4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jawa Barat

Bandung, IDN kali – Pencinta wisata air pasti sudah mencoba river tubing. Beberapa tempat di Jawa Barat (Jabar) kini sudah mulai menghadirkan objek wisata yang aktivitasnya seperti arung jeram.

Secara konseptual, river tubing sendiri merupakan olahraga air yang hampir identik dengan arung jeram. Bedanya, arung jeram dilakukan secara berkelompok di atas perahu karet di sungai yang berarus deras.

Sedangkan river tubing dilakukan dengan masing-masing tabung mengikuti aliran sungai yang lebih tenang dan santai. Oleh karena itu, river tubing dinilai lebih aman, namun sensasinya tidak kalah asyiknya dengan arung jeram.

Berikut 4 rekomendasi river tubing ramah kantong di Jawa Barat:

1. Sungai Cikuluwung Bogor

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jawa Barat yang Ramah KantongCurug Cikuluwung (instagram.com/hadjukemal)

Sungai Cikuluwung Bogor terletak di Kopi Tubing, lokasi tepatnya di Jalan Gunung Menir, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Atraksi ini cukup unik karena memiliki paket river tubing untuk anak-anak.

Harga yang ditawarkan untuk anak-anak cukup murah yaitu Rp 55.000 per orang. Untuk dewasa, biaya Adventure Ride River Tubing sekitar Rp 127.000 per orang dengan minimal enam peserta.

Jalur river tubing yang menyuguhkan keindahan alam Bogor ini akan panjangnya sekitar 800 meter hingga satu kilometer. Bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman seru di objek wisata ini, ada baiknya melakukan reservasi setidaknya tiga hari sebelum aktivitas. Hal ini dilakukan untuk menjaga jalur river tubing tetap aman.

Keunikan lain dari tempat ini adalah para wisatawan langsung ‘memuat‘ dengan memesan kopi dan aneka kuliner yang disajikan oleh pengelola Kopi Tubing.

2. Purwakarta di Sungai Ciherang

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jawa Barat yang Ramah KantongCurug Ciherang (instagram.com/ridwan_taufik)

Berikutnya adalah Sungai Ciherang, tepatnya di desa Tanjaknangsi, Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Tempat wisata ini juga bisa tergolong sangat dekat dengan tempat wisata lainnya di Lembang.

River tubing di Sungai Ciherang bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan panjang 4,5 kilometer. Pemandu juga akan memberikan petunjuk bagi wisatawan yang ingin mencoba river tubing ini.

Untuk merasakan sensasi dataran tinggi Purwakarta di Sungai Ciherang, wisatawan bisa merogoh kocek sekitar 120.000 rupiah. Ada juga penginapan dan tempat makan Sate Maranggi, masakan khas Purwakarta.

3. Sungai Santirah Pangandaran

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jawa Barat yang Ramah KantongInstagram/santirah_seru

Pangandaran tidak pernah bosan dengan wisata alamnya, salah satunya Sungai Santirah yang akan memukau Anda dengan pemandangan relief karst dan sungai hijau yang menambah rasa kesegaran.

Akses menuju Santirah hanya berjarak 13 kilometer dari pusat kota Pangandaran dengan perkiraan waktu tempuh 35 menit berkendara. Lokasi tepatnya berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Tempat wisata di Sungai Santirah ini dapat dilalui kendaraan pribadi dan kendaraan umum dari Pangandaran menuju Parigi dengan membayar sekitar Rp 20.000.

Harga untuk river tubing sendiri berkisar antara Rp100.000 hingga Rp135.000 per orang untuk rombongan minimal 10 orang. Harga sudah termasuk guide, tiket tour, parkir, perlengkapan river tubing, asuransi, makanan dari Nasi Liwet, dan dokumentasi.

4. Wisata Sindangkasih Garut

4 Rekomendasi Wisata River Tubing di Jawa Barat yang Ramah Kantongpesona desa wisata Sindangkasih-Garut (instagram.com/kang_ndang_mc)

Yang terakhir adalah Wisata Sindangkasih Garut. Wahana river tubing di lokasi ini juga terbagi menjadi dua kategori.

Untuk orang dewasa, mereka dibawa menyusuri sungai sepanjang 750 meter, sedangkan anak-anak dibawa melalui lintasan sepanjang 500 meter. Harga river tubing adalah Rp 35.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

Desa Wisata Sindangkasih terletak di Jalan Garut-Tasik Kilometer (km) 16, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Waktu operasi setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore WIB.

Baca Juga: Jabar Punya Skema Kampung Wisata, RK: Outdoor Tourism Bisa Jadi Prima Donna

Baca Juga: Intip 4 Wisata Prasejarah di Jawa Barat Sebagai Alternatif Liburan Keluarga

Source: jabar.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button