30 Wisata Gunungkidul Populer, Bisa Snorkeling Semua Untuk Selfie - WisataHits
Yogyakarta

30 Wisata Gunungkidul Populer, Bisa Snorkeling Semua Untuk Selfie

Simak daftar 30 tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta yang bisa dikunjungi. Wisatawan bisa menikmati panorama alam dan berfoto dengan background instagramable. halaman semua

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Dari pantai hingga restoran dan tempat selfie, semuanya handayani di bumi.

Tidak hanya potensi, beberapa tempat ini berdekatan sehingga Anda bisa membuat rute atau daftar kunjungan ke beberapa lokasi dalam satu hari.

Baca Juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Jarak dari kota Yogyakarta ke Gunungkidul sekitar 49 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 41 menit dengan mobil.

Berikut 30 tempat wisata yang direkomendasikan di Gunungkidul: Kompas.com meringkaskan:

1. Gunung api tua Nglanggeran

Pemandangan gunung api tua di desa wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).Shutterstock/Berta Alviyanto Pemandangan gunung api tua di desa wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).

Gunung api purba ini terletak di kawasan Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dibutuhkan sekitar 50 menit hingga satu jam untuk sampai ke puncak dari kaki gunung.

Pengunjung dapat melihat matahari terbit (matahari terbit) dan matahari terbenam (matahari terbenam) karena tingginya gunung, yaitu sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Mereka juga bisa berkemah tempat perkemahan sekitar 50 meter dari puncak.

Baca Juga: Itinerary Full Day Tour di Nglanggeran Yogyakarta, Bisa Membajak Sawah

2. Embung Nglangeran

Daerah vulkanik purba terlihat dari Embung Nglanggeran, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WAKAN PRASETYA Kawasan Vulkanik Purba Dilihat dari Embung Nglanggeran, Gunungkidul.

Embung Nglanggeran merupakan tampungan air seluas 0,34 hektar yang digunakan untuk mengairi kebun durian dan lengkeng warga.

Embung Nglanggeran merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di kawasan Desa Nglanggeran. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 1,5 kilometer (km) dari gunung api purba.

Baca Juga: Desa Wisata Nglanggeran di Yogyakarta Difoto Untuk Perangko

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.

Air Terjun Kedung Kandang terletak di antara persawahan penduduk dengan batuan vulkanik sebagai dasarnya di selatan Gunung Nglanggeran Purba.

Untuk menikmati keindahan air terjun, pengunjung harus Kenaikan dari tempat parkir, di seberang jalan. Setelah berjalan kaki selama 15-30 menit, pemandangan menjadi pemandangan indah berupa air terjun bertingkat yang menyambut pengunjung.

Baca Juga: 6 Tips Berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran

4. Rumah Cokelat Nglangeran

Ilustrasi produk bubuk kakao di Griya Cokelat NglanggeranDermaga. Sugeng Handoko Ilustrasi produk kakao bubuk di Griya Cokelat Nglanggeran

Masih di kawasan Desa Nglanggeran, pengunjung bisa menyaksikan proses pembuatan cokelat dan berbelanja di Griya Cokelat untuk usaha komersial yang produktif.

Selain itu, mereka bisa menikmati aneka olahan cokelat di Griya Cokelat. Salah satu menu yang dihadirkan adalah all chocolate drink dengan rasa yang berbeda-beda.

Baca Juga: Desa Nglanggeran, Wisata Lengkap dari Gunung Api Purba ke Air Terjun

5. Desa Wisata Bobung

Desa wisata Bobung, tempat para pengrajin topeng batik kayu DOK.  Shutterstock/Julius BramantoShutterstock/Julius Bramanto Desa wisata Bobung, tempat pengrajin topeng tie dye kayu DOK. Shutterstock/Julius Bramanto

Lokasi Desa Wisata Bobung bersebelahan dengan Desa Wisata Nglanggeran, tepat di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Bobung merupakan kawasan pengrajin topeng batik kayu sekaligus desa wisata tertua di Gunung Kidul. Pengunjung dapat melihat secara langsung proses produksi topeng kayu, patung, dan kerajinan tangan lainnya.

