3 tempat wisata prasejarah di bandung ada rock garden - WisataHits
Jawa Barat

3 tempat wisata prasejarah di bandung ada rock garden

KOMPAS.com – Berkunjung ke tempat wisata prasejarah di Bandung Jawa Barat bisa menjadi alternatif kegiatan mengisi liburan.

Wisatawan bisa mendapatkan gambaran tentang peradaban manusia di masa lalu dengan mengunjungi tempat wisata tersebut, menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar.

Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi untuk mengenal lebih jauh tentang zaman prasejarah dikutip dari DiantaraJumat (22.7.202).

3 Tempat Wisata Prasejarah di Bandung

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung dibuka kembali.  Pengunjung yang diperbolehkan masuk ruang terbatas hanya 20 orang dan hanya warga Bandung Raya.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Museum Geologi Bandung dibuka kembali. Pengunjung yang diperbolehkan masuk ruang terbatas hanya 20 orang dan hanya warga Bandung Raya.

Museum Geologi diresmikan pada Mei 1929 dan pembangunan gedung dimulai pada April 1927 cagarculture.kemdikbud.go.id.

Alamat Museum Geologi adalah Jalan Diponegoro nomor 57, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya sangat dekat dengan Gedung Sate, bahkan wisatawan bisa berjalan kaki tiga menit.

Museum ini mengoleksi berbagai fosil. Saat memasuki museum, pengunjung dapat melihat fosil gajah purba (Stegodon trigonocephalus). Kemudian mereka juga dapat melihat replika fosil tyrannosaurus rex osborn, Fosil hiu penjemur megalodon dan tengkorak manusia purba.

Biaya masuk Museum Geologi Bandung mulai dari Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Bandung Cocok Untuk Liburan Sekolah

Gua Pawon

Gua Pawon merupakan peninggalan prasejarah di Desa Rancamoyan, Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Dengan menggunakan angkutan umum dari pusat kota Bandung, wisatawan dapat naik bus jurusan Alun-alun Bandung – Ciburuy, kemudian naik angkutan kota (angkot) Padalarang – Rachamandala dan berjalan kaki selama 15 menit.

Gua Pawon memiliki anak tangga dengan lubang alami yang membiarkan cahaya masuk ke dalam gua. Gua ini juga menjadi salah satu bukti keberadaan Danau Bandung Purba.

Wisatawan dapat mengamati jejak-jejak manusia purba di tempat ini. Dilaporkan oleh Kompas.comPada Rabu (31/7/2013) pernah ditemukan tulang belulang manusia di gua ini yang berusia sekitar 9.500 tahun pada tahun 2013.

Biaya masuk Gua Pawon mulai dari Rp 10.000.

Baca juga:

Taman batu

Pemandangan alam di Batu Garden (taman batu) yang terletak di kawasan karst Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (15/5/2015).  Batu Park adalah bukti bahwa Dataran Tinggi Bandung adalah dasar laut yang datar puluhan juta tahun yang lalu.KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Pemandangan alam di taman batu karang yang terletak di kawasan karst Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (15/05/2015). Batu Park adalah bukti bahwa Dataran Tinggi Bandung adalah dasar laut yang datar puluhan juta tahun yang lalu.

Terletak tidak jauh dari Gua Pawon, Stone Garden menawarkan pemandangan alam dan sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Tempat wisata ini terletak di kawasan karst Citatah Kabupaten Bandung Barat.

Saat mengunjungi tempat ini, para wisatawan perlu mempersiapkan diri secara fisik karena harus mendaki sedikit. Pemandangan alam dari ketinggian yang sangat tinggi dan formasi bebatuan yang unik menebus rasa lelah.

Sebelumnya, Stone Garden merupakan bagian dari Samudera Australasia. Kemudian, setelah lautan mengering, formasi batuan sedimen berubah menjadi daratan.

Menurut website Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat, tiket masuk ke taman batu ini mulai dari Rp 12.000. Tempat wisata ini buka dari pukul 05.00 – 18.00 WIB.

Baca juga:

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button