35 Mustahik Terima Bedah Rumah dari Baznas Lamongan – Detakpos.Com - WisataHits
Jawa Timur

35 Mustahik Terima Bedah Rumah dari Baznas Lamongan – Detakpos.Com

35 Mustahik Terima Bedah Rumah dari Baznas Lamongan – Detakpos.Com

Lamongan-detakposcpm-Sebanyak 35 mustahik atau orang berhak zakat di Kabupaten Lamongan menerima bantuan untuk merenovasi rumahnya dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lamongan.

Diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Wisata Bulaga (Bukit, Danau dan Gua) Desa Puncakwangi Kecamatan Babat, Rabu (12/1), Pak Yes berharap bantuan renovasi rumah ini dapat meningkatkan kesejahteraan Mustahik di Lamongan.

“Ini salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan bantuan renovasi rumah melengkapi berbagai dukungan yang ada. Terima kasih Baznas Lamongan, terima kasih Baznas untuk Provinsi Jawa Timur,” ujar Mr Yes usai membagikan sembako sekaligus meresmikan Paviliun Bulaga.

Menurut Mr Yes, penyaluran dana zakat oleh Baznas merupakan bentuk kepedulian untuk mengentaskan kemiskinan dan menjaga stabilitas hubungan antara Muzaki dan Mustahik yang berada di wilayah Lamongan.

Dijelaskan Kepala Baznas Lamongan, Bambang Eko Mulyono, program Baznas Lamongan Peduli merupakan program kerjasama antara Baznas Kabupaten Lamongan dengan Baznas Provinsi Jawa Timur yang disalurkan kepada 25 Mustahik antara tahun 2021 hingga 2022 sedangkan sisanya disalurkan kepada 25 Mustahik. mendapat tahun.

“Salah satu kegiatan kami adalah bedah rumah, ini merupakan program kerjasama antara Baznas Kabupaten Lamongan dengan Baznas Jatim, dan untuk tahun 2022 ini kami salurkan 25 unit bedah rumah dan awal tahun 2023 kami salurkan hanya 10 unit. Ini anggaran untuk tahun 2022,” jelas Bambang.

Bambang menjelaskan, bantuan renovasi rumah Baznas memiliki keunggulan karena tidak membutuhkan proses yang rumit. Bantuan ini cukup diberikan atas usulan tokoh agama dan perangkat desa setempat, dengan masing-masing penerima mendapat bantuan Rp 20 juta tanpa potongan sepeser pun.

“Masing-masing Mustahik akan mendapatkan dana sebesar Rp 20 juta, ini akan diserahkan secara tunai kepada panitia atau pemerintah desa bahkan kepada yang terkena dampak langsung. Yang penting selesai dan pembangunan rumah segera selesai,” imbuhnya.

Selain program bedah rumah, Baznas Lamongan juga memiliki program Satu Desa Tiga Musthik yang akan selesai pada Desember 2022. Namun ke depan, lanjut Bambang, program tersebut akan diubah menjadi satu desa dan lima mustahik.

“Dengan adanya tambahan ini, diharapkan dapat lebih mensejahterakan masyarakat dan menyalurkan dana zakat kepada yang berhak menerimanya,” jelasnya.

Dalam kunjungannya untuk meresmikan Program Jamula Super Prioritas, Program Lamongan Sehat, Dana Desa untuk Irigasi, Pak Yes menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah Pak Sai’in (60) yang merupakan salah satu dari 75 warga Desa Kedungwaras, Kecamatan Modo yang mendapatkan bantuan rumah Tanpa Laik Huni menjadi Layak Huni dari program Bantuan Stimulan Program Swadaya (BSPS).

BSPS merupakan program yang dibentuk oleh Departemen PUPR melalui Ditjen Perumahan yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di masyarakat melalui pembangunan rumah layak huni (HMS).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button