. “Hari ini pengunjung mencapai 25.000 orang,” kata Alvin Sofiandi dari Humas KBS.

Jumlahnya seperti kunjungan pra-pandemi. Dinamika ini tampaknya menjadi titik balik bagi KBS. Karena ditutup total akibat PSBB dan PPKM.

Dalam hal ini, banyak perusahaan swasta yang telah menyumbang biaya pakan ternak. Karyawan KBS juga di-PHK karena penghasilan nol.

KBS telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyambut wisatawan selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Berlaku mulai 10 Desember 2022 hingga Nataru Holiday Peak: 1 Januari 2023.

Salah satu promosinya adalah Kids Zoo gratis. KBS juga membuka Boat Tours, Animal Edutainment, Animal Stories dan Aquanoctudio.

Waktu makan juga terbuka untuk komodo, jerapah dan rusa. Wahana gajah dan unta yang sempat dihentikan selama pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga dibuka kembali.

Wisata alam di pantai timur Surabaya (Pamurbaya) juga dibanjiri pengunjung. Mulai dari Mangrove Wonorejo, Pantai Kenjeran, hingga Taman Kenjeran.

“Awal tahun ini meningkat drastis dibanding 31 Desember lalu,” kata Rusdi Ismed, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan (UPTD) Manajemen Obyek Wisata THP Kenjeran.

Dan kau? Ke mana Anda pergi berlibur pada Tahun Baru lalu?

Sumber:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button