Kuntul Gunung Menandatangani Perjanjian Pembangunan Pariwisata, Ada Apa? - WisataHits
Yogyakarta

Kuntul Gunung Menandatangani Perjanjian Pembangunan Pariwisata, Ada Apa?

YOGYAKARTA – Sesuai dengan misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk membangun wilayah selatan DIY, ketiga kabupaten kembali berkomitmen untuk bekerja sama dan bergotong royong. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul (disingkat Kuntul Gunung). Komitmen ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan naskah perjanjian kerja sama pada November lalu.

Asisten Pemkab Bantul dan Kesra Didik Warsito mengatakan, kerja sama ketiga kabupaten yang menamakan diri Kuntul Gunung ini memiliki potensi besar untuk menjadikan kawasan selatan home improvement sebagai patio atau pintu masuk bagi wisatawan untuk melakukan home improvement. Meski memiliki tantangan tersendiri, pihaknya optimis kerja sama dengan Kuntul Gunung akan memudahkan pembangunan wilayah selatan.

“Gubernur DIY memiliki misi untuk membangun wilayah selatan. Dan kebetulan pantai selatan di DIY berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul. Semua itu memiliki potensi besar untuk menjadikan wilayah selatan sebagai inti dari DIY. Padahal, ada tantangan tersendiri. Namun semua itu akan lebih mudah dihadapi dengan kerjasama dan harmonisasi Gunung Kuntul,” kata Didik dalam paparannya di Gedung Mandhala Saba, Rabu (14/12).

Baca juga:

Gula format dari Kulon Progo, Yogya, distandarisasi oleh perusahaan sertifikasi dari Italia

Sejalan dengan itu, tambah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, pengembangan wilayah selatan juga dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) di setiap kabupaten. Tentu saja, dengan meningkatnya PAD, kesejahteraan masyarakat juga meningkat. Selain itu, angka kemiskinan di wilayah selatan DIY tergolong tinggi dan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberantasnya.

“Saya yakin bekerja sama dengan Gunung Kuntul secara tidak langsung juga akan meningkatkan PAD. Dari sektor pariwisata, pengembangan kawasan selatan dapat dibentuk dengan kerja sama yang baik,” ujarnya.

Banyak pihak berharap optimisme pembangunan kawasan selatan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di tahun-tahun mendatang. Selain itu, Gunung Kuntul sudah mulai menunjukkan potensinya di wilayah selatan. Beberapa potensi tersebut antara lain Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Pantai Parangtritis sebagai ikon pariwisata di Bantul, dan bangkitnya reputasi wisata pantai di Gunungkidul dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga:

Program visa baru memungkinkan turis kaya untuk tinggal di Bali selama 10 tahun


editor : Eko S

penulis : Eko S

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button