3 hal kenapa kamu wajib ke Gunungkidul saat Liburan Nataru - WisataHits
Yogyakarta

3 hal kenapa kamu wajib ke Gunungkidul saat Liburan Nataru

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sedang mempersiapkan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Persiapan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan merek pembangunan daerah dengan Kampanye: Permata Tersembunyi Utama.

Persiapan ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan. Dan akhir tahun ini, sekitar 140.000 wisatawan akan berlibur ke Gunungkidul selama Nataru. Mau tahu bagaimana persiapannya? Simak ulasan di bawah ini jika nanti Anda tertarik untuk berlibur ke sana.

1. Perbaikan infrastruktur dan peningkatan pelayanan

3 Hal Kenapa Wajib Ke Gunungkidul Saat Liburan Nataru, Seru Banget!Pantai Timang di Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Perbaikan jalan dilakukan agar perjalanan ke tempat wisata tidak terhambat. Terutama di jalur utama Yogyajakarta – Wonosari. Pemasangan rambu petunjuk pada jalur utama dan alternatif juga telah dilakukan. Teknologi arus lalu lintas juga telah disiapkan dan akan diterapkan jika terjadi kemacetan lalu lintas.

Kepadatan diperkirakan akan terjadi di Ivory (Playen) Lane di sebelah kanan dan Baron terbelah menjadi dua. Menuju pantai, rute akan diterapkan dengan arah yang sama saat lalu lintas kendaraan meningkat. Sedangkan perbaikan penerangan jalan umum sudah dilakukan.

Untuk memastikan keamanan di pantai yang juga akan dipadati pengunjung itu, Pemkab Gunungkidul memasang rambu larangan berenang. Persiapan ini telah dikoordinasikan dengan pihak terkait. Baik itu kepolisian, Sarlinmas Special Rescue ataupun BPBD Gunungkidul untuk memastikan keamanan para wisatawan.

Selain itu, seluruh kawasan desa wisata diminta kepada kelompok sadar wisata untuk menata kawasannya masing-masing. Secara khusus, akomodasi dan pelayanan kesehatan untuk menjamin kenyamanan wisatawan.

2. Tiga program unggulan

3 Hal Kenapa Wajib Ke Gunungkidul Saat Liburan Nataru, Seru Banget!Air Terjun Ngelo di Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Di bawah kepemimpinan Bupati Sunaryanta, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul fokus pada tiga program unggulan. Pengembangan pariwisata, investasi dan perekonomian nasional.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Pada tahun 2022, Gunungkidul telah melakukan upaya pembangunan sektor pariwisata dan promosi pariwisata yang pelaksanaannya bersifat lintas sektoral. Penguatan Pariwisata Berbasis Masyarakat dengan meningkatkan kapasitas kelembagaan dan pengelolaan desa wisata.

Selain itu pengembangan transaksi cashless untuk layanan pembayaran retaliasi tempat rekreasi dan olah raga melalui aplikasi Visit Jogja. Penguatan kapasitas SDM pemangku kepentingan industri pariwisata baik yang tergabung dalam PHRI, PPJI, HPI maupun Desa Wisata dalam digitalisasi branding. Pemasaran, Penjualan, Sertifikasi Pemandu Wisata, Pemandu Gua/Gua, Pelatihan Barista.

Kemudian ada pemeliharaan acara dan wisata olahraga di destinasi wisata bekerjasama dengan pemerintah negara bagian DIY. Seperti Gunungkidul Weekend Fest, Geoheritage Cross Country, Keroncong Plesiran.

Alhasil, Gunungkidul dilantik menjadi sembilan kabupaten/kota kreatif Indonesia (KaTa Kreatif) pada 2022, setelah sebelumnya mendapatkan berbagai penghargaan lainnya.

3. Pusat Perbelanjaan Layanan Umum

3 Hal Kenapa Wajib Ke Gunungkidul Saat Liburan Nataru, Seru Banget!Pantai Watunene di Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Sebagai bagian dari program investasi, Sunaryanta baru-baru ini menghadiri Deklarasi Tematik Reformasi Birokrasi dan Peresmian 26 Mal Pelayanan Publik yang digelar di Istana Wakil Presiden Jakarta. “Diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas,” kata Bupati Sunaryanta dalam siaran pers.

Kehadiran Mal Pelayanan Publik ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperlancar kegiatan usaha. Kemudian realisasi investasi di Kabupaten Gunungkidul meningkat dari waktu ke waktu.

Program unggulan ketiga adalah Ekonomi Kerakyatan yang telah menunjukkan hasil positif. Pembangunan gedung showroom IKM di Krakal untuk meningkatkan dan mendukung promosi produk UMKM/IKM di tempat wisata.

Dengan dilaksanakannya tiga program unggulan Bupati Sunaryanta dan dikembangkan lebih lanjut, diharapkan akan memberikan dampak yang benar-benar positif bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gunungkidul untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Jadi tunggu apa lagi, banyak fasilitas saat ke sana, selamat berlibur!

Baca juga: Libur Nataru, Mengunjungi Pantai Selatan Bantul Lebih Murah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button