5 Air Terjun di Jawa Tengah yang Jarang Diketahui Ini Tak Kalah Seru - WisataHits
Jawa Tengah

5 Air Terjun di Jawa Tengah yang Jarang Diketahui Ini Tak Kalah Seru

solo

Setiap mendengar ungkapan Air Terjun Jawa Tengah, sebagian orang akan langsung teringat Grojogan Sewu yang terletak di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawamangu, Kabupaten Karanganyar. Padahal, masih banyak air terjun di Jawa Tengah yang tak kalah menarik, meski tak setenar Grojogan di Tawangmangu.

Diringkas dari pelaporan tim Detik Jawa TengahBerikut 7 air terjun di Jawa Tengah yang harus Anda rekomendasikan untuk mengisi liburan akhir pekan Anda.

1. Air Terjun Tirtoening, Semarang

Curug Tirtowening merupakan air terjun pertama di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di kawasan Desa Cemanggal, Kabupaten Semarang.

Menariknya, air terjun di Jawa Tengah ini masih asri, bebas sampah dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, di sini Anda bisa menyelam ke dalam air terjun yang jernih sedalam sekitar 1,5 meter.

Jika Anda melewati jalan tol dan keluar di pintu tol Ungaran atau Bawen, Anda hanya perlu terus ke selatan sejauh kurang lebih 20 kilometer.

2. Curug Cipendok, Banyumas

Air terjun pertama di Jawa Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 92 meter, lebih tinggi dari Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar yang hanya setinggi 81 meter. Curug Cipendok terletak di lereng Gunung Slamet, sekitar 20 kilometer dari kota Purwokerto, tepatnya di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok, Banyumas.

Menariknya, Air Terjun Cipendok ini memiliki kolam berbentuk mangkuk yang terbentuk secara alami oleh dinding pegunungan di sekitarnya. Dari kejauhan, air terjun di Jawa Tengah ini tampak seperti air yang dituangkan dari teko ke dalam mangkuk.

Untuk sampai ke air terjun di Jawa Tengah ini, Anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak sepanjang 500 meter yang sudah tertata rapi. Di sekitar air terjun ini terdapat gazebo untuk bersantai atau pemanasan setelah bermain air.

3. Air Terjun Montel, Kudus

Air terjun jawa tengah ketiga adalah air terjun montel di pegunungan muria kudus tepatnya di daerah colo kecamatan dawe. Dari pusat kota Kudus, jaraknya sekitar 20 kilometer atau sekitar 36 menit dengan sepeda motor.

Air terjun Jawa Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari tempat parkir. Biaya masuknya cukup murah, yakni Rp 5.000 di akhir tahun 2021.

4. Air Terjun Paralel, Pemalang

Air terjun keempat di Jawa Tengah adalah Curug Sejajar di Desa Badak, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Seperti namanya, ada dua air terjun di lokasi yang sejajar atau berdampingan.

Air terjun Jawa Tengah ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari Jalan Belik-Purbalingga ke Jalan Belik-Watukumpul atau 1,5 jam dari pusat kota Pemalang.

Anda hanya perlu berjalan kaki melewati persawahan sekitar 15 menit dari tempat parkir. Di tengah perjalanan Anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun.

Curug Sejajar tidak hanya memiliki dua air terjun yang berdekatan tetapi juga memiliki keunikan berupa aliran air yang berlapis-lapis.

5. Indahnya Air Terjun Mbekat, Grobogan

Air terjun kelima di Jawa Tengah ini terletak di Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan. Alam masih asri.

Untuk menuju air terjun ini, pengunjung harus menuruni lereng curam yang dilengkapi dengan tangga beton bergagang bambu.

Tonton video “Nikmati keindahan air terjun mini yang sering diburu oleh orang asing di Bali”.
[Gambas:Video 20detik]
(dil/teguk)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button