Adira dan Kemenparekraf RI Gelar Local Creative Festival 2022 di 5 Desa Wisata - WisataHits
Yogyakarta

Adira dan Kemenparekraf RI Gelar Local Creative Festival 2022 di 5 Desa Wisata

Wartawan Tribunnews, Chorul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) dan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menjadi tuan rumah Festival Kreatif Lokal (FKL) ke-3 yang diadakan di 5 desa wisata di Jawa dan Bali dari Agustus hingga November 2022.

Festival ini bertemakan Desa Wisata Ramah Berkendara. Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur pengembangan bersama destinasi pariwisata dan industri kreatif, yang akan berlangsung selama lima tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan menyambut baik kerjasama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI dengan Adira Finance melalui kegiatan festival kreatif lokal yang konsisten dan berkesinambungan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Vivo X80, Ponsel dengan Kamera Selfie 32 MP dan Kemampuan Optik Zeiss

“Dengan sinergi yang kuat antara kedua pihak, besar harapan ekosistem destinasi pariwisata dan industri kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan maju terus,” kata Sandiaga saat konferensi pers Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Undisan, Kabupaten Bangli, Bali, Jumat 12 Agustus 2022

Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila mengatakan Festival Kreatif Lokal merupakan sebuah konsep yang lahir dari keinginan besar untuk membantu perekonomian Indonesia dari sektor pariwisata dan industri kreatif khususnya segmen UMKM.

Festival ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Adira Finance ke-32 yang akan dilaksanakan pada 13 November mendatang, untuk mendukung pembangunan berkelanjutan desa wisata menjadi bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia Tourism Villages Award 2021 (ADWI) Desa wisata ramah mobil.

Baca Juga: Nobu Bank dan Ayoconnect Sepakat Berkolaborasi Kembangkan Solusi Open Banking

Desa Wisata ADWI 2021 adalah:
1. Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat
2. Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
3. Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta
4. Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur
5. Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali

Rangkaian kegiatan Local Creative Festival 2022 terdiri dari beberapa kegiatan antara lain:
1. Desa Wisata Kreatif, program pengembangan UKM lokal untuk membuat paket wisata desa wisata ramah kendaraan yang dapat dijual dan memiliki nilai eceran.

2. Eksplorasi desa wisata ramah pengemudi berupa kegiatan berkendara bagi puluhan komunitas otomotif untuk mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif desa wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi digital.

3. Festival Pasar Rakyat, kampanye yang dilakukan oleh sebuah gerakan sosial untuk mendapatkan simpati masyarakat dan menjadikan Pasar Rakyat di kawasan Desa Wisata sebagai ruang publik yang kreatif.

Festival ini juga didukung oleh pihak swasta seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah dan Bank Danamon.

Source: www.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button