Baca Juga: 3 Wisata Ke Gunung Api Purba Gunungkidul Kecuali Nglanggeran Dan Wediombo

6. Goa Pindul

Wisata Gua Pindul di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wisata Gua Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Gua Pindul terletak di Dusun Judul 2, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Tempat ini terkenal dengan aktivitasnya tabung gua (mengelilingi gua), dan wisatawan dapat menaiki cincin terapung dan kemudian mengikuti aliran sungai bawah tanah di dalam gua.

Perjalanan melalui sungai bawah tanah di Gua Pindul memakan waktu 45 menit hingga satu jam. Panjang rute sekitar 350 meter dan melewati tiga zona, yaitu zona terang, gelap, dan gelap.

Baca Juga: Jelajah Gua Pindul di Gunungkidul, Lihat Stalagmit dan Stalaktit yang Indah

7. Wisata Sungai Oyo

River tubing di Sungai Oyo, objek wisata di dekat Gua Pindul di GunungkidulDermaga. Wirawisata Goa Pindul River berkelok-kelok di Sungai Oyo, objek wisata di dekat railing Goa Pindul di Gunungkidul

Berjarak sekitar satu kilometer dari Goa Pindul, Wisata Sungai Oyo hampir mirip dengan Goa Pindul namun lebih menyatu dengan alam dan wisatawan bisa lebih berjiwa petualang.

Wisatawan bisa menikmati keindahan Sungai Oyo dengan menggunakan tabung, seperti halnya di Gua Pindul. Di sepanjang sungai terdapat tebing-tebing indah dan alami khas batuan karst Gunungkidul, dan di ujungnya adalah Air Terjun Pengantin.

Baca Juga: Itinerary One Day Tour di Gua Pindul, Gunungkidul, Bisa Goa Overlay

8. Gua Gelatik

Suasana mulut Gua Gelatik Lorong Sewu yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata khas di Gunungkidul, DI Yogyakarta.TRIBUN JOGJA/KURNIATUL HIDAYAH Mulut Gelatik Goa Lorong Sewu memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata khusus di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Gua Gelatik Lorong Sewu merupakan objek wisata minat khusus yang ditemukan sejak tahun 2014. Jaraknya hanya 1,4 kilometer dari Gua Pindul atau sekitar empat menit dengan mobil.

Walaupun goa ini kering, tingkat kesulitan goa terbagi menjadi medium dan sangat sulit karena goa ini memiliki jalur horizontal dan vertikal hingga tujuh lapis, sehingga diperlukan bantuan seorang guide saat melakukan caving.

Baca Juga: Rute Tour 2 Hari 1 Malam di Kulon Progo, Naik Jeep dan Goa Tour

9. Goa Tanding

Tanding Cave Boating, atraksi tambahan di samping Penyeberangan Gua Pindul di Gunungkidul.Dermaga. Wirawisata Goa Pindul Goa Tanding Berperahu, atraksi lain di sebelah Jalur Goa Pindul di Gunungkidul.

Gua ini hanya berjarak 1,6 kilometer dari Gua Pindul, dengan empat menit berkendara.

Gua yang sangat minim penerangan ini juga memiliki stalaktit dan stalagmit yang mempesona. Wisatawan bisa menyusuri sungai bawah tanah dengan perahu karet berkapasitas maksimal delapan orang.

Baca Juga: Harga Paket Wisata Gua Pindul, Susun Tiga Gua Mulai Rp 150.000

10. Pantai Wediombo

Kawasan Pantai Wediombo, GunungkidulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pantai Wediombo, Gunungkidul

Namun, Pantai Wediombo adalah bekas kawah gunung berapi yang telah tenggelam di bawah permukaan laut. Bentuk teluknya konon menyerupai setengah lingkaran, dan pantainya menghadap ke barat.

Jika Anda ingin mengunjunginya, waktu terbaik adalah di sore hari karena Anda akan memiliki pemandangan alam yang mempesona matahari terbenam yang bisa dilihat dari pantai.

Baca Juga: 5 Tempat Menikmati Sunset di Gunungkidul, Ada Pantai Wediombo

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button